Mencari Pembeli Melalui SEO [STUDi KASUS]

Apa mungkin ..? apa bisa ..? jawabannya adalah YA!. Bukankah itu tujuan akhir SEO dalam bisnis online dan internet marketing. Berada di urutan atas mesin pencari hanya sebagai jalan untuk menciptakan traffic dan pengunjung (yang tertarget dan berkualitas) tentunya. Setelah pengunjung datang melalui sebuah kata kunci tertentu, pengunjung pasti membutuhkan sesuatu berkaitan dengan kata kunci tersebut. Lalu sampailah pengunjung tersebut pada website Anda dan membaca isi (konten) Anda tentang penawaran barang atau jasa atau apapun yang coba Anda tawarkan melalui Internet. Dan di sinilah ujung dari SEO terpenting.

Disini saya tidak akan membicarakan bisnis online dan internet marketing berskala besar seperti afiliasi, jualan e book, software dan lain seterusnya. Saya hanya coba untuk sedikit memberikan gambaran sejelas mungkin tentang bagaimana sih mekanismenya bisa mendapatkan pembeli atau pelanggan dari Internet dengan memanfaatkan website dan tentunya dilengkapi dengan SEO.Secara lebih khusus adalah ditujukan kepada produk produk atau barang dagangan apapun seperti komputer, hardware, layanan jasa service, jualan baju online dan lain semacamnya atau mungkin lebih jauh lagi bisa disebut "toko online".

Namun sebelumnya mohon ma'af untuk para master dan para juragan, saya bukan bermaksud sok tahu atau menggurui siapa saja. Kayak sudah berhasil aja berani bikin tulisan kaya gini?. Nah itulah yang saya takutkan. Sekali lagi maaf ya ...

STUDI KASUS
Saya sebenarnya adalah praktisi di bidang jual beli komputer dan hardware baik baru maupun bekas. Memang sudah sejak lama dan itu pula yang mendukung tiap detik nafas yang saya hirup setiap harinya sampai saat ini. Singkat cerita saya bikin sebuah blog yang saya isi dengan menu utama tentang tips komputer dan hardware bekas. Ok..bagi yang berkenan berkunjung silahkan datang aja melalui google dengan mengetik kata kunci "Tips komputer bekas" atau " Tips Harware bekas" di search bar pada browser Anda. Insya'allah ada di urutan atas kayaknya :D)...Jangan di ketawain ya.. blognya ancur abis..!!

Blog tersebut saya isi tips apa saja berkaitan dengan komputer dan hardware bekas. Bahkan sampai tips mencari chasing bekas juga ada di sana dan beberapa tips repair / service komputer dan laptop. Blog tersebut sengaja tidak saya promosikan melalui tukar link, chatbox dan lain sebagainya sebagaimana biasa pe bisnis online melakukan promosi pada blog blognya. Blog tersebut sengaja saya serahkan sepenuhnya kepada Google dan peliharaan kesayangannya yakni : Spider.

Kenapa begitu?. Ini saya maksudkan agar orang yang datang ke website saya adalah orang yang sedang mencari komputer atau hardware bekas. Saat ini blog tersebut mempunyai pengunjung harian 20 sampai 30 pengunjung, yang kesemuanya datang dari sebuah kata kunci berkaitan. Sejak satu bulan yang lalu, Saya coba tampilkan beberapa iklan barang dagangan milik saya sendiri [komputer dan hardware bekas] di bagian sidebar.

Cerita berlanjut ... setelah kurang lebih 1 bulan ini saya membuka alamat e mail khusus yang saya gunakan untuk menampung peminat barang dagangan di blog komputer bekas tersebut. Dan inilah yang tidak begitu saya harapkan. Saya mendapatkan beberapa email dari pengunjung "tips komputer bekas" yang menanyakan alamat dan no hp yang bisa dihubungi dan berminat kepada beberapa hardware yang saya pajang di blog tersebut. Tampaknya mereka lebih senang mengirim e mail langsung dari pada menulis komentar terlebih dulu di kolom komentar yang saya sediakan.

Tadinya saya berpikir mereka yang tertarik akan menulis komentar dulu baru kemudian mengirim e-mail. Itu yang menyebabkan saya tidak membuka e mail tersebut sejak saya buat. Baru setelah ada satu komentar begin "Mas tolong dong kirim penawaran untuk harga paket komputer baru dan bekas untuk warnet .. trim.." baru saya teringat untuk buka e mail. Dan ternyata ... ada 7 buah e mail sejenis seperti : " bla bla bla ..... udah laku belum mas, saya mau .. ada no hp yang bisa dihubungi gak..?" dan lain sebagainya.

