Internet Unlimited StarOne atau Flexinet Unlimited? Pilih Mana

Telkom Flexi punya Flexinet Unlimited dan Indosat CDMA punya Internet StarOne Unlimited yang cukup terkenal dengan bundlingan Modem CDMA IVIO 2002U nya. Keduanya sama sama berjalan di CDMA 2000 1X (bukan EVDO) dan kecepatan max 153 Kpbs. Begitu juga dengan modem bisa menggunakan Modem USB CDMA maupun Hape Modem CDMA. Tanggal lahirnyapun kurang lebih di tahun yang sama dan pada waktu itu belum ada satupun yang bersedia UNLIMITED. Semua masih menggunakan tarif per kb atau kita kenal dengan time base dan per detik atau kita kenal dengan istilah timebase.

Sama? mungkin saja iya. Oleh karena itu saya tertarik untuk mengadu keduanya dalam penilaian saya sendiri sebagai pengguna internet dialup yang sudah memakan pahit getir koneksi dial up sejak ratusan tahun..:D). Pertandingan antara Internet Flexi Unlimited vs. Internet Unlimited StarOne akan meliputi hal hal seperti harga modem, harga perdana, harga paket, dan tentunya yang terpenting adalah kecepatan dan kestabilan koneksi keduanya. OK..Ledis en Jentelmen .......teng teng teng !!!!

Harga modem, perdana dan harga
Baik StarOne Internet Unlimited maupun Flexi unlimited Internet dalam hal modem, perdana dan paket hampir sama persis. I mean bisa menggunakan Hape modem CDMA yang bisa jadi modem atau Modem CDMA USB yang sekarang banyak beredar di pasaran. Karena keduanya juga sama sama menggunakan jaringan CDMA 2000 1x dan sama sama support single band hanya 800 Mhz (tidak EVDO dan tidak 1900 Mhz).

Sementara itu, harga perdana juga nyaris sama, perdana Flexi maupun Starone di toko toko ponsel biasa dijual antara 8000 sampai 15000 rupiah biasanya sudah berisi pulsa Rp. 5000. Harga bervariasi tergantung pada toko penjual kartu perdana dan jenis nomer perdana, maksudnya; kan ada istilah nomer cantik, nomer burik dan lain lain. Nah masing nomer tersebut biasanya dipatok dengan harga yang berbeda.

Pemenangnya adalah: SERI

Paket Unlimited Internet
Keduanya sama mempunyai paket akses internet unlimited yang murah dan meriah namun kadang bikin marah! he he..Disini saya muat tentang paket unlimitednya saja ya..Sebenarnya masing masing juga punya paket yang tidak unlimited alias tarif lama yang kita kenal dengan time base dan volume base. Tentang tarif volume base dan time base tidak akan saya bahas dan kalau menurut saya mending jangan coba coba dech. Selain harga yang jadi mahal SEKALI juga udah ketinggalan jaman alias enggak trend lagi Bro.. sekarang kan jamannya UNLIMITED INTERNET..ya nggak?

Flexi punya paket unlimited harian, mingguan dan bulanan dengan tarif Rp. 2.500 per 24 jam, Rp. 15.000 per 7 hari(1 minggu) dan Rp. 50.000 untuk berlangganan selama 1 bulan penuh.

Sedikit berbeda tarif unlimitednya pada StarOne Internet, yaitu untuk harian Rp. 2.500/hari, 15.000/minggu dan 45.000/bulan

Pemenangnya adalah : StarOne Internet Unlimited
Nilai tinggi diberikan kepada StarOne dengan paket bulanannya yang terpaut Rp. 5000 lebih murah ketimbang telkom Flexi yang Rp. 50.000,-

Cara daftar, reg atau aktivasi dan sisa pulsa minimal agar bisa akses internet
Flexinet unlimited bisa menggunakan cara berikut ini:
Daftar internet unlimited harian : SMS ketik REG[spasi]harian[kirim]2255
Daftar Internet unlimited mingguan: SMS ketik REG[spasi]mingguan[kirim]2255
Daftar Internet unlimited bulanan: SMS ketik REG[spasi]bulanan[kirim]2255
Sisa pulsa minimal setelah terpotong sesuai tarif yaitu Rp. 1000

