April 29, 2010

Cara Disable Instant Personalization pada App Facebook

[PRIVACY]: Sudah pada tahu kan app Facebook yang baru ini? yakni 'instant personalization'. App ini memungkinkan pengguna (FB)facebook untuk mengijinkan situs tertentu yang telah terintegrasi dengan facebook untuk mengakses dan membagi informasi pribadi para user facebook sesuai dengan rating tombol 'like' pada facebook app. Seperti contoh situs Pandora [pandora.com] dan Docs.com [Docs.com] akan merekomendasikan untuk streaming musik dari stasiun radio online, yang disesuaikan dengan data 'like' yang terekam di data facebook sebelumnya.

Tidak masalah jika pengguna merasa nyaman dan tidak terganggu sama sekali dengan efek ini. Dan karena ini bersifat 'instant' maka tentu saja harus ada setting khusus untuk tidak menggunakan app ini bagi user yang tidak mau menggunakannya karena berbagai alasan.

Mengenal 'Instant Personalization' lebih jauh.
Pernahkan Anda membuka facebook Anda dan mendapatkan halaman seperti di bawah ini?:




Jika ya maka itu tawaran untuk 'Instant Personalization' dari (FB) facebook. Ini biasanya terdapat pada akun facebook yang telah menggunakan ''Instant Personalization'. Di sini ada dua pilihan untuk meneruskan app ini dengan 'learn more' atau menolak sama sekali pada pilihan ' No thank'.


Cara Blocking 'Instant Personalization' pada akun Facebook

Secara default, app ini telah ON. Namun bila Anda benar2 merasa tidak nyaman, lebih baik langsung saja disetting disable dengan cara blocking app. Nah cara setting ini memang sengaja diletakkan oleh facebook jauh ke dalam menu privacy. Anda dapat menemukannya melalui click menu 'Account' [ada di sebelah kanan atas navbar], lalu pilih 'Privacy Setting'. Lebih jelas perhatikan gambar berikut ini:



Anda akan di bawa ke halaman berikutnya yang berisi menu untuk setting privasi. Pilih “Applications and Websites". Perhatikan gambar:



Pada halaman berikutnya dijelaskan secara rinci apa yang dilakukan 'Instant Personalization' ini terhadap user dan termasuk informasi pribadi. Di bagian bawah ada kotak (checkbox) yang mempersilahkan user untuk mengijinkan aplikasi atau tidak. Hilangkan CENTANG pada kotak tersebut untuk menonaktifkannya. INGAT!.. secara default app ini dalam posisi ON!.




Oke, sekarang facebook tidak akan membagikan informasi pribadi user kepada website tertentu melalui "Instan Personalization" ini. Namun jika suatu saat merasa membutuhkan, silahkan kembali ke 'privacy setting' dan centang kembali "chekbox" tadi untuk mengaktifkan lagi.

Mengamankan Informasi Pribadi Anda

Masih ada masalah lain di sini. Jika teman (friends) facebook ada yang masih secara default dalam posisi ON pada 'Instant Personalization', maka informasi pribadi masih bisa di SHARE oleh teman pada website tertentu ke 'Instant Personalization' ini melalui akun mereka (teman di FB Facebook). Nah bagaimana cara mencegah teman membagi informasi pribadi ini?. Silahkan kembali ke "Account" lanjut ke "Privacy Setting" terus ke "Website and Aplications" diteruskan klik pada "Edit Settings" terus temukan "What your friends can share about you". Perhatikan gambar berikut ini:


Centang dan hilangkan centang untuk mengijinkan share dan tidak pada chekbox2 yang ada. Tentukan apa yang menurut Anda nyaman dan tidak nyaman untuk dibagikan oleh teman teman facebook Anda. Terimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.