Mei 02, 2010

Temukan Bug Mozilla dibayar $500(US)

Jika disebut bisnis online mungkin boleh juga. Tetapi ini bukan sembarang bisnis online di internet, karena ini bukan jenis biasa seperti afiliasi, PPC apalagi jualan e-book. Menemukan bug pada sebuah software atau program bukanlah hal mudah. Oleh sebab itulah Perusahaan kelas dunia pembuat browser paling terkenal, yakni Mozilla.org, berani membayar sejumlah 500 Dollar US atau setara dengan hampir RP. 5,000,000 (Lima Jeti Bro) buat siapa saja yang mampu menemukan BUG pada semua produk dari Mozilla. Produk ini meliputi kurang lebih Mozilla Suite, Mozilla Firefox dan juga Thunderbird.

Mozilla Security Bug Bounty Program (http://www.mozilla.org/security/bug-bounty.html), Itulah program khusus dari Mozilla ini diberi nama. Program ini dibuat bukan tujuan untuk menantang para Hacker atau hal lain, melainkan dengan tujuan semata-mata untuk menciptakan layanan clients Internet yang seaman mungkin. Terkhusus untuk semua produk Mozilla, yang memang terkenal selama ini dengan Internet Browser paling aman dan cepat yang pernah ada (KONON KATANYA).

Lalu BUG yang seperti apa saja yang bila dilaporkan akan diterima dan dibayar?. Tentu saja bukan BUG yang ringan, melainkan Keamanan BUG yang dalam kondidi kritis (parah). Selain itu BUG juga harus benar benar orisinil (belum pernah ditemukan), dan juga belum pernah dilaporkan. Untuk kriteria kriteria lain silahkan lansung kunjungi saja situs resminya Mozilla Security Bug Bounty Program (http://www.mozilla.org/security/bug-bounty-faq.html).

Laporan BUG yang diterima sesuai kriteria yang Ada, selain akan mendapatkan bayaran $500 (US) juga akan diberikan sebuah T-shirt. Dalam salah satu keterangan disebutkan, jika ada yang melaporkan satu BUG (yang sesuai kriteria) lebih dari 1 orang dalam waktu yang sama dan jelas terbukti penemuan BUG yang orisinil, maka bayaran $500 (US) akan di bagi rata untuk 2 pelapor. Lalu bagaimana dengan T-shirt nya jika ada  2 pelapor? dibagi 2 juga kali ya..? Pelit amat Mozilla.

Selain itu, mereka juga mungkin akan mengajak baik secara langsung maupun tidak, untuk bekerja sama dengan tim keamanan Mozilla dalam hal ini secara umum adalah produksi ulang (reproducing), diagnosing dan fixing the BUG pada Mozilla. Dalam proses ini mereka (tim scurity Mozilla) juga akan mengijinkan akses penuh ke forum internal khusus Mozilla yang mendiskusikan seputar masalah BUG khususnya di Mozilla.

Apakah Anda seorang yang suka otak atik mencari BUG .. ? silahkan oprek Mozilla sesuka Anda. Jika menemukan BUG, laporkan saja. Kalo beruntung BUG yang ditemukan adalah BUG yang sesuai kriteria, maka 5 juta masuk kantong dengan damai. Cuma, moga aja yang menemukan dan melaporkan 1 orang saja ya, biar T-shirt nya utuh..:D)

1 komentar:

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.