StarOne Internet unlimited bisa menggunakan cara berikut ini:
Daftar internet unlimited harian : SMS ketik INTERNET[spasi]HRN[kirim]7825
Daftar Internet unlimited mingguan: SMS ketik INTERNET[spasi]MGN[kirim]7825
Daftar Internet unlimited bulanan: SMS ketik INTERNET[spasi]BLN[kirim]7825
Sisa pulsa minimal setelah terpotong sesuai tarif yaitu Rp. 1000

And the winner is : FLEXINET UNLIMITED
Nilai tinggi diberikan kepada flexi karena cara regristasi yang lebih familier dan mudah diinget. Coba enakan nginget yang mana REG harian 2255 atau internet HRN 7825?

Speed Koneksinya
Dalam tulisan Flexinet  153 Kpbs dan dalam speed test hasilnya bervariasi antara 0,07Mbps sampai dengan 0,12 Mpbs untuk downrate(download) dan uprate (upload) antara 0,03 sampai dengan 0,05. Dan dalam hitungan kpbs memakai tool yang lain menghasilkan antara 90 s/d 133 Kpbs untuk download dan antara 50 s/d 75 Kpbs saat upload.

Gambar Speed didapat paling tinggi
Gambar Speed rendah yang di dapat
Sementara itu disudut kiri ada StarOne unlimited Internet dengan speed kurang lebih sama bahkan hampir sama persis. Tidak ada perbedaan yang signifikan

Hasil penilaian : SERI. Kecepatan yang didapat maksimal seperti diuraikan di atas. Itu juga masih sangat tergantung pada beberapa hal seperti: Cuaca di operator, jam saat pemakaian. Kalau cuaca lagi baik biasanya bisa didapat speed maksimal apalagi pada jam jam tertentu pada saat pengguna jaringan CDMA keduanya sedang sepi baik data maupun voice. Maksudnya begini, karena keduanya belum menggunakan EVDO maka antara jaringan yang digunakan untuk internet (DATA) dan untuk voice (Telpon telponan) jadi satu. Nah pada jam antara 11 malem sampai 7 spagi biasanya ngacir karena pada saat itu orang yang telpon telponan kan kebanyakan pada tidur semua, jadi yang jaringan DATA bisa lebih bebas tanpa terganggu oleh lalulintas VOICE.

Scrore akhir pentandingan antara Internet Unlimited StarOne dengan Flexinet Unlimited Internet adalah dimenangkan oleh ...... nilai sendiri aja yach..! :D).  Pertandingan ini bukan bermaksud mengadu domba apalagi menyebar fitnah, tetapi hanya bermaksud memberikan tambahan informasi koneksi internet CDMA yang murah buat yang membutuhkan saja sebagai sedikit pertimbangan dalam memilih dan menggunakan layanan Internet wireless khususnya jaringan CDMA di Indonesia. Terimakasih, moga manfaat.

NB: Kalau ada yang kurang ditambahi di komentar ya..?atau kalau ada kesalahan informasi mengenai harga paket misalnya tolong juga dibetulkan. Atau kalau ada yang tidak terima dengan hasil akhir pertandingan, silahkan hubungi panitia.

Berkaitan:
1. Troubleshooting koneksi dial up modem CDMA di Windows XP
2. Daftar HP modem CDMA bisa buat Internet
3. Daftar Modem CDMA USB 800 mhz/1900 mhz, 2000 1X dan EVDO

Postingan yang setopik

40 Comments:

akhatam 22 Mei 2010 pukul 20.32.00 PDT  

Hmm belum pernah coba keduanya... hihii

sikujang 23 Mei 2010 pukul 01.54.00 PDT  

kalo di daerah saya flexi masih menang mas, karena sinyalnya lebih kuat dibanding starone. Tapi sayangnya sering ngadat terutama di jam2 sibuk..speednya sampe di bawah 1 kbps, bahkan sampe disconnect :D dan kalo udah DC kadang susah konek lg.

kalo berkenan mampir ke sini dong mas http://sikujang.blogspot.com
mau tukar link juga boleh :D hehe..

