Januari 23, 2010

Memilih Jenis Bisnis Online untuk Pemula

Bingung, itulah mungkin yang dirasakan pertama kali ketika seseorang ingin memulai bisnis online. Semakin dipelajari, semakin dapat ilmu, tapi semakin tambah bingung juga. Hal yang sama juga dirasakan oleh mungkin hampir semua pemula. Yang pertama mungkin bagaimana mekanismenya? bagaimana kita dibayar? lewat mana ambil bayarannya? Apa yang harus dilakukan? dan pertanyaan pertanyaan senada yang saya dapati dan mungkin juga Anda alami.

Sedikit mengingatkan saja, biasanya saat pertama seseorang ingin terjun di bisnis online ini, akan memulai dengan Googling dan apa yang ditemukan? yang paling sering ditemukan mungkin jenis yang seharusnya tidak dijalankan di bisnis online. Pernah terjadi pada saya sendiri ketika saya meminta kepada teman di facebook untuk mengunjungi blog saya (blog ini) dia malah ketakutan. Dia malah bilang "Masih takut mas...saya belum tahu apa2.." "lha emang knp takut..?" saya balik bertanya. Dia menjawab "Lha itu ada yg transfer uang 100.000 nggak tau kemana?gak dapat apa2.?".

Dari sepenggal pembicaraan lewat facebook di atas, benar! bahwa kebanyakan orang memulai bisnis online dengan mengikuti program2 "Mesin uang otomatis" "kaya mendadak" "tidur dapat duit" dan lain semacamnya. Jenis tersebut di atas sebenarnya hanya satu dari sekian banyak jenis bisnis online. Dan jenis yang satu ini saya pribadi tidak menganjurkan, meskipun faktanya banyak juga yang sukses dari jenis ini.

Kemudian
Bisnis jenis apa yang cocok untuk pemula?
OK..pertama dan terpenting buang dulu pikiran bahwa di bisnis online bisa sukses tanpa kerja keras!! BUANG!.Baca tentang fakta bisnis online.

Banyak sekali jenis bisnis online, antara lain; PTC, PPC, Afiliasi, B2b, dan masih banyak lagi sebagian bisa dibaca di Kamus bisnis online dan SEO.

PTC (paid to click)
Dibayar tiap melakukan klik. Itulah maksudnya. Contoh lihat di sini
Cara memulai:
  1. Bikin akun PayPal atau AlertPay (harus)
  2. Punya rekening bank lokal seperti BCA, Mandiri dan BNI (harus)
  3. Bikin web atau blog (harus)
  4. Isi dengan beberapa posting tentang apa saja (dianjurkan). Bisa berisi hoby, berita, atau copy paste dari mana saja dg catatan menyertakan link asli.
  5. Daftar ke sebanyak mungkin situs PTC (harus)
  6. Pasang sebanyak mungkin iklan PTC ke web atau blog Anda (harus)

Cara kerja
1. Klik setiap iklan yang ada sebanyak mungkin (biasanya dibatasi 10 klik per iklan per hari)

Perhitungan bayaran per hari
Rata rata PTC membayar 0,01 USDollar per klik.
100 Klik = 1 USDollar (100 klik dibutuhkan 10 iklan PTC yang masing masing di klik 10  kali perhari per iklan)
Jika ada 50 iklan PTC maka 50 iklan x 10 klick = 500 klik
Bayaran 500 klik x 0,01 USDollar = 5 US$.
Itu perhitungan klik sendiri.
Dalam PTC biasanya ada referral. Maksudnya, orang yang mendaftar PTC melalui kita, atau istilah lebih familiar downline. Nah dari referral ini juga dapat bayaran tiap klik referral, biasanya separo dari klik sendiri.
Selebihnya  hitung sendiri ya..

Catatan penting:
Carilah PTC yang terpercaya!! atau bengkak pada jari telunjuk Anda tidak terbayar!

Jenis selanjutnya
PPC (Pay Per Click) dan Adsense
Dalam PPC kita disebut sebagai publisher. Memasang iklan pada blog kita, lalu kita dibayar tiap ada pengunjung yang melakukan klik di iklan di blog kita. Contoh,  Google AdSense, Chitika premium, Kumpulblogger, AdsenseCamp, Adsenblogger , Adbrite, Bidvertiser dll. Jenis ini  lebih sulit dari PPC karena memerlukan traffic (pengunjung). Mendatangkan pengunjung termasuk yg tersulit malah dalam bisnis online. baca selengkapnya.
Fakta : Hasil ribua Dollar per hari dari Google Adsense( mashable.com, Shoemoney.com dll)

Direct Sale
Penjualan langsung, Anda bikin web atau blog, taruh iklan barang jualan anda atau jasa Anda sendiri. Orang datang mengunjungi blog Anda, tertarik kemudian membeli. So simple kan..? Tapi ini sulit karena butuh sedikit banyak keahlian dalam otak taik HTML, butuh traffic dan strategi pemasaran internet.

Afiliasi
Bahasa keren afiliasi adalah makelar online. Cara kerjanya Anda menjualkan produk orang lain dan dapat komisi bila berhasil menjual. Jenis ini sulit, butuh banyak hal terutama traffic, SEO, content berbobot dan lain lain.. Fakta ribuan dollar perhari, lihat shoemoney.com, mashable.com dan lain lain. Contoh Amazon.com dll.


Dan masih banyak lagi, tetapi kebanyakan sangat sulit karena membutuhkan hal hal yang sulit pula seperti SEO, taffic tinggi, writing skill, conten, Internet marketing tools, SEO tools dll. Sulit bukan berarti tidak mungkin. Bila kerja keras, pasti sulit akan teratasi!. baca fakta bisnis online.

Khusus untuk pemula, pesan saya jangan tergesa gesa dalam bisnis online. Pelajari secara mendalam dan lebih teliti. Jangan tergiur dengan iming iming dan janji manis!. Invest duit..? itu pasti!! tapi bukan ke yang tidak jelas, seperti mesin uang, uang berantai dan lain sebagainya. Contoh investasi yang benar di bisnis online seperti; membeli domain level atas (.com, .net, .org), Jika menjual produk, investasi di Adsense dan PPC tapi hati-hati!, Persiapkan web atau blog Anda semaksimal mungkin sebelum mengikutinya.

Terimakasih semoga bermanfaat!

Rekomendasi untuk dibaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.