Desember 01, 2009

Kata Kunci (Keyword)

Belajar SEO Bagian ke 3 tentang Keyword (Kata kunci)
Dalam artikel terdahulu tentang belajar bisnis online, saya telah memaparkan tentang dasar-dasar mesin pencari, jenis-jenis mesin pencari dan cara kerja mesin pencari. Maka pada posting kali ini kita akan belajar bersama tentang kata kunci atau keyword. Seberapa pentingkah keyword atau kata kunci ini dalam SEO? Sangat penting!. Mengapa? Karena piaraan Google yakni laba-laba, akan mencari dan menjelajahi halaman situs anda dan mencari kata yang paling relevan dengan kata kunci yang diketik ke dalam tab pencarian.

Keyword atau kata kunci bias berupa suku kata atau sebuah frase (beberapa suku kata), suku kata, misalnya apabila kita mentargetkan pangunjung yang sedang mencari sesuatu tentang dasar-dasar mesin pencari, maka kata kunci yang akan kita pilih adalah “mesin pencari”. Ini adalah frase yang terdiri dari kata “mesin” dan “pencari”. Kedua kata tersebut oleh Kang Google dianggap sebagai satu kata kunci, yakni “mesin pencari” dan bukan 2 kata kunci yaitu “mesin” dan “Pencari”.

Apa yang terjadi ketika setelah mengetik kata kunci “mesin pencari” dan tombol Enter ditekan, maka akan banyak sekali halaman web yang tampil dan kemungkinan 10 daftar teratas Google tidak akan menampilkan situs yang sesuai yaitu dasar-dasar mesin pencari. Anda justru akan disuguhkan web-web yang berhubungan dengan mesin pencari tetapi bukan itu yang anda maksudkan karena yang anda maksudkan adalah dasar-dasar mesin pencari. Coba untuk memasukkan kata kunci “pondasi mesin pencari” dan lihat 10 daftar teratas Google, Anda akan menemukan bahwa frase “pondasi mesin pencari” benar benar dianggap oleh Google sebagai sebuah kata kunci. Di sana ditemukan web-web yang memang di dalamnya berisi artikel atau apapun yang berkaitan dengan pondasi dan dasar – dasar pengetahuan tentang mesin pencari. Baru kemudian di urutan selanjutnya Google akan menampilkan web web dengan kata kunci dari frase tersebut secara terpisah.

Mesin pencari diprogram untuk mengabaikan kata-kata yang umum digunakan seperti 'dan', 'sebuah' atau 'suatu', jadi jangan terlalu peduli dengan kata-kata semacam itu. Tetapi jangan memasukkan mereka dalam aspek-aspek kritis halaman, seperti pada awal judul, URL, atau keterangan. Semua mesin pencari mempunyai dan menggunakan daftar sendiri dalam menggunakan kata-kata umum yang sangat mirip dan terdiri dari sekitar 200 kata.

Sebagai contoh jika Anda menggunakan 'menyenangkan dan permainan' sebagai salah satu frase kata kunci, kata 'dan', meskipun tidak dihitung sebagai sebuah kata, sekarang akan mematahkan frase kata kunci menjadi dua kata kunci yang terpisah. Bukan 'menyenangkan dan permainan', tetapi mesin pencari akan melihat  2 kata yakni kata 'menyenangkan' dan kata 'permainan'. Sebagai contoh, ketik dalam kalimat 'menyenangkan dan permainan "ke dalam Google dan periksalah hasil pencariannya. Seperti yang akan Anda lihat, akan ada banyak situs yang termasuk 'menyenangkan dan permainan' dalam judul; namun Anda akan melihat Google menampilkan huruf tebal untuk kata-kata yang cocok tepat. Keduanya yakni kata 'menyenangkan' dan 'permainan' akan ditampilkan dalam huruf tebal, tetapi kata 'dan' tidak akan di tampilkan tebal.

Apakah kata kunci calon pengunjung dan pelanggan anda?
Tugas pertama dalam analisis kata kunci adalah menentukan bagaimana orang-orang melakukan pencarian. Mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan cara untuk menggunakan kata kunci untuk menemukan jumlah usaha. Apa yang orang-orang akan ketik di mesin pencari ketika mereka ingin menemukan situs Anda? Semakin banyak kata atau frasa yang Anda temukan dan memasukkan ke dalam website, semakin banyak situs Anda akan digerayangi (maaf) dan ditarik oleh halaman hasil mesin pencari. Tetapi ingat..Isi dari keseluruhan web anda atau setidaknya satu artikel anda harus relevan dengan kata kunci.

