Februari 14, 2010

Kontes SEO Astaga.com Lifestyle On The Net: Cara penilaian dan Efek Kontes SEO

Lifestyle on the net? Astaga! Beberapa waktu lalu, Pertamina menyelenggarakan kontes SEO, temanya kerja keras adalah energi kita. Itu sudah berlalu...ada lagi kontes SEO dengan tema Kenali Pandeglang dan masih banyak lagi kontes-kontes SEO yang semakin meramaikan dunia Internet dan dunia bisnis internet online di Indonesia khususnya. Tidak ketinggalan, sebuah situs portal berita dan gaya hidup (lifestyle) yang sudah berumur cukup tua, yakni Astaga.com, ambil bagian di dalamnya dengan menggelar kontes SEO pula dengan tema Astaga.com lifestyle on the net.

Yang menarik dari kontes-kontes SEO termasuk di dalamnya Astaga.com lifestyle on the net adalah elemen-elemen dari sebuah kontes SEO. Meskipun iming-iming hadiah dari penyelenggara juga cukup menggiurkan, tapi sepertinya para peserta kontes tidak begitu mempedulikannya, atau menjadikan hadiah sebagai target bukan urutan teratas. Hal ini lebih disebabkan karena begitu banyaknya manfaat dari sebuah kontes SEO yang bukan hanya bermanfaat untuk penyelenggara saja tetapi lebih banyak membawa manfaat bagi para pesertanya.

Manfaat kontes SEO bagi penyelenggara, biasanya hanya tidak lebih seperti promosi. Dan wajar sekali kemudian penyelenggara rela mengeluarkan dana baik untuk membayar tim, hadiah dan lain sebagainya demi tercapainya target promosi tersebut. Dari sudut SEO, penyelenggara kontes dengan hadiah menarik jelas akan kebanjiran pengunjung, dan ini jelas meningkatkan traffic dan dapat memperkuat posisi pula dalam serach engine, karena sudah pasti setiap peserta diharuskan link back ke penyelenggara kontes. Bila sebuah kontes diikuti oleh minimal seribu peserta saja, maka situs penyelenggara akan mendapatkan 1000 site linking in. Ini jelas tidak main-main untuk mesin pencari seperti Google dengan pageranknya yang menitikberatkan penilaian pada link in, relevancy dan link popularity. Dari kontes seharusnya bisa didapat keduanya.

Manfaat lebih besar dan banyak, menurut saya justru diperoleh para peserta kontes. Peserta kontes dapat memiliki efek persis seperti yang didapat penyelenggara, tapi hanya jika saja benar-benar mumpuni dalam kontes. Bagi yang sedang belajar SEO biasanya menjadikan kontes sebagai tempat uji coba, minimal dengan harapan mendapatkan backlink dan beberapa trafic ke situs mereka. Bagi yang jago dalam urusan SEO, memanfaatkan kontes sebagai tempat untuk semakin menguatkan branding dan posisi mereka dalam SEO, disamping kesempatan besar untuk memenangkan hadiah yang disediakan. Seru memang!!

Melihat ke dalam kontes-kontes SEO yang ada, masih menurut saya setidaknya ada dua model kontes jika dilihat dari bagaimana cara penilaiannya, yakni Kontes SEO yang murni dan kontes SEO tidak murni. Kontes SEO murni maksudnya apa? Biasanya kontes yang murni, penilaian pemenang hanya pada posisi di search engine terutama Google Search. Tidak menjadi penilaian dalam hal kualitas artikel misalnya, selama peserta mengikuti aturan kontes dan berada di posisi teratas SERP, maka dialah pemenangnya. Singkatnya, juri dari kontes SEO jenis ini 100 % diserahkan kepada sang spider peliharaan kesayangan Google.

