Juni 08, 2010

Riset kata kunci untuk posisi lebih baik di search engine

Riset kata kunci atau 'keyword research' adalah salah satu hal penting terutama dalam hal mendapatkan traffic yang alami (organic traffic) dari search engine. Keyword research yang tepat dan bagus bermanfaat untuk membidik target kata kunci mana yang dapat mendatangkan traffic dan tentunya mendapatkan posisi bagus di halaman hasil pencarian pada mesin pencari (SERPs).

Ini adalah tentang mengevaluasi pesaing (website kompetitor). Kesalahan dalam riset kata kunci akan berakibat fatal dan menghabiskan waktu dengan sia sia saja. Berikut ini 5 hal yang perlu diperhatikan pada saat mengevaluasi website atau blog yang berada di sepuluh peringkat teratas Google SERPs.

Perhatikan PageRank
Kita tahu secara dasar bahwa PR tinggi menunjukkan tingkat penting tidaknya sebuah website. Paling umum penilaian Google adalah dari banyakya link ke situs dan relevansi. Perhatikan apakah 10 website kompetitor Anda mempunyai PageRank yang tinggi? Jika iya maka lebih baik mencari keyword yang lain.

Jika 10 situs di urutan pertama Google mempunyai rata rata PR6, lebih baik segera beralih mencari keywird lain. Tetapi jika hanya PR 4 kebawah silahkan teruskan upaya keyword research ini. Temukan, kadang kadang situs situs dengan PR 4 ke bawah yang ada di urutan 10 besar mesin pencari dengan kata kunci tertentu, seringkali tidak mentarget kata kunci yang ANda bidik. Disinilah kesempatan untuk masuk dan bersaing dalam kata kunci itu dengan mengupayakan backlink yang lebih baik dan tentunya SEO yang lebih ok pula, baik onpage maupun offpage seo.

Intensitas pesaing
Apakah situs situs yang ada juga mentargetkan kata kunci yang Anda bidik?apakah mereka menggunakannya di title, url, image tag di konten dll?. Kita tahu Google dapat menemukan kita melalui banyak cara dan kemungkinan. Maka tempuh semua cara dan kemungkinan itu yang mungkin tidak terdapat di situs pesaing kita.

Sebagai contoh, taruhlan mereka para pesaing telah dengan bagus melakukan SEO onpage misalnya, perhatikan apakah mereka juga bagus dalam seo offpage.

Domain Age atau umur website
Umur situs atau yang sering kita kenal dengan 'site age', dapat menjadi faktor dalam penentuan situs mana yang perlu ditampilkan di halaman hasil pencarian sesuai dengan kata kunci atau frase kata kunci tertentu. Disinilah mengapa biasanya yang berada di 10 besar kebanyakan situs yang sudah cukup berumur.

Lalu bagaimana dengan niche sebuah situs? apa berpengaruh?. jelas berpengaruh. Banyak situs situs yang ditampilkan di urutan 10 besar, padahal isi kadang tidak relevan sama sekali. Ini hanya karena situs dengan isi yang relevan kalah dalam hal seo, backlick dan paling jelas biasanya kalah dalam hal siteage atau umur domain.

Jumlah backlink
Untuk mentarget kata kunci baru untuk website baru, tentunya dibutuhkan backlink yang tentunya dipunyai oleh kompetitor Anda dengan baik sekali. Perhatikan jumlah backlink kompetitor dengan menggunakan tool seperti seo elite(tidak gratis), atau menggunakan tool tool yang lain yang gratis.

Kita tahu jumlah backlink selain berpengaruh terhadap PR juga berpengaruh terhadap hasil pencarian di mesin pencari. Banyak webmaster menyarankan untuk konsentrasi pada backlink ke halaman utama dan bukan ke halaman tertentu posting dll).

Kualitas backlink(s)
Ini juga kadang diacuhkan oleh kebanyakan orang. Tidak cukup hanya memperbanyak backlink saja tetapi kualitas backlink juga penting diperhatikan. Seperti contoh jika terdapat backlink 1000 saja mengarah ke website kita, sementara kebanyakan hanya dari PR0 sampai PR1 saja, apalagi jika kebanyakan juga nofollow, jelas tidak akan berpengaruh banyak terhadap rangking mesin pencari.

Backlink yang baik biasanya, berada di halama utama (blogroll), ditulis lengkap dengan rel dofollow dan anchor text yang sesuai dengan kata kunci kita. Terlebih jika website yang link ke kita adalah sefaham (relevan) dan mempunyai PR yang lumayan. Ini akan langsung berpengaruh telak terhadap posisi pencarian website kita di mesin pencari. Untuk mengalahkan kompetitor, tentunya harus mempunyai backlink yang lebih baik agar mesin pencari juga lebih baik kepada website kita.

Melakukan riset kata kunci (keyword research) memang melelahkan dan memakan waktu, tapi apa boleh buat karena ini penting jika ingin posisi lebih baik di mesin pencari. Ingat..kompetitor dengan posisi tinggi juga melakukan hal yang sama sebelumnya.

6 komentar:

  1. Uraian yang bagus, memberi pengetahuan yang diperlukan oleh para calon pebisnis online.
    Thaks 4 u

    BalasHapus
  2. Terus terang saya kagum dengan blog ini. Blog gratisan tetapi PRnya 3, luar biasa.
    Kalau boleh tahu, optimasi bagi blogspot yang paling ampuh apa ya...

    BalasHapus
  3. Biasa aja mas..jgn berlebihan..banyak kok yang pr-nya 4 bahkan 5 atau 6..

    optimasi blgspot paling ampuh? kalau saya pribadi lebih suka mnggunakan metode konten. Seo onpage biasa saja, ofpage juga biasa saja, karena saya bukan aliran yg menghabiska waktu untuk mencari backlink, tukar link apalagi cari pengunjung lewat chat, twitter atau FB. saya lebih suka menghabiskan waktu untuk browsing mencari informasi yg saya inginkan, sekalian cari tambahan pengetahuan dan tentu mencari bahan untuk posting.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.