ANALISA KASUS
Secara umum, orang yang mencari informasi seputar tips komputer bekas, hardware bekas dan seterusnya adalah orang yang sedang membutuhkan dan mencari komputer atau hardware bekas. Nah untuk memantapkan keputusannya dalam membeli komputer dan hardware bekas, mereka merasa perlu untuk mencari pengetahuan seputar hal tersebut, mungkin dengan tujuan agar tidak "keblondrok" [tertipu sengaja atau tidak membeli barang bekas yang ternyata ancur].

Nah.. ketika orang tersebut mencari tips komputer bekas melalui mesin pencari, singkatnya orang tersebut sampai pada website atau blog yang berisi tips komputer bekas. Seperti di blog saya misalnya, orang mencari hardisk bekas, kemudian orang tersebut sampai pada salah satu posting saya tentang tips hardisk bekas. Di sana selain mereka membaca tips, mereka juga melihat dan membaca iklan di sidebar yang juga terdapat iklan harddisk bekas. Sampai pada titik ini, berapa besar kemungkina orang tersebut akan mengirim email kepada saya, atau menelpon saya secara langsung? apa lebih dari 50% menurut Anda? jika ya.. bukankah itu permulaan yang cukup bagus?.

Kesimpulan
Terjawab bukan pertanyaan di atas? Apa bisa mendapatkan pembeli dari Internet menggunakan SEO? silahkan simpulkan sendiri tentang hal ini.

Saya sudah melihat banyak situs berbentuk "TOKO ONLINE" yang hanya menampilkan list dan gambar serta daftar harga barang dagangan saja. Saya tidak melihat ada satupun artikel berkaitan di sana. Saya mencoba survey sedikit di mesin pencari dengan kata kunci yang saya karang sendiri sesuai tema situs "TOKO ONLINE" tersebut dan CLING..!!! sampai halaman ke 3 SERP tidak ada. Sementara satu satunya kata kunci yang membuat situs tersebut ada di urutan [halaman pertama] hanyalah kata kunci "NAMA DOMAIN" dengan ditulis persis. Dan ketika NAMA DOMAIN itu saya pisah menjadi dua kata, Situs itu juga menghilang sama sekali, padahal mereka menggunakan TOP LEVEL DOMAIN. Saya berpikir, dari mana mereka dapat pembeli dan pelanggan baru dari Internet?

Dalam kasus "TOKO ONLINE" di atas saya bependapat bahwa mereka tidak memikirkan apa yang dibutuhkan calon pelanggan mereka, tetapi sebaliknya mereka hanya memikirkan dagangan mereka sendiri. Saya akan merekomendasikan artikel2 seputar "Tips Cantik" atau "Tips memilih busana muslim yang cocok untuk muslimah" atau artikel lain seputar busana dan pakian jika itu adalah TOKO ONLINE BUSANA MUSLIM misalnya.

Ini adalah untuk keperluan mesin pencari dalam hal ini SEO. Ingat, Pesaing Anda berlomba mati-matian untuk berada di urutan atas mesin pencari demi mendapatkan pembeli dan pelanggan, sementara Anda hanya memajang poto barang dagangan Anda..?? yang benar saja ....

Tips : Jika Anda berbisnis online [TOKO ONLINE], lalu anda tidak mau direpotkan dengan SEO dan segala ablukadhut nya. Ada dua hal yang bisa dilakukan:
1. Pasang iklan di PPC baik lokal maupun interlokal (malah kaya wartel aja ni..). Ini yang TERMUDAH tapi TIDAK GRATIS! alias harus bayar. Tetapi jangan pikir bisa sembarangan, banyak juga hal yang harus diperhatikan sebelum beriklan di PPC berbayar. Apalagi jika di Google Adsense, bisa2 bangkrut.
2. Bayar seseorang yang mengaku AHLI dalam SEO untuk mengurusi SEO anda. Banyak di luar sana penjual JASA SEO ini.
3. Gunakan layanan submit otomatis atau manual website TOKO ONLINE anda ke situs2 iklan baris gratis.

Terimakasih
Jika membaca artikel ini sampai habis, maka cocok sekali jika dibaca juga:
| Mulai Bisnis Online dari Rumah Anda | Step by Step SEO, mudah dan gampang | Dan artikel lain dalam label Bisnis Online dan Artikel SEO.

Postingan yang setopik

0 Comments:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.