September 29, 2010

Mencoba Stats Gadgets dan Popular Posts dari Blogger

Sekitar dual bulan yang lalu, draft.blogger meluncurkan statistik khusus untuk blogger. Tampaknya hal ini disambut baik oleh kebanyakan penggunanya, walaupun banyak blogger yang kurang puas dengan fitur yang disediakan disana. Kini, blogger juga meluncurkan gadget statistik untuk ditampilkan di sidebar atau dimana saja Anda inginkan di halaman blog Agan2 semua.

Selain stats gadget, diluncurkan juga gadget untuk popular posts. Tampaknya ini berita baik untuk kebanyakan blogger yang selama ini mendambakan widget yang dapat menampilkan posting mana yang paling banyak mendapatkan kunjungan. Popular post widget dan stats widget dapat langsung ditambahkan dengan cara seperti biasa Agan semua menambahkan widget. Masuk blogger, rancangan dan tambah widget, disitu sudah ada tambahan pilihan menu untuk menambahkan kedua widget tersebut.

 Dan inilah hasil tampilannya:


Tentang kegunaan dan manfaat kedua widget tersebut, tentu saja tergantung dari siapa dan tujuan yang menggunakannya. Widget statistik yang tampil diblog tampaknya hanya menampilkan atau memberikan informasi berapa total pagewiew blog, dan tidak ada link yang mengarah ke data statistik tersebut. Artinya ini bisa digunakan sebagai ajang untuk "memamerkan" kepada pengunjung, betapa rame blog Agan.

Sementara itu widget popular post mungkin lebih bermanfaat. Popular post bisa dimanfaatkan untuk mengetahui posting mana saja yang paling populer, dan ini tentu saja mungkin dapat menarik perhatian pengunjung untuk kemudian tergiur dan meng klik pada link-link post populer. Selain itu mungkin kesan profesional akan bertambah, dengan menampilkan widget tersebut.

Setiap blogger tentu tidak semua menyukai setiap widget yang ditawarkan oleg blogger, silahkan sobat semua pertimbangkan sendiri untuk menggunakannya atau tidak. Tapi setidaknya ini adalah salah satu bentuk kepedulian pengelola blogger terhadap pengguna setianya.

Artikel berkaitan:
-----------------------------
>> Google luncurkan statistik blogger
>> Spam Comment inbox: fitur baru blogger
>> Pasang Fitur "Share" dari Blogger in Draft
>> Penyebab gagal menghasilkan uang dari Blogging
>> Situs Down? Apa yang harus dilakukan?

2 komentar:

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.