Oktober 25, 2009

Recovery File Penting

Cara Praktis Memanggil Kembali File yang Hilang


Masalah kehilangan file bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja tanpa memandang pinter komputer atau tidak. karena menurut saya faktor yg paling sering adalah faktor accident (kecelakaan), baik tidak sengaja terhapus, pindah folder, ataupun karena firus.
Banyak sekali software dan cara untuk mengatasinya.
disini saya akan mengulas bagaimana cara paling praktis untuk mengatasinya,khususnya file hilang, terhapus (terdelet, dan dile yg pindah folder tanpa sengaja (biasanya tejadi pada pengguna laptop yg menggunakan touch pad sebagai mousenya yang kadang kurang bisa membedakan mana klik, drag dan double klik)

Ada sebuah software gratis, namanya R-studio, barangkali singkatan Recovery Studio. Penggunaannya cukup mudah, cukup install softwarenya, lalu jalankan dan ikuti jendelanya.
bagi yang belum punya sofwarenya bisa di download di sini:GRATISS!!

http://www.ziddu.com/downloadlink/7068319/R-studio.zip

catatan : bila download bermasalah, batalkan lalu diulangi lagi.

Di halaman utama akan ditampilkan tool2 recovery di bagian atas kemudian di bagian bawahnya akan ditampilkan drive2 yang ada seperti di "Folder Exploler". tinggal pilih di drive mana file yang hilang, misal D:Data, E: data dll F: Removable Disk.
lalu klik di bagian atas ada tool "Scan" dan tunggu sampai komputer selesai memanggil semua file yang pernah ada di drive.
lama waktu loading sangat tergantung pada kekuatan CPU dan besar kapasitas drive yang di scan, banyaknya file yg ada dan juga besar kecilnya file yg di scan, semakin banyak terdapat file kecil maka akan semakin lama.
setelah selesai komputer dg sendirinya akan menampilkan file2 yg ditemukan di "root". biasanya yg berwarna hijau artinya file siap untuk direcoveri. kita tinggan memilih file di folder mana yg kita cari, setelah ketemu centang file tersebut, lalu klik "Recover marked", tujuannya adalah agar software merecoveri hanya file yg kita pilih,
bila kita memilih "recover", maka komputer akan merecover semua file yang tentunya akan makan waktu lama dan file hasilnya memenuhi drive..
Gampang tho...enak thoo.. mantep tho..??

Download softwarenya gratis di sini:
http://www.ziddu.com/downloadlink/7068319/R-studio.zip

oh ya ada satu hal lagi,
pada intallernya ada pilihan R- Studio FAT dan R-Studio NTFS. Tentu saja yanfg FAT untuk merecover fle pada drive yang Partisinya FAT, dan yang NTFS untuk drive NTFS.

sudah tahu semua kan ?
bagi yg belum tahu apakah Drivenya FAT atau NTFS cara mngetahuinya cukup dengan buka Windows Exploler,klik kanan pada drive yang di maksud contoh DATA(D):
lalu Klik Properties, akan muncul:
Type : Local Disk
File System : NTFS
nah itu brati NTFS bila FAT berarti FAT.
Terimakasih semoga bermanfaat

4 komentar:

  1. siiiiip lah, lumayan bt masukan wong amatir ky kita. Good Luck!!!!

    BalasHapus
  2. Wah merendah ni...
    thank bangetya kunjungan dan komentarnya..

    BalasHapus
  3. ki taun piro ea? aku tek lali ntuk file iki?
    ketoke sih akeh kang..

    BalasHapus
  4. Kuwi taun wawu Gun...sing penting jik manjur..wek wek wek..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.