Juni 12, 2010

Macam jenis website dan pengguna Internet

Sebenarnya siapa saja para pengguna internet di seluruh dunia? sekarang sepertinya semua orang sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari harinya. Bahkan banyak juga yang menggantungkan hidupnya dari internet. Pelaku bisnis online dan internet marketer misalnya. Mereka menghabiskan waktunya di atas keyboard untuk menangani bisnis mereka yang dijalankan secara online. Mahasiswa juga menggunakan internet ketika mereka mencari data dan bahan bahan untuk makalah atau skripsi. Anak sekolahpun demikian, mereka menggunakan internet untuk mendapatkan bahan dan referensi tugas tugas sekolah seperti paper dan lain sebagainya. Saya kita tidak diragukan lagi jika semua orang kini menggunakan internet.

Pengguna internet di seluruh dunia terbagi menjadi beberapa bagian jika dilihat dari cara menggunakannya. Pertama: Pengguna murni, User ini sepenuhnya menggunakan internet untuk keperluan dirinya, maksudnya mereka menggunakan internet untuk mencari data, baik itu lagu, makalah, artikel, paper, berita, tips dan trik dan lain sebagainya dan tidak ada maksud lain kecuali untuk dikonsumsi secara pribadi atau dibagikan kepada orang lain secara langsung (tidak melalui website, blog dsb).

Kedua, Perusahaan. Perusahaan menggunakan website atau blog sebagai media promosi dan memperkenalkan perusahaan mereka secara lebih luas melalui internet. Website perusahaan biasanya berisi terutama profil perusahaan (company profile), produk produk, servise, info layanan, info kontak, alamat lokasi perusahaan dan beberapa kegiatan perusahaan seperti kegiatan peduli, kegiatan amal dan lain sebagainya.

Ketiga, Website pemerintah. Website ini digunakan oleh pemerintah untuk informasi terbuka yang bisa diakses oleh siapapun pengguna internet dan berisi informasi tentang program pemerintah, informasi pembangunan dan informasi informasi lain yang berkaitan dengan pemerintahan. Setiap Departemen yang ada dalam pemerintahan mempunyau website sendiri sendiri sesuai bidang yang ditangani.

Keempat, website instansi. Maksudnya adalah seperti website khusus milik sekolah, Institut, Universitas dan lain sebagainya. Website ini berisi informasi tentang yang berkaitan dengan instansi. Seperti website Universitas, berisi informasi pendaftaran mahasiswa baru, informasi susunan kepengurusan, repositori, data mahasiswa dan info lain seputar kegiatan kegiatan kampus.

Kelima, Website bisnis online. Website ini jelas berisi informasi bisnis online dan produk produk bisnis online dan bahkan dipenuhi oleh iklan iklan, rekomendasi dan link link yang mengarah ke penjualan pada titik akhirnya. Terdapat banyak sekali bagian bagian yang mengarah ke komersial dan memang itulah tujuan utama dibuatnya website tersebut. Jenis ini sedikit berbeda dengan blogger.

Keenam, Blogger. Para blogger secara umum adalah orang orang yang membuat blog dan mengisinya dengan apa saja sesuai yang mereka inginkan. Bahkan banyak blog yang hanya berisi curahan hati, cerita harian, cerita keluarga dan hal hal pribadi lainnya. Dalam blog ini biasanya tidak ada bagian making money nya. Tetapi seiring perkembangan bisnis online, blog blog semacam ini sekarang juga banya berisi iklan iklan baik itu PPC, survay online, PTC, link afiliasi dan lain sebagainya. Hal itu karena memang sangat terbuka kemungkinan untuk digunakan sebagai penghasil uang tambahan atau penghasilan sampingan. Fakta banyak blogger yang tidak menggunakannya sebagai media mencari uang. Banyak juga blog yang hanya digunakan untuk menyebarkan kebaikan dan dakwah. Seperti contoh ada blog yang hanya berisi kumpulan khotbah jum'ah misalnya.

Ketujuh, Pengguna Social media. Mereka menggunakan internet untuk aktifitas bersosial lewat internet. Kenapa saya membuat point sendiri untuk pengguna social media ini. Fakta social media begitu mencengangkan. Pengguna Facebook kini mencapai lebih dari 450 juta pengguna aktif jauh melebihi pengguna layanan Email gratis seperti Gmail dan Yahoo!. Coba kita pelajari bersama pendapat saya berikut ini..benarkah?. Seseorang yang mempunyai akun Gmail dan Yahoo belum tentu mengkases akun email mereka setiap hari. TAPI mereka pasti mengakses Faceboo atau Twitter setiap hari atau bahkan setiap jam. Bagaimana? Fakta juga banyak orang menggunakan internet hanya untuk sosial media facebook misalnya.

Itulah menurut saya jenis pengguna internet dalam menggunakan internet. Dari semua macam jenis tersebut, bisa saja menjadi pengguna kesemuanya. Pe bisnis online dan internet marketer misalnya. Mereka mempunyai website, membuat dan mengelola blog (sebagai blogger), mengakses informasi dari mana saja, dan pastinya mereka juga sebagai pengguna social media. Tidak bisa digambarkan betapa kompleknya jika dibuat sebuah tabel. Pada saat ini bisa saja semua orang menjadi semua jenis pengguna internet. Perpaduan semua elemen yang ada digunakan dalam berinternet.

Para blogger yang ber bisnis online di internet tentunya bukan saja mengelola blog, tetapi mereka juga menggunakan social media, mereka juga mengakses apa saja yang bisa diakses yang kesemuanya berkaitan untuk mendukung kegianan blogger dan bisnis online. Nah bagaimana dengan Sobat? apa sobat termasuk blogger yang hanya ngeblog dan tidak mencoba cari uang di internet? atau Sobat hanya menggunakan internet untuk berfacebook dan bertwitter ria? atau sobat hanya menggunakan internet untuk mencari informasi sesuai kebutuhan Sobat? atau bahkan Sobat menggunakan semuanya bersama sama?

2 komentar:

  1. Informasi yang bagus mas,tergantung dari kebutuhan ajalah.. kalo buat porno,ya itu dah beda lagi...hahha

    BalasHapus
  2. Kalo jenis itu masuknya tetep jenis website pebisnis online Tam..cuma yang di bisnis online kan yang beda...dan juga webmasternya, webmaster 'lendir' istilahnya..hah ha

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.