Anonim,  24 Mei 2010 pukul 21.57.00 PDT  

berarti masih mending three, cuma harga 2x lebih mahal, siang malam speed stabil 7kbps-10kbps, upload kena 5-7kbps

Anonim,  25 Mei 2010 pukul 01.30.00 PDT  

Three berapa? 7kpbs-10Kpbs....??!!! starone sama flexi kan nyampe 133 kpbs (b kecil)

Jimmy Ahyari 28 Mei 2010 pukul 03.55.00 PDT  

Boleh ga kalau tidak memilih dua2nya? =))

Di Indonesia mah, iklannya doang yang hebat.. tapi dari pada tidak ada.. wkwkwk..

Mudah2an internet di Indonesia semakin cepat, murah dan stabil.

Salam

Anonim,  21 Juni 2010 pukul 19.53.00 PDT  

lokasiku di surabaya.speed emang emang mentok segitu.dl cuman 0,12mbps klo ul 0,05mbps.yach daripada gk ada....udah diakalin pake antena kaleng juga sama,klo disconnect gk pernah

Anonim,  1 Juli 2010 pukul 05.22.00 PDT  

menurutq se....
masih kencengan flexi, kalo pakek starone sering disconect n klo bwat brosing pakek google sering not responding klo pakek flexy jalan terus...
brafo buat semuanya semoga koneksi internet di indonesia semakin berkualitass....cayoooo

Anonim,  6 Juli 2010 pukul 07.14.00 PDT  

klo gw pake flexy...

cam taek, kadang bguz kadang jeleq..
kbnykan jeleq ny sii...

pngen test star one ne..

ainul 12 Juli 2010 pukul 09.48.00 PDT  

wah ane pilih flexy gan, soalnya yang ada sinyalnya tu flexy....

Mike,  22 Juli 2010 pukul 23.34.00 PDT  

Starone unlimitedku online dari tgl 1-30 on terus tanpa hambatan cuman 45rb/bulan, emang sebelumnya kesal jg dan byk eksperiment,hasilnya harus byk setting dan "ternyata" ada ketentuan yg berlaku biar ga diskonek terus, Online emang agak lambat tapi selamat, kmrn Monitor gw aja yg hangus duluan krn ga off selama sebulan, maklum msh pake CRT, tp skrg udah upgrade ke LCD kyknya aman,...

Anonim,  4 Agustus 2010 pukul 17.46.00 PDT  

ad lg ne kukurangan fleksi yg aq temui.. Buad yg dftr hrian kdng setelah registrasi intrnet sisa pulsaq jg ikud ksedot... Jd mending dftar yg bulanan adja dh... Lbih aman sisa pulsa q. Blm pernah cb star one jd blm tau tu,

SUARAXIMAJINASI 18 Agustus 2010 pukul 01.32.00 PDT  

kenapa ya, flexi unlimitedq selalu putus setiap 1 jamnya?
saya sudah menggunakan layanan ini 6 bulan lamanya. tapi blakang2an ini flexi menjadi disconnect setiap jamnya.
bikin repot saja ketika harus dial-up ulang setiap jam.
saya yakin, kesalahan bukan dari modemnya. karena sebelumya saya juga sudah nyoba dng modem yg berbeda. alhasil sama saja.
ganti nomer flexi yg berbeda, jga tetep saja sama.

mungkin dari mas.mas yg punya saran agar flexi saya kembali normal.
mohon bntuannya,.