Nah jenis selanjutnya Kontes SEO tidak murni. Penilaian dalam kontes SEO ini tidak hanya pada posisi di mesin pencari tetapi lebih diutamakan kepada kualitas artikel dan konten yang sesuai dengan tema dan target kontes. Sedangkan posisi dalam mesin pencari menjadi penilaian setelahnya. Juri dalam kontes SEO jenis ini bukan hanya Spider bot, melainkan ada orang-orang nyata yang membaca dan mengevaluasi kemudian menilai konten artikel secara teliti dan penilaian dilakukan sesuai standar tertentu.

Lalu dari mana kesuksesan sebuah SEO dinilai?. Secara umum orang menilai sebuah kontes SEO sukses bila diikuti oleh banyak peserta. Seperti contohnya kontes SEO Pertamina kerja keras adalah energi kita dianggap sukses karena diikuti oleh ribuan peserta dan selesai dengan aman dan damai tanpa kedala apapun. Tapi, kesuksesan sebuah kontes SEO seharunya buka dinilai dari hal itu saja, melainkan yang terpeting adalah action  sebagai efek real dari sebuah tema kontes. Astaga!com, dengan tema kontes Astaga.com Lifestyle on the net, setelah kontes selesai dan hadiah dibagikan, menjadi rujukan utama atau setidaknya pengguna internet khususnya di Indonesia dalam so'al lifestyle khususnya yang on the netItu baru disebut sukses!

Atau lebih sederhana jika ada sebuah kontes SEO dengan tema "kebersihan adalah sebagian dari iman" misalnya, kemudian diikuti oleh ribuan bahkan juta'an peserta kontes, lalu kontes selesai dengan baik, kemudian semua orang atau setidaknya peserta kontes benar-benar menjaga kebersihan, maka itu bisa disebut sukses!. Apa artinya kontes kebersihan yang diikuti jutaan peserta ini jika setelah kontes selesai dan hadiah dibagikan, kebersihan tetap tidak terpelihara?!.

Begitu juga dalam kontes Astaga.com lifestyle on the net. Apa artinya jika setelah kontes selesai kemudian tidak ada peningkatan dalam astaga.com yang berarti?. Setelah kontes seselai orang-orang akan melupakan lagi apa itu Astaga!com, atau bahkan pesertanya saja tidak lagi berkunjung setelah selesai kontes.

Oleh sebab itu mungkin menjadi alasan kenapa penilaian seharusnya tidak pada mesin pencari saja, melainkan konten dan artikel juga. Semua orang tahu bahwa artikel yang baik dapat menjadikan orang yang tidak suka menjadi suka, yang tidak tertarik menjadi tertarik dan seterusnya.  Penilaian konten jelas tidak bisa dilakukan oleh Spider, karena spider adalah robot yang bekerja sesuai rumus algoritma. Spider tidak dapat membedakan isi artikel dan makna artikel secara keseluruhan, tetapi spider hanya melihat kata kunci dan relevansi sesuai algoritnmanya.

Sedangkan efek dari sebuah tema kontes adalah pada manusia. Orang bekerja bukan dengan rumus algoritma melainkan dengan otak dan perasaan. Sebuah artikel yang berisi mengajak kebaikan akan dibaca kemudian dipikir dalam otaknya dan diolah menggunakan perasaannya, untuk kemudian melakukannya. Bagaimana jika dalam sebuah kontes bertema kebaikan, yang berada di urutan atas mesin pencari adalah situs yang hanya memperbanyak kata kunci dan pandai meletakkannya sehingga disukai spider sementara isinya tidak dapat mengajak atau membujuk orang untuk melakukan kebaikan sama sekali misalnya. Sia-sia saja kontes itu!

Tapi tidak sesederhana itu tentang kontes SEO, penyelenggara mempunyai target tertentu dalam kontesnya dan pastinya ingin mendapatkan efek yang jelas dari kontes yang diselenggarakan dengan memakan biaya. Bagaimanapun cara mereka membuat penilaian dalam kontesnya, itu hak murni mereka!. Termasuk Astaga.com life style on the net Tentunya para ahli mereka sudah memikirkan secara matang tentang kontes yang mereka adakan.

Terimakasih, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.