Januari 11, 2010

4 Kesalahan dalam SEO

SEO, itulah bagian yang menurut saya terberat dalam belajar bisnis online dan mempraktekkan bisnis online yang sesungguhnya. Bebagai macam upaya dan usaha dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang ada dalam SEO, tetapi hasilnya masih jauh dari harapan. Dengan sabar kita telusuri SERPs pada mesin pencari, halaman ke 10 bahkan ke 20 bahkan ke 30, belum tampak web atau blog kita nongol, padahal sepertinya tingkat persaingan tidak terlalu tinggi untuk kata kunci atau frase kata kunci yang kita tembak. Ya itulah SEO, saya kira semua setuju jika sekali lagi saya mengatakan bahwa bagian tersulit dalam bisnis online adalah SEO.

Salah satu hal yang sebenarnya tidak terlalu sulit namun tidak dilakukan oleh pemula (seperti saya) adalah menargetkan frase kunci yang tepat dan membangun link secara konsisten. Ini adalah proses yang terus-menerus dan berkesinambungan, bukan satu kali usaha.

Dalam hal ini, mari kita lihat 4 kesalahan yang harus dihindari sejauh-jauhnya dalam SEO Ini adalah kesalahan yang banyak dibuat dalam upaya pengoptimalan yang justru menjadi halangan dalam mendapatkan hasil yang optimal:

1. Anda tidak menandai halaman dengan frasa kunci yang relevan.
Ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan. Saya yakin Anda tpasti telah melihat website yang hanya menempatkan nama perusahaan mereka di Title tag. Title tag adalah kata-kata yang muncul di sisi kiri atas browser internet anda. Anda harus menempatkan kata kunci dalam Title tag karena search engine memberikan banyak bobot untuk itu. Judul tag adalah seperti Judul sebuah buku. Ini memberitahu pembaca apa isi buku ini. Demikian pula, tag judul apa yang menceritakan kepada mesin pencari tentang situs Web Anda. Apa yang terjadi jika Anda mencoba untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci tetapi kata kunci tersebut tidak hadir dalam tag judul Anda, akan sangat sulit bagi mesin pencari untuk memberikan peringkat tinggi untuk web anda. Karena itu, pastikan bahwa tag judul Anda menggambarkan isi dari halaman Anda dan tempat penting kata kunci yang tepat di depannya.

2. Anda tidak memiliki cukup konten atau konten Anda sudah usang.
SEO adalah lebih dari sekadar tag halaman Anda. Anda perlu memiliki cukup konten untuk mesin pencari untuk dibaca. Untuk peringkat yang tinggi di daftar mesin pencari, Anda harus menempatkan kata kunci dalam konten Anda. Selain itu, jika konten website Anda sudah usang, mesin pencari akan mengunjungi situs Anda lebih jarang, dan juga mesin pencari akan melihat web anda sebagai web yang kurang penting. Hal ini juga mencegah situs anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam daftar mesin pencari.

3. Anda optimalkan kata kunci yang salah.
Jika anda mencoba mengoptimalkan kata kunci yang terlalu umum, sangat sulit bagi Anda untuk mencapai keberhasilan dari usaha SEO anda. Hal ini karena Anda akan mendapatkan diri Anda ke medan pertempuran yang lebih kompetitif dengan tingkat persaingan yang lebih berat. Jadi, luangkan waktu untuk melakukan riset dan mencari frase kunci dengan persaingan yang lebih rendah tetapi relevan dengan bisnis Anda. Ingat bahwa jika Anda mengoptimalkan kata kunci yang tidak relevan, bahkan jika Anda mencapai peringkat tinggi sekalipun, akan susah mendapatkan pengunjung yang ditarget, atau disebutkan tidak akan ada konversi.

4. Anda tidak membangun link secara konsisten.
Link building adalah proses mendapatkan lebih banyak pengunjung yang masuk lewat link ke website Anda. Kualitas inbound link akan membantu website Anda untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci yang kompetitif. Tetapi link building adalah suatu proses yang berkesinambungan. Jika Anda tidak melakukannya secara konsisten, Anda tidak akan mencapai hasil yang baik dalam SEO. Jadi, rajinlah membangun link secara konsisten dengan menggunakan artikel pemasaran, blog komentar, direktori pengiriman, dan strategi yang lain yang umum digunakan dalam pengoptimalan mesin pencari.

Itulah 4 hal yang saya katakan sederhana, namun kadang menjadi kesalahan yang mematikan dalam hal SEO. Mari, lebih keras lagi belajar bisnis online dalam hal ini SEO. Perhatikan 4 hal di atas, semoga sukses.

Terimakasih, semoga bermanfaat

7 komentar:

  1. Postingan yang menarik tapi ngeblog itu bukan hanya soal SEO melulu tapi apa yang ingin dia tuangkan didalam blog. Jika kita terlalu terpaku blog kita harus yang SEO, menurutku malah akan memusingkan kita sendiri.

    BalasHapus
  2. Ho'oh bener pusing..kalo lagi2 SEo lagi2 SEo....tapi siapa sih yg gak pingin blog nya ada di halaman rumah Google...ada cara lain gak sih..

    BalasHapus
  3. @Ireng ajah: Thank SOb...
    bener banget kalo ngeblog untuk mencurahkan apa saja yg ingin ditulis, tapi blog yang untuk making money kan harus banyak pengunjung yg potensial. saya kira SEO lah satu2 nya cara baik yang inpage maupun offpage.
    @syema: selain SEO ada cara lain untuk brd di hlmn Google..main aja ke kantor Google trus nongkrong di depannya sambil makan kethoprak! he he

    BalasHapus
  4. Mas Admin: Waduh..masak ada yg jual di sana...?

    BalasHapus
  5. Salut dengan kata-katamu "Selain itu, jika konten website Anda sudah usang, mesin pencari akan mengunjungi situs Anda lebih jarang, dan juga mesin pencari akan melihat web anda sebagai web yang kurang penting. Hal ini juga mencegah situs anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam daftar mesin pencari." memang bener banget.

    BalasHapus
  6. @Erica Az : thank apriasinya...itu motivasi yang tak ternilai buat penulis blog sederhana ini..

    BalasHapus
  7. makasih om,saya pemula nich.informasi yang sangat bagus sekali

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.