Mei 19, 2010

Apa Facebook bebas digunakan untuk menghina Agama?

Satu lagi dari facebook yang membuat gusar umat Muslim sedunia. Ya.. memang facebook tak henti hentinya membuat onar. Setelah banyak kalangan mengeluhkan soal 'Privacy' dalam banyak fiturnya, kini penodaan terhadap agama tertentu dibiarkan oleh facebook. Kenapa saya bilang 'DIBIARKAN' ? karena pihak facebook tidak bergeming bahkan setelah mendapat surat resmi dari pemerintah Pakistan yang berisi permohonan untuk menghapus 'group' di facebook yang mendukung si Kurt Westergaard, pembuat kartun Nabi Muhammad SAW yang pernah di muat di salah satu majalah Denmark dan menghebohkan dunia pada saat itu (tahun 2005). [bbc.news]

Pada pencarian group facebook, ditemukan setidaknya ada 2 group yang berisi dukungan itu. Bahkan salah satu roup pendukung Kurt itu dengan terang terangan menuliskan deskripsi group: “This group is for everyone, regardless of nationality, political or religious believes, who believe in and want to defend freedom of speech and the foundation of democracy wherever it is being threatened in the world!” lebih hebat lagi, mereka menampilkan salah satu karikatur "terlarang" sebagai gambar profil group tersebut.


Sementara itu, Pemerintah Pakistan secara resmi telah memerintahkan pihak berwenang di Negara Islam itu, untuk sementara memblokir facebook di Negara itu karena group facebook itu. Salah satu gerakan di sana yang menamakan dirinya "Islam Lawyer" juga telah mengirimkan permohonan secara resmi kepada pembuat group karikatur Nabi itu dan juga pihak facebook untuk menghapus group tersebut dari facebook. Namun sampai saat tulisan ini diposting, group pendukung itu masih nongkrong di facebook.

Pemerintah Pakistan sementara tetap memblokir facebook sampai tanggal 31 Mei 2010 ini, atau sampai mereka mendapatkan balasan permohonan penghapusan baik dari facebook maupun dari group tersebut. Kejadian serupa pernah dilakukan Pakistan pada YouTube yang pernah memuat video berisi gambar-gambar kartun Nabi Muhammad serupa pada tahun 2008 silam.

Sudah sepatutnya kita ikut mengutuk group tersebut, dan sebisa mungkin ikut berupaya menghentikan dengan segera pelecehan terhadap Agama Islam ini. Satu satunya tujuan adalah terciptanya perdamaian di seluruh dunia, pada semua aspek kehidupan. Jika itu dibiarkan dengan beralasan 'DEMOCRACY", maka mungkin benar, bahwa "democracy is bullshit"!. Demokrasi macam apa yang menyinggung dan tidak menghormati hak asasi Agama lain..???!!

2 komentar:

  1. Yabb Betull sekali!!! Demokrasi harus serasi dan tidak melanggar atau bahkan tidak melecehkan sesuatu.. apalagi Agama!! Astaghfirulloh

    BalasHapus
  2. betul, aku ngikut sama ikhatam lah

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.