Juli 02, 2010

Google luncurkan statistik untuk blogger

Seperti kita tahu statistik pada blogger sangat diperlukan, terutama bagi blogger yang tidak ingin ketinggalan dan terus memantau perkembangan website atau blognya setiap hari dan bahkan setiap jam atau menit. Perkembangan yang paling sering dipantau mungkin seperti peningkatan pengunjung, dari mana asal pengunjung, kata kunci pendatang traffic dan lain sebagainya. Terlebih buat blogger yang serius dalam bisnis online misalnya, statistik ini tentu menjadi salah satu kebutuhan hariannya.

Nah..selama ini banyak kita kenal statistik seperti dari histats.com yang dapat mencatat jumlah visitor, datang dari kata kunci apa saja, asal visitor, page populer dan seabreg stats lainnya yang selalu menarik untuk kita cermati dalam memperhatikan perkembangan blog kita. Dan bukan hanya histats.com sama, tapi banyak lagi web lain penyedia layanan statistik ini dan kebanyakan juga gratis. Bahkan dari lokalpun sempat muncul statistik yakni indostats dot com, tapi sayang beberapa minggu yang lalu dinonaktifkan oleh juragannya setelah sebelumnya memang sering mengalami error saat diakses.

Seperti apa stats dari Google ini? mari kita lihat..

Cara melihat stats blogger:
Login blogger > terus lihat gambar berikut:
Mirip Google analytics? tampilan mungkin iya. Tapi fitur yang tersedia bagaimana?. Apa fitur yang ada sudah memenuhi kebutuhan informasi yang sobat perlukan dalam memantau perkembangan perbloggingan sobat? atau fitur yang ada masih jauh dari harapan dan masih hanya "SEKEDAR" saja?. Konon katanya sih 'hampir' real time statistiknya, tapi yach...begitulah adanya silahkan sobat menilainya..

5 komentar:

  1. Saya tidak melihat ada fitur2 yang saya perlukan seperti kata kunci. dan juga tidak ada banyak pilihan di sana...moga kedepannya Google lebih lengkap lagi dech..

    BalasHapus
  2. Ya begitulah sob adanya.
    dan buat tambahan saja, bahwa statistik blogger ini hanya bisa jika masuk menggunakan draft.blogger.com bukan www.blogger.com
    thank..

    BalasHapus
  3. Kalo cuma gitu blm banyak manfaat kayaknya...

    BalasHapus
  4. kalo saya masih lebih suka pake yg Analytics atau stats yang lain aja,..

    BalasHapus
  5. mungkin dengan google analytics juga bisa memantau seberapa banyak pengunjung yang datang ke blog kita?

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.