Maret 28, 2011

Teknologi NFC - Semua Transaksi Melalui Ponsel / Smartphone

NFC adalah singkatan dari teknologi Near Field Communication, adalah (berarti) nirkabel jarak pendek (jarak 4 cm atau kurang). NFC beroperasi pada 13,56 MHz dan berkisar dari 106 kbit / s menjadi 848 kbit / s. NFC komunikasi selalu melibatkan inisiator dan target: inisiator secara aktif menghasilkan medan RF yang dapat membaca target pasif (tanpa power). Hal ini memungkinkan NFC target untuk membaca obyek yang sangat sederhana seperti tag, stiker, FOBS kunci, atau kartu yang tidak memerlukan power sama sekali.


Perangkat (ponsel, smartphone) dengan chipset-NFC berfungsi sebagai inisiator (kita sebut - perangkat 1) yang membaca target (kita sebut - perangkat 2). Inisiator akan membaca data dari target pasif (biasa/akan berupa) seperti tag, stiker, kunci, kartu (kredit / kartu debit), dokumen-dokumen identifikasi (paspor, visa, dll), kartu perjalanan, mobile commerce dan kunci elektronik (untuk kunci mobil , rumah / kantor / kunci hotel dan/atau ruang privat lainnya). Komunikasi berbasis NFC juga memungkinkan hubungan peer-to-peer (P2P - Perangkat ke Perangkat), dimana 2 buah perangkat beteknologi NFC dapar terkoneksi langsung mengirim, mentransfer, membaca dan mengkonfirmasi data yang ada.(1)

Metode pembayaran dan transaksi online semakin populer khususnya untuk pengguna gadget (ponsel, smartphone, tablet dll). Metode ini menawarkan kemudahan berbagai transaksi, membayar tagihan, pembelian barang (perangkat berfungsi sebagai kartu debit / pembayaran kartu kredit), tiket transportasi umum, dan sebagainya. Perangkat dengan kemampuan NFC lebih spesifik pada investasi perangkat keras (NFC-chipset), sehingga mengubah perangkat (dalam hal ini ponsel) sebagai alat pembayaran.


Ponsel / Smartphone dengan kemampuan NFC untuk Saat ini
Beberapa ponsel muapun smartphone yang saat ini beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan teknologi Nier Filed Communication (NFC), meskipun belum digunakan atau ada beberapa yang belum diaktifkan.

Google Nexus S - Produk Samsung khusus untuk Google Android ini (Samsung Google Nexus S) sudah dilengkapi dengan chipset NFC. Ponsel ini secara resmi sudah beredar di US, UK dan mungkin akan tersedia di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Sagem Wireless Cosyphone - dilengkapi dengan NFC chipset dan mendukung single wire protocol (SWP). Jenis ini biasa digunakan di pasar B2B (B2B market)

Samsung S5230 NFC - yang juga dikenal Samsung GT-5230N. Ponsel dengan kamampuan NFC dari Samsung ini hanya beredar di Perancis (di toko-toko retail - tidak dibawa oleh carrier tertentu). Di republik Cheznia dan Polandia ponsel nfc ini digunakan di Telefonica's Sitges pre-commercial pilot (2).

Nokia C7 GSM - juga sudah ditanamkan NFC di dalamnya, hanya saja belum diaktifkan, dan untuk mengaktifkannya diperlukan update firmware yang sampai saat ini belum dirilis oleh Nokia. Firmware untuk Nokia C7 direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan 2011.

Samsung SHW-A170K - ponsel touchscreen ala Korea berkemampuan NFC dan mendukung SWP yang diluncurkan oleh KT.(Korean Telecom), dan sudah diujicobakan secara comersial oleh KT.

Hedy - adalah perusahaan penyedia perangkat SWP-NFC untuk China Unicom, sebuah perusahaan telekomunikasi di China. Chipset NFC-controler diproduksi oleh perusahaan microelectronik di Shanghai - Shanghai Fudan Microelectronics.

East COM - Perusahaan telekomunikasi di China memasarkan ponsel berbasis CDMA EVDO dengan kemampuan NFC yang diproduksi oleg Shanghai Simcom yang juga menggunakan chipset NFC bikinan Shanghai Fudan Microelectrinics.

Fifth Media - Spesialis PDA dengan kemampuan NFC di Malaysia, menyediakan perangkat PDA/smartphone khusus untuk B2B market. Axia A306 adalah salah satu produknya, menggunakakan OS Windows Mobile 6.5.3.

Gentag GT601 - Juga dilengkapi dengan NFC chipset, tetapi Gentag hanya fokus pada perangkat berkaitan dengan alat kesehatan, dimana perangkat Gentag juga dilengkapi dengan RFID yang selama ini berfungsi sebagai medical sensor.


Dan masih ada beberapa lagi tetapi belum diluncurkan di pasaran baik melalui carrier atau dijual bebas di retail stores. Nokia C7 atau dikenal juga dengan Nokia Astound juga dilengkapi dengan teknologi NFC, sementara itu RIM juga mengkonfirmasi produk Blackberry mendatang juga akan dipersenjatai dengan kemampuan NFC, begitu juga iPhone 5 juga dirumorkan akan mengandung NFC-Chipset. Kabar terakhir juga menyebutkan jika Google bersama Mastercard dan CitiGroup berkolaborasi dan sedang konsentrasi untuk teknologi pembayaran berbasis NFC ini. Menurut Wallstreet Journal, peran Google tidak andil langsung dalam transaksi canggih ini, melainkan sebagai peng-analisa dan menangkap data pengguna dan transaksi termasuk barang yang dibeli, untuk kedepannya dijadikan data pengembangan khususnya dalam bidang periklanan di pasar lokal berkaitan (3)

Source :
1. http: / / en.wikipedia.org / wiki / Near_field_communication
2. http://www.nearfieldcommunicationsworld.com/2010/05/28/33776/telefonica-movistar-la-caixa-and-visa-begin-pre-commercial-nfc-pilot-in-spanish-resort-of-sitges/
3. http://online.wsj.com/article/SB10001424052748703576204576226722412152678.html

5 komentar:

  1. halo pa kabar .. sorry lama gak OL .. good post..salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik...sory lama juga gk ol : thank u

      Hapus
  2. teknologi hp saat ini sudah mengalami kemajuan dibandingkan dulu zaman saya waktu itu.

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat sekali kiriman ini...

    :)

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.