Anonim,  20 Agustus 2010 pukul 06.51.00 PDT  

untuk yang sering diskoneck itu bergantung pada merek dan kemampuan modem, ada yang modemnya jika mencapai derajat panas maka dia sering bermasalah diskoneck, untuk mengatasinya maka sampean semua pakai kipas angin aja tuch modem hehehe...
masalah yang kedua adalah speed gak normal cara mengatasinya km mesti beli kabel usb yang 3-4meter nah tuch modem ditancepin disana n diletakkan di tempat yang tinggi dari halangan rumah/ benda2 apapun(artinya di ruangan terbuka dan sinyal menunjukkan full)
jika sudah dipasang kabel kok ngak bisa konneck berrti port usbmu power comsutionnya gk higt speed...

oke

Anonim,  23 Agustus 2010 pukul 16.58.00 PDT  

Fexi . . . was wes wos . . .
ga naek ga turun,
donlod 1menit=1mb . . . itu kalo sepi...
MERDEKA . . . B)

Anonim,  21 September 2010 pukul 08.50.00 PDT  

Flexi gombal. Mota mati per 1 jamnya! Telpon CS gak ada solusi. Starone ditempatku (makassar) dl kenceng. Download smp bisa 20 - 32 kbps. Sekarang gombal kabeh wiiiissss wis! bom ae towernya he he he....

Unknown 28 September 2010 pukul 15.21.00 PDT  

yg pasti saya pake smart paket platinum 150rb/bln,, setara dengan speedy yg 220rb/bln,. koneksi stabil karena evdo(evolution data only) gagg ada batasan quota(bebas download samapai gigabyte-an)dan yg terpenting: mobility nya(walaupun cuma dalam kota)

Anonim,  10 Oktober 2010 pukul 23.56.00 PDT  

Dua-duanya ga beres
saya pakai di surabaya
dah pake yang laen aja

Flexy dari 8 jam cuman bisa pake 2 jam an
Starone setiap total 1MB (UL+DL) pasti disconnect

nasua,  11 Oktober 2010 pukul 01.48.00 PDT  

Flexi di semarang juga makin ancur..!!! selain sering BENGONG dan banyak SMS SPAM!!, sekarang lambatnya minta ampun...MENYIKSA...baru lancar jika sudah jam 11 malem....9 siang mulai lagi dech siksaannya.., itu juga gk mesti..

Anonim,  3 November 2010 pukul 02.40.00 PDT  

iyah.. emang flexi parah.... sering banget dc.. klo dah dc.. minta ampun... klo starone belum pernah coba sih... tapi kayaknya sama aja deh... emang paling enak itu pake speedy yach..
coba speedy g usah pake telp rumah kan enak.. klo ke mana2 bisa di bawa aja... hehehehehehhe

Anonim,  5 November 2010 pukul 01.09.00 PDT  

flexi & starone parah smw......
klo mobi gmn?ad yg tau?..ehhee

zainudin.jaelany 11 November 2010 pukul 23.44.00 PST  

sama aj sih,,,ada yang gratisan ga.......?????

Anonim,  9 Desember 2010 pukul 18.53.00 PST  

Namanya juga Unlimited. jadi ya harus unlimited juga sabar nya.
Mobi klo di daerah ku semarang ya sama aj. hahaha. harus sabar...

Anonim,  2 Januari 2011 pukul 20.42.00 PST  

lemot semua bos... cepet ke warnet yg speed tingggi.... hehehe kalo masih lemot maki2 aja yg jaga.... piss.... kiding aja

Muhammad Habibullah 10 Januari 2011 pukul 08.25.00 PST  

Wah kebetulan juga nih kang,, saya termasuk pemakai provider keduany.....hehehe
tapi ada komplien nih buat keduany
kalau untuk flexy kalau di bandingkan ama starone bagusan starone koneksiny, dan sering DC otomatis....:( tapi kelebihanny seluruh port dibuka....
kalau buat starone bagus emang koneksiny lebih stabil, tapi satu yang bikin kesel di akhir-akhir ini,, terkadang port2 game sering timeout dalam waktu hitungan bermenit-menit...hehehe...dan begitu juga forum2 indo seperti kaskus dll...