Bagaimana mencari kata kunci atau frase kata kunci yang tepat?. Jangan melakukan langkah ini dari sudut pandang Anda; lihat dari sudut pandang calon pengunjun Anda. Anda perlu masuk ke dalam pikiran pelanggan Anda. Tanyakan pada diri sendiri, "apa yang akan dia masukan ke dalam mesin pencari ketika ia ingin menemukan sebuah website yang menawarkan produk atau jasa Anda? Buat sebuah daftar yang mencakup sepuluh kata-kata yang paling umum yang kira kira digunakan oleh calon pengunjung. Kata-kata ini akan menyediakan sebuah bangunan situs Web Anda, jadi pastikan Anda menemukan kata-kata yang serelevan mungkin.

Langkah berikutnya adalah untuk menciptakan frasa kata kunci yang memadukan dua untuk tiga kata. Anda dapat menggabungkan kata-kata yang sudah memiliki atau menambahkan kata-kata baru untuk menciptakan frasa. Yang harus anda lakukan adalah cobal untuk membuat setidaknya dua puluh dari frasa yang paling umum digunakan ketika calon pengunjung mencari sesuatu seperti yang coba anda tawarkan. Jangan takut untuk menggunakan kata berulang-ulang, mencampurkan ke dalam kalimat. Sebagai contoh, sebuah toko peralatan komputer. Beberapa frase yang berkaitan seperti, 'Printer cartridge', 'Printer Canon', dan 'isi ulang kartrid printer'. Jika printer adalah salah satu produk yang Anda jual, jangan takut untuk memasukkan kata berulang-ulang menjadi frase yang berbeda.

Nama merek juga penting, seperti yang kita lihat di atas dengan "printer Canon '. Jika Anda menjual nama merek produk, masukkan kata merk dalam situs anda. Atau lebih lengkap mungkin dicantumkan type printer, misal “ Printer Canon Pixma IP1800” Calon pengunjung akan mencari nama produk tertentu sepanjang waktu. Jangan hanya daftar printer; termasuk merek apa Anda membawa dan Kang Google pasti akan berjalan mengarah ke situs Anda. 

Lokasi, Tempat
Lokasi adalah kunci jika Anda memiliki produk-produk yang hanya tersedia di wilayah tertentu. Jika anda mentargetkan pengunjung yang sedang mencari informasi tentang sebuah pelayanan internet dial up misalnya MOBI Unlimited di wilayah tertentu misalnya Semarang. Ketika pengunjung yang membutuhkan informasi tersebut maka kata kunci yang paling tepat adalah “Mobi Unlimited Semarang” dan bukan “Mobi Unlimited” saja. Karena ketika hanya kata kunci “Mobi unlimited” saja yang dimasukkan maka yang akan ditampilkan oleh Google adalah situs situs berisi informasi Mobi Unlimited yang umum dan tidak ditemukan yang sesuai yaitu tentang Mobi unlimited Semarang. Kata “Semarang” adalah lokasi. Ketika andak mengetik kata kunci “ Mobi Unlimited Semarang” dan ENTER ditekan maka Kang Google benar2 akan menampilkan web yang isinya sesuai dengan yang anda cari yaitu Informasi Mobi Unlimited di Kota Semarang. 

Keyword Research Tools 
Ada banyak alat-alat penelitian kata kunci yang besar dan bebas untuk digunakan. Maka cobalah untuk membuat daftar istilah pencarian yang paling relevan kemudian memasukkannya ke dalam salah satu alat penelitian yang tercantum di bawah ini. Alat pencarian yang tercantum di bawah ini akan melepaskan frase kunci yang terkait, Overture Search Tool http://inventory.overture.com
Google Search Tool  https://adwords.google.com/select/main?cmd = KeywordSandbox
Webmaster-Toolkit  http://www.webmaster-toolkit.com/keyword-research-tool.shtml

Memilih kata kunci yang paling tepat
Pada titik ini Anda harus telah mengkompilasi sebuah daftar kata kunci dan frase. Dari daftar ini, pilihlah sepuluh kata atau frasa yang Anda percaya yang paling akan sering digunakan oleh pelanggan Anda. Ingat, ini bukan kata-kata yang paling sering anda gunakan, tetapi ini adalah kata-kata yang paling sering digunakan oleh seseorang yang sedang mencari produk atau jasa Anda.

Akhirnya, frasa yang Anda pilih di sini akan berfungsi sebagai blok bangunan untuk website Anda. Luangkan waktu Anda dan tidak usah terburu-buru. Setelah Anda memutuskan di atas sepuluh kata kunci atau frasa, maka selanjutnya adalah pilihlah kata atau frase yang Anda percaya akan membawa kunjungan dan lalulintas paling bagus ke blog anda. Terimakasih. Semoga bermanfaat…

6 komentar:

  1. artikel bermanfaat kawan, happy new year friend

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat-sangat bermanfaat kawan..jadi banyak tau nich..makasih yach

    BalasHapus
  3. thanks a lot for your article..is very helpfull for me

    BalasHapus
  4. thanks artikel tentang keyword sangat membantu nih sob

    BalasHapus
  5. Sebuah tulisan yg bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang bisnis online...trima kasih..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.