Desember 05, 2009

Konversi Minyak Tanah Ke Blog Kontes

Kerja keras adalah energi kita
Pertama kali mendengar ada kontes yang digelar Pertamina dengan tema "Kerja keras adalah energi kita", sebenarnya saya sedikit bingung memahami tema tersebut. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah keterbatasan kemampuan saya pribadi tentang berbahasa dengan baik dan benar, apalagi jika sudah masuk ke dalam wilayah EYD yang kepanjangannya adalah Ejaan Yang Disempurnakan.

Namun demikian, saya akan coba untuk mengulasnya karena menurut saya pribadi tema ini sangat  inspiratif. Frase yang digunakan sebagai tema oleh Pertamina dalam kontesnya tersebut, seolah kembali menyadarkan saya pribadi bahwa tema kontes tersebut mempunyai makna dan arti yang sangat dalam. Dan mungkin jika seluruh komponen bangsa Indonesia tercinta ini memahami maknanya, maka Indonesia ini pasti akan segera atau bahkan cepat bangkit dari segala macam permasalahan yang ada. Korupsi yang sampai saat ini masih jadi Idola pekerjaan sampingan para pengelola bangsa ini pasti akan hilang, Selama ini mereka tidak memahami atau mungkin tidak tahu bahwa kerja keraslah energi yang kita punyai. Negara ini diperjuangkan dari penjajahan dengan kerja keras, setelah merdeka negara ini juga dibangun dengan kerja keras dan bahkan sampai saat inipun bangsa ini sedang kerja keras bahkan kerja sangat keras mengatasi semua masalah yang ada.

Memaknai tema kerja keras adalah energi kita
Kerja keras adalah frase yang terdiri dari 2 suku kata yaitu kerja dan keras. Maka memaknainya tidak boleh terpisah satu kata dengan yang lainnya. Maknanya mungkin bekerja dengan penuh semangat, tak kenal lelah, memaksimalkan kemampuan dan potensi yang ada serta terus belajar untuk meningkatkan profesionalisme dalam bertindak dan berbuat.

Energi berarti kekuatan, daya, tenaga, potensi. Melakukan sesuatu yang berat memerlukan tenaga yang kuat. Memikirkan sesuatu yang sulit memerlukan pikiran yang kuat. Energi dalam frase kontes Pertamina ini bukanlah energi yang dikuasai dan dikelola oleh Pertamina, seperti: energi minyak dan gas bumi. Karena kalau yang dimaksud seperti itu maka mungkin tema kontes ini bukan "kerja keras adalah energi kita" tetapi "Kerja keras adalah minyak dan gas bumi kita", begitu mungkin.

Energi dimaksud adalah energi yang dimiliki bangsa ini sejak bangsa ini ada. Pertamina mencoba untuk melakukan penyegaran ulang atau klik kanan pilih "refresh" untuk seluruh komponen bangsa ini agar menyadari bahwa kerja keras adalah energi kita selama ini. Sehingga diharapkan dengan sangat mulai saat ini setiap individu bangsa ini melakukan sesuatu yang dapat memperbaiki bangsa ini di segala bidang. Misal, para pejabat dan pengelola Negara ini berhenti melakukan tindakan-tindakan yang merugikan negara seperti korupsi dan seterusnya. Dan yang jelas tujuan yang baik tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dari berbagai kelompok dan komponen yang ada.

Oleh sebab itu marilah kita mulai dari diri kita sendiri, lalu sebarkan dan ajak orang lain di sekitar kita, seperti keluarga, teman, tetangga dan seterusnya. Jika ada 10 orang yang berhasil mengajak masing-masing 10 orang, maka akan ada 100 orang dan begitu seterusnya seperti pada model Multi Level Marketing (MLM). Namun demikian dari jaman sejak sejarah ditulis, mengajak melakukan kebaikan bukanlah hal yang mudah. Disinilah kita butuh kerja keras. Kerja keras dalam arti yang tersurat dan juga kerja keras dalam arti yang tersirat.

Kesimpulannya adalah mari kita bersama-sama satu langkah pasti membangun bagsa ini. Membangun bukan hanya kuantitas melainkan kualitas, membangun bukan hanya jumlah melainkan mutu, membangun bukan hanya fisik melainkan moral dan spiritual. Akhirnya dengan harapan besar semoga bangsa ini merangkak dan bangun dari persoalan yang membelit selama ini, yang tentunya mungkin langkah ini sudah dimulai oleh Pertamina dan dalam prakteknya mengalami hambatan dan kesulitan yang berat, maka kemudian salah satu bentuk dari upaya Pertamina membangun bangsa ini adalah dengan menghadirkan kontes ini dengan tema "Kerja keras adalah energi kita". Sekaligus sebagai ganti minyak tanah yang sebentar lagi akan dihentikan poduksi dan distribusinya barangkali. Jadi bukan hanya konversi minyak tanah ke gas, tetapi juga konversi minyak tanah ke kontes blog.

Terimakasih..semoga bermanfaat. Amiin.!

11 komentar:

  1. Wah..besok besok ada juga konversi minyak rambut ke bio solar...Hidup Pertamina

    BalasHapus
  2. Enak pake minyak tanah apa gas ya ?
    met kontes yo de'i : Zam....

    BalasHapus
  3. sukses bos... walaupun diriku tidak begitu mudeng dengan apa yang di bahas .. kok minyak disatukan dengan blog ya....

    BalasHapus
  4. YA JElaS koNtroVersI... BlOg mENjadi MinYAk TanAh... hufff

    BalasHapus
  5. Artikel kerja keras adalah energi kita kok ngaco dan lucu..gak bakalan dimenangin..paling2 di siram solar wakakakakakaka piss broo

    BalasHapus
  6. ikutan kontes ya sob, semoga sukses yah

    BalasHapus
  7. wahhh moga sukses ya kawan,,ngikut kontesna

    BalasHapus
  8. Semoga sukses dengan kontesnya...kalau berhasil di tunggu traktirannya, hehehe....

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.