Oktober 21, 2009

Pemasaran Afiliasi (Affiliate marketing)

Bisnis Online Afiliasi: Salah satu elemen dari sekian banyak bagian di bisnis online internet adalah program pemasaran afiliasi (Affiliate marketing). berkut adalah sekilas penjelasannya. Afiliasi pemasaran adalah web berbasis praktik pemasaran di mana imbalan bisnis satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang ditimbulkan oleh upaya pemasaran afiliasi. Pemasaran Afiliasi  juga merupakan nama dari industri di mana sejumlah jenis perusahaan dan individu yang melakukan bentuk pemasaran internet ini, termasuk jaringan afiliasi, afiliasi perusahaan manajemen dan in-house afiliasi manajer, khusus vendor pihak ke-3, dan berbagai jenis afiliasi / penayang yang mempromosikan produk dan jasa dari pasangan mereka.

Pemasaran afiliasi tampak seperti tumpang tindih dengan metode pemasaran internet lainnya beberapa derajat, karena afiliasi sering menggunakan metode iklan biasa. Metode pemasaran pada mesin pencarian yang berbayar (PPC), email pemasaran dan dalam arti tertentu  yang menampilkan iklan (AdSense). Di sisi lain, afiliasi kurang ortodoks karena kadang-kadang menggunakan teknik-teknik seperti menerbitkan tinjauan produk (review) atau jasa yang ditawarkan oleh pasangan, menulis artikel dan lain sebagainya.

Pembayaran kepada afiliasi ditentukan secara berbeda, tergantung pada produk atau jasa yang dijual. Biasanya 80% dari pembayaran tersebut didasarkan pada pembagian pendapatan atau biaya per sale (CPS), 19% menggunakan biaya per tindakan (BPA) dan sisanya 1% adalah menggunakan metode lain, seperti biaya per klik (BPK).

Jenis Website Afiliasi:
Situs afiliasi sering dikategorikan sebagai pedagang (pengiklan/publisher) dan jaringan afiliasi. Tidak ada industri-standar yang diterima secara luas untuk kategorisasi. Daftar berikut ini sangat generik tetapi umumnya dimengerti dan digunakan oleh affiliate marketer.
  • Cari afiliasi yang memanfaatkan pay per click search engine untuk mempromosikan pengiklan  menawarkan (pencarian arbitrasi)
  • Comparison shopping sites and directories atau Perbandingan pada situs belanja dan direktori
  • Loyalitas situs, biasanya ditandai dengan menyediakan sistem penghargaan untuk pembelian melalui poin kembali, uang kembali atau sumbangan amal
  • Kupon dan rabat situs yang berfokus pada promosi penjualan termasuk situs-situs review produk
  • Personal website (situs jenis ini adalah alasan untuk kelahiran afiliasi pemasaran, namun sekarang hampir tidak relevan dikurangi untuk menyelesaikan dibandingkan dengan jenis lain dari situs afiliasi)
  • Jalur Pendaftaran atau Co-Pendaftaran afiliasi yang memasukkan penawaran dari perusahaan lain selama proses registrasi pada situs mereka sendiri.
  • Direktori Daftar Belanja yang berdasarkan kategori tanpa menyediakan kupon, perbandingan harga dan fitur lain berdasarkan informasi yang sering berubah dan memerlukan pembaruan  yang berkelanjutan.
  • Jaringan BPA tingkat atas afiliasi yang menawarkan dari pemasang iklan mengekspos mereka berafiliasi dengan jaringan mereka sendiri dari afiliasinya
Direktori program afiliasi adalah salah satu cara untuk mencari program afiliasi, metode lain adalah besar jaringan afiliasi yang menyediakan platform untuk lusinan atau bahkan ratusan pengiklan. Pilihan ketiga adalah untuk memeriksa situs target sendiri untuk referensi program afiliasi mereka.
 Situs-situs Web, yang menawarkan program afiliasi sering, memiliki link yang berjudul "program afiliasi", "afiliasinya", "arahan program" atau "webmaster" di suatu tempat pada website mereka, biasanya di footer atau pada "about" bagian dari situs. Bahkan jika semua metode tersebut tampaknya menunjukkan bahwa situs tidak memiliki program afiliasi, itu masih bisa terjadi bahwa ada seorang non-publik program afiliasi. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti, adalah untuk menghubungi pemilik situs secara langsung dan menanyakannya!
Semoga bermanfa'at amiin..

2 komentar:

  1. nice blog gan...bnyk masukan bt gw nih...;-)

    ini ada salah satu affiliate yg bgs..

    link diatas (nama)

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.