Anonim,  15 Januari 2011 pukul 00.38.00 PST  

sory gays....gak usah cepet2,,pelan-pelan ja dan ati-ati yang penting selamat...keluarga menanti dirumah,,,hahahahahahh

Anonim,  3 Februari 2011 pukul 19.30.00 PST  

y starone setiap 1Mb dc, kalau buat download g enak banget... hehehehe

Watcher,  11 Februari 2011 pukul 03.42.00 PST  

Ibarat jualan esteh (provider) : Kalo ada 10 gelas et teh untuk jatah 10 orang, trus yang minum ampe 40 orang.. kira2 1 orang dptnya berapa coba....?!!

seharusnya kalo ada 40 orang ya (kuota) estehnya di tambahin dong jadi 40 gelas, biar semua dpt masing2 1 gls. Lha ini jualan esteh (layanan internet) gak modal..es teh untuk 10 orang dijual ke 40 orang, padahal harganya sama (Rp. 2500/Hari, 45.000/Bln).

Tiap BTS kan ada maksimal kuota pemakainya BOSS!! Kalau pelanggan bertambah banyak, seharusnya tambah dong kuotanya... bknya malah yang sudah ada dibagi-bagi...kan jadi dpt dikit en mlh kdang gk kebagian...IBARAT kita bayar harga 1 gelas esteh, tapi dptnya 1 tetes???!! udah gk beres nih provider..

Anonim,  9 April 2011 pukul 03.36.00 PDT  

flexi lemotnya juara,,
starone rajanya disconnect

Anonim,  19 April 2011 pukul 11.34.00 PDT  

hariry. Aku sih setuju penjajah oleh bangsa terhadap anak bangsa.operator versus kenyataan pahit.tapi juga susah untuk internet murah semisal rtrw net malah mennampung kesamaan aspirasi untuk sama sama membayar secara rata/patungan dan tepat waktunya broo susah minta ampun. pilihan broadband alternatifnya yaaah harus punya 2 jenis modemlah sambil tunggu angin barat dan timur tarif jatuh murah sinyal stabil operator tdak mengenjot pelanggan tampa kesiapan manufaktur jaringan yang memadai,tapi dah kebiasaan bangsa ini seperti kran air yang tidak stabil ngalirnya. 100 tahun lagi lah indonesia kualitasmu untuk koneksi baik walau aku dah jadi tanah.

Zoldic,  26 Juni 2011 pukul 06.36.00 PDT  

flexy dulu lancar2 aja kalo dah malem, eh mulai beberapa hari yg lalu siang malem tetep gk waras koneksinya sampe sekarang.....

Anonim,  4 Juli 2011 pukul 09.10.00 PDT  

Flexi dan StarOne, dua duanya ada bagus dan jeleknya dari pada tidak ada layanan sama sekali. Yang paling menjengkelkan kalo StarOne sudah disconek, maunya mintak restart komputer atau laptop. Kalau tidak di restart kagak bakalan mau nyambung lagi. Makanya Gua tinggalin aja tuh dua-duanya. Mendingan pakek Telkom Flash Un Limited Rp. 50.000,- Ada singnal 3G nya lagi. Walau agak lambat tapi untuk multi media dan video streaming masih bisa lah.

didi,  15 Agustus 2011 pukul 03.55.00 PDT  

aku pake fren,sekarang aku mau coba 2 2nya nih hmm....fren vs starone vs flexi....who is the winner...

Anonim,  21 September 2011 pukul 08.01.00 PDT  

Fleksinet,bener2 bwt org hbs ksabaran........leletnya bukan main!!!

furniture-jati 16 Februari 2012 pukul 06.50.00 PST  

post yang sangat bagus sekali,,
salam kenal,,

patung pahat 16 Februari 2012 pukul 06.51.00 PST  

tidak bisa komentar apa-apa,

salam kenal,,
patungpahat.com

Bahaya Kanker Serviks 17 Mei 2012 pukul 06.56.00 PDT  

Mkasih nih informasinya moga sukses trus gan...

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.