Januari 17, 2011

iPhone 4 Versi CDMA Akhirnya Nongol Juga

Setelah melalui pembicaraan dan proses yang cukup panjang antara pihak Apple dan Verizon Wireless, akhirnya Apple memutuskan untuk menghadirkan produk paling terkenal mereka iPhone dalam versi jaringan CDMA20001x EV-DO Rev. A. iPhone 4 CDMA diluncurkan oleh provider terkemuka di US, Verizon pada 2 Februari mendatang, dan pelanggan Verizon mulai bisa pre-order pada tanggal 10 di bulan yang sama.


Banyak orang bependpat positif tentang kehadiran "ponsel paling ditunggu" ini akan sukses di pasar wireless broadband di US dan mungkin di seluruh dunia, dimana terdapat banyak provider wireless yang menggunakan teknologi jaringan CDMA EV-DO Rev. A untuk konsumen mereka. Selain Verizon, kemungkinan di masa mendatang provider CDMA di US yang lain dengan basis teknologi yang sama, juga akan ikut membawa iPhone 4 CDMA ke pelanggan mereka.

Teknologi jaringan dan Hardware pada iPhone 4 CDMA
iPhone 4 ini sebenarnya lebih tepat untuk disebut iPhone 4 3G CDMA. iPhone 4 versi CDMA mendukung jaringan CDMA 20001x dan CDMA EVDO-Rev. A pada frekuensi radio CDMA 800 dan 1900 Mhz. Salah satu teknologi unggulan yang dibawa juga termasuk display retina, yang diklain mempunyai sensor khusus yang dapat menyesuaikan dengan retina mata seseorang yang berinteraksi dengannya. Dua buah antenna yang didesain khusus untuk menangkap sinyal EVDO juga disematkan di ponsel keren ini. Tetapi tombol volume pada iPhone 4 CDMA, tampaknya sedikit bergeser beberapa milimeter jika dibandingkan dengan iPhone 4 versi GSM yang telah hadir di pasar smartphone sebelumnya, sehingga chasing iphone 4 GSM jelas tidak akan cocok untuk yang versi CDMA.

Kehadiran iPhone 4 CDMA mungkin sedikit terlambat, dimana pada saat diluncurkan, dipasaran sudah terdapat banyak gadget keren dan canggih dengan OS canggih pula. Sebut saja produk smartphone dari HTC, Samsung, dan Motorola yang hampir semua menghadirkan OS mobile paling keren saat ini, Google Android, dan juga mungkin OS Mobile terbaru keluaran Microsoft, Windows Phone 7. Namun faktor "lain" tampaknya masih menjadikan iPhone sebagai ponsel yang paling banyak diimpikan untuk dimiliki penggila gadget di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.