Desember 23, 2009

Troubleshooting koneksi dial up CDMA modem dan HP modem di Windows XP

Jika anda menggunakan jaringan CDMA sebagai alternatif internet anda (karena murah kali ya..), baik yang menggunakan modem CDMA EVDO maupun modem HP Nokia dan HP lainnya, mungkin anda mengalami masalah yang sama pada saat koneksi, yaitu tidak bukan dan tidak lain adalah TIDAK KONEK, Modem Error, dan error error yang lainnya. Ini kadang sangat menjengkelkan, karena kadang semua prosedur, baik yang tersurat maupun yang tersirat sudah diamalkan dengan sepenuh hati dan penuh keyakinan, tapi gak konek juga.

Nah, jika terjadi hal ini, dimanakah sebenarnya kesalahannya? pada setingan kah, pada hardware kah atau pada system kah? bagaimana cara mengetahuinya, mari kita simak sesuai dengan pengalaman saya yang sudah mengalami pahit getir dan asem manisnya koneksi dial up sejak ratusan tahun yang lalu (bercanda: gak lucu).

Beberapa hal yang harus di periksa:

1. Memastikan modem sudah terkoneksi dengan komputer.

Untuk memastikannya sangat mudah. ikuti langkah berikut ini:
STAR MENU > Control Panel > Phone and modem options di klik 2 kali
setelah muncul jendela baru pilih Modems (ada di tengah)> klik modem yang anda gunakan misal NOKIA CDMA 3G 1X 2000, lalu klik Properties (ada di bawah kanan) dan setelah muncul jendela baru> klik Diagnostica lalu klik Query Modem. Nah jika kemudian mucul data-data modem, maka itu berarti modem sudah terkoneksi ke komputer dengan baik dan benar dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya.
Dan jika tidak, jelas modem belum konek sama komputer.
Kemungkinan kemungkinanya adalah:
1. Terdapat kerusakan pada kabel data (putus di tengah dll),
2. Setting antara modem dan COM di komputer belum pas.
Apa yang harus dilakukan?
Pertama: periksa kabel data normal dan bagus, lalu periksa apakah sudah anda pasang  atau belum, atau jangan jangan malah belum beli. wak wak wak...Jika menggunakan Nokia biasanya pada saat kabel data ditancapkan, di layar Nokia akan muncul tulisan Ready for data
Kedua: Periksa driver modem dan driver kabel data apakah sudah terinstal dengan baik dan benar? cara mengetahuinya dengan klik kanan My Computer > Properties > Hardware > Device Manager.
Jika di daftar modem sudah terdapat modem yang digunakan misal Nokia CDMA 2000 1X 3G packet data modem, maka driver modem sudah beres. Periksa juga driver kabel data dengan cara sama di atas, periksa pada Port (COM & LPT) untuk kabel data DKU 5 biasanya muncul begiti Prolific USB-to- serial comm port (COM3). 

2. Periksa setting koneksi

Pastikan setting dial up terkoneksi ke modem lewat kabel data yang ada, misal modem Nokia CDMA 2000 1X dan kabel data Prolific USB-to-serial comm port(COM3).
cara memastikannya dengan langkah2 berikut:
Klik dua kali icon dial up anda, setelah masuk jendela dial up klik Properties pada jendela selanjutnya perhatikan kolom di bawah Connect using. Perhatikan apakah memilih (jika lebih dari satu modem) modem yang benar pada COM yang benar?. Misal Nokia CDMA 2000 1X 3G packet data modem(COM3) maka itu artinya modem yang kita gunakan adalah Nokia yang terkoneksi ke internet sebagai modem lewat COM3. COM3 adalah port dimana kabel data USB prolific terdeteksi di komputer port. Jika prolific ada di COM3 maka modem harus COM3, dan jika Kabel data ada di COM4 maka modem harus COM4 dan begitu selanjutnya.

Jika sudah benar cobalah mengkoneksikan ke internet dengan dial up. Pada saat Dial kita klik maka di layar hp akan muncul dialing #777......... dan selanjutnya. Dan jika menggunakan modem biasanya ada lampu LED indikator yang menyala berkedip pada saat dialing.....

Jika 2 hal di atas sudah dipastikan dan koneksi masih belum beres padahal sudah dimasukkan username dan password yang benar maka kemungkinan selanjutnya yang bermasalah adalah jaringannya. Komputer tidak masalah, modem tidak masalah, setting dial up tidak masalah dan pada diagnostics > query modem juga sudah beres. Ingat! coba tanya pengguna dial up di indonesia khususnya yang murah..banyakan mana lancar sama enggaknya?. ditanyakan ke operator juga tidak menyelesaikan masalah, cuma ada operator yang jujur mengakui kalo jaringannya lagi troubel karena ada perbaikan dll dan ada juga yg malah cari2 alasan dan malah menyalahkan kita para user dan tidak mau mengakui kalo jaringannya lagi bermasalah.

Setting ok, driver modem ok, COM ok, username ok, password ok, dial up ok, layar HP sudah dialing #777..modem sudah berkedip, tapi tetep malah putus dan di komputer muncul error bla bla bla...
Jikaa terjadi demikian, hanya ada dua hal yang perlu diperiksa.
1. Periksa jaringannya lagi troble apa enggak dg menghubungi layanan operatornya. Paksa saja untuk mengakui kalo jaringannya lagi trouble...atau kalo operator ngeyel pecat aja dan ganti kartu lain aja..wak..wak..wak..! (sadis juga ya..) kapok rak..?
2. Periksa pulsa anda atau kuota anda bagi yang berlangganan. Jangan sampai terjadi anda marah marah ke operator eee jebul pulsanya NOL rupiah kan gak lucu. Perhatikan pula syarat2 lain untuk koneksi yang kadang kurang diperhatikan misal kalau di Flexi unlimited baik yang harian, mingguan, bulanan, selapanan dan tahunan, sisa pulsa minimal setelah terpotong biaya langganan adalah 2500 Rupiah. Jika status kita aktif dan sisa pulsa korang dari 2500 rupiah maka koneksi tidak bisa dilakukan.

Ada harga ada rupa, apa yang kita dapat adalah sesuai yang kita bayar. Murah dan lambat itu biasa dan banyak temannya, murah tapi tidak murahan itulah harapan kita. Mau yang gratis? gampang, pake speedy nya pak Lek atau pak Dhe atau cara yang paling gentle pake warnet trus nunggu operatornya ketiduran terus BABLASSS!!!. (Don't try this at home!!). Pilih cara anda sendiri, cara yang benar atau cara yang tidak benar!. dan tanggung resikonya sendiri dengan gentle pula.

Terimakasih semoga bermanfaat..

6 komentar:

  1. yoi. bener tuh evdo yg terbaik untuk saat inii.

    BalasHapus
  2. kalau aq pakai bluetot buat koneksi hp& kompi

    BalasHapus
  3. semenjak mengganti dengan CDMA tekhmologi evdo gak ada masalah lagi sobb...lancar....smart hebat cepat irit lagi...

    BalasHapus
  4. untuk USB MODEM CDMA 2000 1X lumayan boss 250rb/pc. tapi yg EVDO REV.A dan REV.0 masih mahal..

    BalasHapus
  5. mantep.. infonya menarik.
    thanks dah share

    BalasHapus
  6. Boss mw tanya ne... Klo cra internetan gratis slamanya... Gmna...?? Apa prlu pnjaga warnetnya d racuni aja...?? Wahahahaha....Boss mw tanya ne... Klo cra internetan gratis slamanya... Gmna...?? Apa prlu pnjaga warnetnya d racuni aja...?? Wahahahaha....

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.