Juli 07, 2010

39% cewek akses facebook tepat setelah bangun tidur(STUDI)

Selalu menarik untuk membicarakan facebook yang penuh dengan isu pelanggaran privasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Oksigen Media dan Lightspeed Research, tentang perempuan pengguna facebook, menghasilkan salah satu kesimpulan bahwa kebanyakan wanita (1/3) membuka facebook tepat setelah mereka bangun tidur. Itu artinya sebelum masuk ke kamar mandi dan bahkan menguap untuk pertama kalinya :D).

Beberapa penelitian lain tentang tren pengguna facebook telah banyak kita baca. Satu penelitian tentang facebook yang berkaitan dengan pengguna cewek menghasilkan 42% dari sekitar 1600 sampel kebiasaan mengatakan bahwa perempuan muda (18 s/d 34 tahun) memposting foto mereka secara membabi buta dan dengan penuh keikhlasan.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa wanita muda kisaran umur 18-34 tahun lebih dari 57% hanya bincang bincang biasa dengan pengguna lain di facebook. 39% dengan bangga menyatakan sebagai pecandu facebook dan 34% mengatakan bahwa facebook adalah hal pertama yang mereka lakukan di pagi hari saat bangun tidur, sebelum mereka menggosok gigi atau mandi.

21% wanita mudan 18-34 membuka facebook pada tengah malam (bangun tidur, cek facebook, trus tidur lagi)
63% menggunakan facebook sebagai jaringan pertemanan biasa
42% senang mengupload foto diri dengan bangga
79% merasa ok ok saja mengupload foto berciuman di facebook
58% menggunakan facebook untuk mengawasi teman teman
50% Menjadikan facebook untuk berbicara dengan orang asing.

Tampaknya, facebook benar benar telah mendarag daging terutama pada kaum wanita yang berumur antara 18-34 tahun. Dan kasimpulan paling berbahaya adalah bahwa wanita muda intinya bersikap sangat terbuka di facebook. Ini diyakini juga sebagai penyebab kasus privasi lain di facebook.

Semenatara itu, sudah bukan rahasia lagi jika jejaring social seperti facebook dijadikan sebagai media untuk kencan. Point lain dari penelitian Oksigen mengatakan 50% perempuan merasa ok ok saja berbagi apapun dengan orang orang yang hanya mereka temui melalui facebook. Bahkan sekitar 60% wanita menggunakan facebook untuk berkencan, sementara pria hanya 20 % saja yang menggunakan untuk kencan.

Dalam soal hubungan pria wanita, 49% perempuan merasa ok ok saja mengawasi pacar atau pasangan mereka melalui facebook, serta laki laki juga hampir para prosentase yang sama. Dan 9% perempuan mengatakan bahwa mereka putus hubungan melalui facebook, sementara laki laki yang putus hubungan melalui facebook prosentasenya lebih banyak. Tapi 90% wanita berpendapat bahwa mereka tidak merasa nyaman putus hubungan melalui facebook.

Facebook, cewek dan privasi
Baik Oksigen maupun Lightspeed, banyak point menarik dari penelitian STUDI mereka yang intinya konsentrasi pada masalah PRIVASI. 54% dari wanita muda berumur 18-24 tahun tidak mempercayakan informasi probadi mereka kepada facebook, dan 89% merasa Ok ok saja untuk berhati hati dan tidak mengupload apapun yang bersifat pribadi di facebook. Tampaknya yang ini bertentangan dengan hasil masalah upload foto di atas ya..?

1 komentar:

  1. Bangun tidur facebookan? apa gak perih tuh mata....

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.