April 25, 2010

Tips Cara Keluar dari Sandbox [just another tips]

Ini adalah tentang SEO dan bagaimana mengatasi google sandbox. Cara cepat..? ada nggak sih. Keluar dari sandbox google bukanlah hal yang mudah jika dilihat secara alami (natural SEO). Tapi untungnya ada cara-cara yang mungkin tidak alami yang bisa digunakan atau trik seo agar bisa cepat keluar dari sandbox. Kasus sandbox ini sering terjadi pada artikel khusus yang biasanya dijadikan tema dan judul kontes seo misalnya.

Berbincang mengenai cara keluar dari sandbox, tentunya kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar kita tahu bagaimana cara menghindarinya. Bagaimana sebuah artikel beserta judulnya bisa masuk ke dalam sandbox sehingga tidak terindeks di mesin pencari? Itulah yang pertama akan kita cari tahu untuk selanjutnya mencari tahu cara keluar dari sana.

Penyebab masuk sandbox
Beberapa forum menyebutkan, penyebab masuk sandbox adalah terlau berlebihan dalam optimasi sebuah artikel, sehingga mungkin bentuk optimasi itu seperti terlalu banyak menempatkan kata kunci di sembarang tempat. Salah..! ternyata malah dianggap SPAm oleh google dan akhirnya di kurung dalam sandbox. OVER SEO OPTIMIZATION mungkin menjadi penyebab lain. Hal ini seperti contohnya mencarikan back link untuk sebuah artikel [yg dikonteskan misalnya], dalam waktu hari itu juga artikel di sumbit, langsung DICARIKAN back link sebanyak mungkin melalui cara cara yang ada. Sementara hari berikutnya tidak tampak ada sama sekali back link dari manapun. Google akan melihat ini sebagai hal yang berlebihan dan tidak alami. Mungkin saja semua backlink dianggap sah oleh google, tapi google tidak menyukai yang tidak alami.

Dari beberapa forum lain, salah satu penyebab masuk sandbox adalah link popularity yang terlalu cepat. Ini khusus untuk website baru. Ini juga mirip dengan over optimasi di atas dan akhirnya di anggap tidak alami oleh google dan akhirnya di kurung juga. Faktor lain mungkin ketidak seimbangan back link yang ada. Maksudnya adalah seperti jika optimasi pada artikel tertentu untuk kontes, lalu Anda mempunyai beberapa blog atau web lain bertema sama, lalu Anda melakukan peng link an dari semua blog Anda [sering disebut dengan DUMMY BLOG] ke artikel tujuan tersebut. Google tidak bermasalah dengan ini sebenarnya, tetapi jika ketika semua backlink tersebut terdeteksi oleh google pada no IP yang sama [incoming link and IP adress], maka itu jelas akan dianggap spam dan lagi-lagi DIKURUNG.

Faktor faktor SEO penyebab sandbox diatas juga berhubungan dengan site age (umur site), Stabilitas backlink, tingkat relevansi link dan lain sebagainya. Umur sebuah web site semakin tua maka semakin bagus, namun, stabilitas backlink yang ada jelas menjadi berhubungan dengan ini. Site yang berumur lebih lama secara teori seharusnya mempunyai konten yang lebih banyak dan luas dan backlink pun semakin banyak seiring dengan makin tua dan banyaknya posting yang ada. Perhatikan pula tentang relevansi. Back link yang di dapat jika tidak relevan sama sekali (relevan = bertema sama), tidak akan begitu berpengaruh di mesin pencari. Dan google tidak menyukai ini. Anda sendiri bisa bayangkan jika blog anda tentang pertanian sementara back link yang ada semuanya atau sebagian besar dari situs yang tidak berhubungan dengan pertanian seperti situs baju, situs penyakit kelamin, situs sex dan porno dan seterusnya.

Faktor lain yang mungkin jelas akan mengakibatkan masuk sandbox adalah jika dalam SEO menggunakan grey hat atau black hat tactics. Ini bukan hanya berakibat masuk sandbox. Tetapi juga beresiko besar terhadap keberadaan situs di mesin pencari.

Cara keluar dari sandbox
Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, tentu jawaban tentang bagaimana cara cepat keluar dari sandbox adalah dengan menghindari penyebabnya. Sederhananya seperti ini, jika Anda dibenci seseorang, pasti lah seseorang membenci Anda karena ada sebabnya bukan. Nah bagaimana agar tidak lagi dibenci Maka Anda harus meninggalkan sebab sebab tersebut. Dan jika sudah tidak ada alasan lagi, mengapa orang lain akan membenci Anda..?

Sama halnya dalam so'al SEO pada masalah cara keluar dari sandbox ini. Hindari dan tinggalkan hal hal yang menjadi penyebab sandbox ini, seperti:

  • Lakukan optimasi SEO senormal dan se alami mungkin. Jangan berlebihan (OVER), lakukan optimasi secara berkala dan berkesinambungan. Bersabarlah ...karena semua kan butuh waktu dan proses. 
  • Usahakan back link yang berkualitas dan serelevan mungkin.
  • Tempatkan kata kunci sewajarnya saja, jangan berlebihan. Pelajari SEO lebih jauh tentang kata kunci. Berapa % kata kunci yang dianggap normal oleh google? dan seterusnya. Terlalu banyak kata kunci = SPAM.
  • Jangan gunakan BLACK HAT SEO Tactics!
  • Usahakan semaksimal mungkin konten artikel yang unik dan bukan hasil copy paste saja. INGAT..!Google sangat menghargai ini!. Tema sama dan sedikit kemiripan biasanya tidak masalah, tapi jika artikel sama persis, itu hanya "ngebak-ebaki" hardisk di server google dan jelas google tidak suka.
Tentu saja masih banyak cara lain untuk keluar dari sandbox google. Artikel ini jelas jauh dari cukup, maka silahkan para pakar dan webmaster menambahi dan jika ada yang salah, monggo dikoreksi dan mohon dibetulkan, demi bertambahnya pengetahuan blogger sekalian tentang SEO.
Terimakasih

Artikel seo berkaitan :
[ Semua posting dalam label Artikel SEO] [Update GRATIS Ke Email ANDA]

10 komentar:

  1. oke sob....berita bermanfaat! nice :)

    BalasHapus
  2. info yang sangat berguna buwat saya..jika kelak saya terkena sand box...

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya sob, ternyata blogku masuk sandbox juga, saya akan coba teorinya sob...sukses selalu

    BalasHapus
  4. artikelnya bagus sekali..Selama ini sy masih bingung bangte sm yang namanya gogole sandbox..setelah baca artikel ini sy jadi lebih paham..Thx ya,sobat..

    BalasHapus
  5. Nice info bang, lo tahunya masuk sandbox gimana kk?

    BalasHapus
  6. @Chekstor: salah satu cara paling gampang..Copy salah satu link dari url yang dicurigai masuk sandbox. PASTE di tab pencarian Google search. Jika tidak keluar sama sekali, berarti masuk sandbox.

    BalasHapus
  7. aku korban sandbox gan....hu hu hu

    BalasHapus
  8. PUSHTOP : semua pernah mengalaminya gan..apalagi yang suka ikutan kontes seo..

    BalasHapus
  9. bener bener menghambat nih sandbox

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.