Februari 15, 2011

Menjajaki Kemungkinan iPhone 4 CDMA di Indonesia

Telah sejak lama iPhone juga di pasarkan secara resmi oleh dedengkot provider GSM, tersebutlah Telkomsel dan Indosat, yang ditawarkan dengan berbagai paket dan harga berlangganan sejar awal tahun 2009. Munculnya iPhone 4 juga tak disia-siakan oleh Telkomsel dan Indosat untuk ikut menyebarkannya di pasar mereka. Mereka pun resmi menyuguhkan iPhone 4 di Indonesia. Sulit untuk mendapatkan data sesukses apa pasar iPhone di Indonesia.


3G EVDO Rev. A Di Indonesia
Layanan CDMA EVDO Rev. A telah kita kenal cukup lama di Indonesia, sebut saja ada Mobi Unlimited dari Mobile-8 (provider yang sama dengan produk terkenal Fren), Smart Telecom dan disusul oleh Bakrie Connectivity (B-Connect) dengan andalannya "AHA Internet", yang diiklankan di TV dengan slogan "Nonton YouTube tanpa Buffering"?!. Sementara itu provider lain, sebut saja Flexinet dan StarOne masih asyik dengan CDMA 20001x dan belum ada kabar lanjutan tentang rencana mereka meluncurkan layanan EVDO pada 2011 tahun ini.

Menarik untuk melihat ke depan, apakah provider-provider dengan teknologi EVDO-Rev. A ini juga tertarik untuk meluncurkan iPhone 4 CDMA ke pelanggan mereka. Hal ini bisa dilakukan mungkin dengan melihat ke dalam Telkomsel dan Indosat yang telah lebih dulu mencoba menjual iPhone di Indonesia, mungkin bisa sedikit menjajaki kemungkinan para provider EV-DO untuk meluncurkan iPhone 4 CDMA di Indonesia. Mungkin saja tidak akan jauh berbeda dan perusahaan sebesar Bakrie dengan AHA EVDO-nya saya rasa seharusnya cukup berani untuk mencoba menjual iPhone 4 versi CDMA di Indonesia.

Kabar terakhir, Aha melakukan inovasi dengan meluncurkan produk baru yang dijuluki Aha Touch dan AHA Vibe. Aha Touch adalah produk smartphone dengan OS Android 2.2 (Froyo). Ponselnya sendiri adalah keluaran Huawei dengan nama Huawei IDEOS berkode Huawei C8150. Sedangkan Aha Vibe adalah produk modem namum dengan fungsi lain sebagai MP3 player, perekam suara, radio FM yang dilengkapi dengan colokan audio serta terkoneksi dengan pihak ketika sebagai penyedia lagu untuk didownload dan dimainkan di Aha Vibe. Saya berharap lebih dari itu dan mungkin provider lain segera menyusul dengan inovasi lainnya.

Mungkin agak berlebihan dan terlalu pagi untuk berharap iPhone 4 CDMA akan tersedia di carrier berbasis CDMA di Indonesia, tapi tentu saja tidak ada yang tidak mungkin bukan?. Jika saja nanti baik AHA, Smart, atau mungkin Flexi dan StarOne menjual iPhone 4 versi CDMA, beli atau tidak..? Yang pasti bakal keren dan harga yang selangit.

4 komentar:

  1. Nice..kalo gue gk mimpi nih ye..? kalo harga kisaran 2-3jt (pake kontrak juga ok), kayaknya beli satu dech..he he

    BalasHapus
  2. He he..boleh jadi 3 atau 4 kali lipatnya Gan..
    Kalo gak resmi pastinya harus yang sudah unlock dong..bisa lebih mahal lagi (:

    BalasHapus
  3. nunggu muncul di Glodok ja gan..

    BalasHapus
  4. Sekarang sudah ada di indonesia untuk lebih jelasnya,silakan buka http://www.dealkeren.com/jakarta/iphone-4-jakarta.html

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.