Agustus 02, 2010

Tips Maksimalkan Facebook (FB) Marketing

Sudah pada tahu kan social media marketing? khususnya Facebook. Facebook marketing saat ini menjadi salah satu media internet marketing paling populer, bahkan ada yang menganggap satu tingkat di atas Google (search). Ini tidak mengejutkan karena memang angka pengguna yang jauh lebih besar ketimbang Google. Memang ada perbedaan jelas antara keduanya dalam marketing. Facebook (FB) adalah media social sedangkan Google adalah mesin pencari. Namun keduanya sama atau hampir sama dalam hal pemanfaatan soal marketing. Dengan jumlah pengguna mencapai 500 juta lebih, siapa yang menyangkal bahwa Facebook adalah media marketing yang sangat bagus? Tidak heran para internet marketer sukses menggunakan Facebook sebagai media periklanannya.

Berikut ini adalah tips memaksimalkan Facebook sebagai alat marketing kita dalam bisnis online:

Buatlah halaman yang menarik
________________________________________________________________
Halaman yang menarik tidak harus penuh dengan informasi yang ribet. Tampilkan informasi seperlunya saja dan pamerkan foto yang menurut Anda ter'sexy' yang ada. Biasanya orang orang akan lebih suka menjadi teman dengan profil yang jelas secara perorangan ketimbang profil sebuah perusahaan besar misalnya.

Pisahkan profil bisnis dengan profil pribadi
_________________________________________________________________
Alasan tentang ini adalah akan lebih terlihat profesional tentang bisnis online Anda. Akun pribadi Anda tentunya berisi teman teman dekat dan bahkan keluarga bukan? dan apa yang dishare disana tentu bukan tentang bisnis Anda kebanyakan, tetapi tentang sesuatu yang bersifat pertemanan, privat dan kadang kabar keluarga. Nah bisa kacau bukan jika posting tentang bisnis Anda bercampur dengan posting paman yang marah, karena sepeda yang dipinjam bahan bakar habis yang tidak Anda diisi lagi.

Buat rencana matang tentang posting Facebook
_________________________________________________________________
Rencanakan dengan matang apa yang ditargetkan kepada fan Anda?rencanakan bagaimana kira kira membuat halaman facebook yang menarik dan unik?Bagaimana merespon kritikan dan pujian yang datang dari pengikut?. rencanakan semua agar jangan sampai berakibat fatal dan menghilangkan kesempatan. Kita banyak melihat banyak admin group di Facebook yang justru membuat kita gerah dan ingin keluar dari group tertentu karena mereka seperti menghujani kita dengan promosi dan tawaran pembelian. Kebanyakan orang pasti akan acuh dan tidak jarang malah keluar dari group Anda.

Pamerkan brand di halaman Facebook (FB)
_________________________________________________________________
Buatlah page di Facebook semirip mungkin dengan logo website atau perusahaan. Warna dominan yang sama, atau icon icon lain yang menjadi cirikhas website atau perusahaan. Tetapi tetap jangan berlebihan, karena bila kebanyakan graphic, loading facebook akan jadi lama dan ini pertanda kurang baik untuk pengikut kita.

Aktif berinteraksi dengan siapa saja
_________________________________________________________________
Aktiflah berpartisipasi dalam diskusi tentu sangat bagus untuk menjalin pertemanan dan tentunya menambah pengetahuan. Gabunglah dengan group yang beraliran sama, dan sesekali tawarkan tips atau tutorial yang bermanfaat.Ikutlah memberikan jawaban bila ada pengguna lain yang bertanya tentang sesuatu, tentu bila Anda merasa tahu dan membidangi masalah. Biarkan orang lain untuk menyatakan setuju dengan Anda atau tidak, jawablah dengan bijaksana dan menarik. Bukan malah mengajak berdebat dan sok pintar sendiri. Bisa tamat riwayat Facebook marketing Anda.

Pancing fans Anda untuk ikut berbicara
__________________________________________________________________

Seperti komunitas sosial pada umumnya haruslah interaktif. Anda bicara dan fans Andapun berbicara. Dorong mereka untuk ikut bicara misalnya dengan menanyakan kepada mereka apa yang mereka tidak sukai dari fanpage Anda. Atau ajak orang lain untuk membagi ide dan tips apapun yang mereka punyai. Ini akan menjadikan fanpage Anda lebih hidup dan mendatangkan fans fans lebih banyak lagi.

Konsisten dengan usaha Anda
____________________________________________________________________
Penting untuk menunjukkan sikap konsisten Anda dengan mengupdate posting setidaknya sekali dalam sehari. Jikapun sedang tidak ada ide sama sekali, pastikan untuk login ke fanpage dan setidaknya menjawab pertanyaan atau sekedar partisipasi dalam diskusi misalnya. Jika tidak tampak dalam Facebook sehari saja, orang orang akan melupakan dan bergabung dalam page lain.

Usahakan untuk menggunakan semua media marketing yang ada, cobalah semua kemungkinan dalam marketing. Mau mencoba konsentrasi dalam internet marketing menggunakan media sosial?. Semoga tips diatas dapat sedikit membantu dalam mensukseskan Facebook Marketing Anda.

Artikel berkaitan:
____________________________
>> Pemasaran Internet menggunakan Social Media (SM Marketing)
>> Facebook dan twitter berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian
>> Pengguna Facebook lewati angka 500 juta lebih [official]
>> Pengguna Facebook lebih "Like" pada topik sex [STUDI]
>> Tidak bisa hidup tanpa sex dan smartphone [STUDI]
>> Social media sebagai alternatif SEO baru

2 komentar:

  1. Bagus sekali tipsnya, saya tunggu tips yang lain, utamanya marketing di facebook. Tq.'
    Lim : http://bantalsilikon.blogspot.com

    BalasHapus
  2. memang, sekarang Facebook lagi ramai digunakan baik melalui hp ataupun lewat komputer, sehingga menjadi alat yang paling jitu untuk pemasaran

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.