November 13, 2010

Virus Zombi Serang Jutaan Pengguna Smartphone di China

Lebih dari sejuta pengguna Smartphone di China telah diserang oleh virus yang menyebar di aplikasi smartphone dan menyerang buku alamat serta mencuri semua data dalam SIM card dan mengirimkannya kepada sang hacker. Kemudan hacker akan mengirimkan rentetan SMS yang berisi link-link yang menawarkan game dan software tertentu dan Virus akan menyebar pada Smartphone ketika link tersebut di klik. Sumber virus itu sendiri dipercaya datang dari aplikasi anti virus yang banyak tersedia di internet yang biasanya menyertakan label GRaTIS.

Menurut berita yang beredar, Virus Zombi ini telah mengambil kurang lebih 300 ribu Dollar US setiap harinya dari biaya SMS secara kolektif dari smartphone yang terinfeksi. Perusahaan2 telkom di China telah berusaha keras mengatasi virus ini, tetapi diduga kuat sang hacker justru mengirim SMS dalam jumlah lebih kecil dan lebih acak, sehingga makin membuat kesulitan bagi pengguna untuk mengenalinya.

Pada bulan agustus 200 juga dilaporkan adanya virus yang mempunyai cara kerja serupa, yang menyerang device (Smartphone) dengan OS Android. Bahkan, waktu itu hacker juga merencanakan membuat virus serupa yang ditujukan untuk smartphone dengan OS Windows Mobile, khususnya Video Games.

Buat pengguna Smrtphone di Indonesia khususnya yang menggunakan OS opensource seperti Android, untuk lebih berhati-hati jika mendapatkan SMS beruntun dari entah berantah (nomer tidak terdaftar dll), karena tidak menutup kemungkinan Virus semacam Zombi ini juga menyebar. Jangan klik link-link yang ditawarkan.

Berita teknologi berkaitan:
----------------------------
>> Hacker Membobol dan Menjual akun Facebook
>> Warning Virus Baru Penjebol akun Facbook
>> Facebook Masuk 10 Besar Sasaran Phishing
>> Telpon gratis menggunakan FB dan Vonage (Android apps)
>> Smart luncurkan EVDO Rev B di Pulau Bali.
>> Flexi akan luncrukan EVDO pada 2011

1 komentar:

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.