Februari 09, 2010

2010: Persaingan Google Buzz, twitter melawan facebook

Google BUZZ!..jejaring social baru atau tidak akan bermanfaat sama sekali? Pengguna Internet di AS, diberitakan hanya beberapa wilayah yang terkena gelombang jejaring social pendatang baru ini. Memang, Google selama ini mendominasi dalam layanan mesin pencari dan mungkin dalam layanan webmail (Gmail), tapi menghadirkan layanan baru berupa jejaring social adalah hal yang berat bagi Google. Facebook adalah salah satu pesaing terberatnya disusul oleh twitter. Lalu apakah Google akan memenangkan dan dapat mendominasi dalam persaingan layanan jejaring social ini?

Para pemerhati jaringan social internet seperti dikutip dari mashable.com sebagai berikut:
"I don’t believe Buzz can enjoy significant success without Facebook integration. When Google unveiled Buzz today, it announced that the app will share your Twitter updates with your Buzz followers. That’s great news, but you won’t be as thrilled to learn that (at least at launch) there will be no integration with Facebook at all".
Tanpa integrasi dengan jejaring sosial lain, dipercaya google BUZZ tidak bisa berbuat apa apa dalam layanan ini. Integrasi ini terutama dengan facebook.com. Seperti diketahui bersama Google Buzz telah berintegrasi dengan twitter. Artinya bila Anda meng update status twitter, maka Buzz secara otomatis akan mengupdate status Buzz Anda. Dalam hal ini memang twitter didukung sepenuhnya oleh Google seperti juga Flickr, Picassa, Youtube dan juga Blogger.

Sampai saat ini Google hanya beritegrasi dengan twitter, namun ada beberapa masalah imbal balik update. Bila anda mengupdate twitter Anda, maka secara langsung Google Buzz akan mengupdate status Anda, tetapi bila Anda mengupdate status di Google Buzz, update Anda tidak akan diupdate dimanapun termasuk di twitter.

Ini artinya saat ini apabila anda mengandalkan jejaring social Goggle ini, update Anda akan sia-sia saja. Tidak ada seorangpun teman Anda akan mendapatkan update Anda, terkecuali mereka telah mengikuti Anda lewat Google Buzz ini. Permasalahannya adalah dominasi yang terlalu hebat dalam urusan ini yang dimiliki oleh facebook.com.

Data terakhir pada 2009 facebook memiliki pengguna lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Ini jelas dominasi yang tidak bisa disepelekan. Jika kita lihat twitter hanya memiliki sekitar 18 juta saja dan pengunjung unik Gmail hanya 36 juta saja pertahun. Apakah mungkin Google hanya mencoba keberuntungan saja membuat jejaring social ini?

Apalagi, dikabarkan pula pada akhrinya nanti facebook juga akan meluncurkan layanan email sendiri. Dari 400 juta penggunanya, jika separuh saja yang menggunakan layanan email dari facebook ini, maka itu sudah jauh melampui pengguna twitter maupun layanan email dari Google sendiri yakni Gmail!.

Proyek email facebook itu adalah (code name) Titan. Begitu diluncurkan, ini diperkirakan akan menjadi penyedia webmail yang diikuti oleh ratusan juta pengguna internet dan terbesar hanya dalam sehari saja. Ini jelas menjadi ancaman serius buat Gmail dan Google.

Kembali ke permasalahan integrasi Google Buzz ke facebook.com. Sampai saat ini belum ada kabar bahwa google akan berintegrasi dengan facebook. Jika ini terjadi keuntungan justru akan diperoleh oleh Google Buzz dan keuntungan facebook tidak seberapa. Tetapi bagaimanapun juga Google Buzz tidak akan dapat membahayakan facebook sama sekali, jika integrasi ini akhirnya tidak pernah terlaksana.

Apakah memungkinkan terjadinya pindah besar-besaran yang dilakukan oleh pengguna facebook ke Google Buzz? Sementara semua teman atau bahkan semua orang sudah tergabung dalam facebook?. Tampaknya google buzz harus berintegrasi dengan facebook segera jika ingin sedikit menonjol saja. Atau mungkin Google Buzz menawarkan fitur dan layanan yang jauh lebih baik dan lebih menarik dalam jejaring social. Sehingag orang2 kemudian akan eksodus secara besar-besaran dari facebook menuju ke Google Buzz?

Try to use this at : http://www.google.com/profiles/furqonblumah.

2 komentar:

  1. yang pasti instruksi dr pemerintah..
    pegawai negeri sipil dilarang ber facebukan dr jam 8 pagi sampai jam 1 siang lho... iya kan??

    BalasHapus
  2. Gue mesti ambil bagian nih di BUZZ...layanan google selama ini ok kok...gue kira Buzz pasti ok juga dong..Google GO!!!

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.