Maret 26, 2013

HP CDMA dan GSM buat WiFi Portable Hotspot


WiFi hotspot menggunakan hape, atau populer di sono dengan istilah WiFi tether, dimana hape (ponsel) dapat membagi koneksi yang didapat dari operator (provider) ke prangkat lain dengan kemampuan WiFi atau sederhananya bisa bikin area hotspot sendiri di manapun kita inginkan menggunakan hape. Untuk daftar nya bisa dilihat di bagian akhir artikel ini. Kita sedikit ngobrol dulu tentang WiFi tether.

Teknologi ini tentu saja banyak diminati karena tampaknya memang menjadi solusi terbaik untuk koneksi internet bersama tanpa ribet karena hanya dibutuhkan sebuah hape dengan fitur WiFi tether (fungsi portable hotspot). Contoh sederhana seperti yang kita gunakan, kita tidak mempunyai jaringan kabel di rumah (kontrakan), sementara pada saat tertentu ada lebih dari satu pengguna yang membutuhkan koneksi internet. Bagaimana dengan modem? modem hanya bisa satu untuk satu pengguna, artinya butuh dua modem untuk dua pengguna and so on. Nah pilihan paling tepat ya memanfaatkan fitur wifi hotspot yang ada di salah satu smartphone di rumah, dan tentu saja dengan membeli paket bulanan unlimited data dari salah satu operator.


Perlu dicatat bahwa untuk keperluan bagi membagi koneksi internet ini sebenarnya tersedia perangkat yang memang khusus dibuat untuk ini, tersebutlah portable hotspot device atau cukup populer juga dipanggil MiFi atau portable hotspot device. Satu hal penting yang juga perlu dicatat, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan antara menggunakan hape untuk mobile hotspot dan menggunakan alat khusus yang disebut MiFi ini. Namun tentu saja masing-masing pengguna juga mempunyai keperluan dan keterbatasan yang berbeda-beda sehingga tentu menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Mifi portable wifi hotspot device
Contoh gambar Mifi portable wifi hotspot device

MiFi atau perangkat mobile hotspot biasanya berbentuk kecil (tidak lebih besar dari ukuran hape standar), namun biasanya sedikit berdimensi lebih besar karena dilengkapi dengan baterai dan layar informatif tentang kekuatan sinyal, jumlah koneksi tersambung dan informasi kapasitas batery. cara menggunakan cukup aktifkan dengan menekan tombol power, tunggu sampai terkoneksi ke jaringan dan siap untuk digunakan. Dekatkan ponsel, tablet, iPod, laptop atau perangkat apapun yang dapat menangkap sinyal WiFi, maka perangkat-perangkat itu siap untuk berselancar di internet, tentu saja pastikan ada paket internet dari operator tertentu.

Nah kita kembali ke hape buat wifi hotspot. Menggunakan wifi tether dari sebuah hape tentu mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh MiFi. Ini persis seperti satu alat tetapi multi-guna. Pada saat tidak digunakan sebagai hotspot, tentu hape bisa kita gunakan untuk tugas-tugas hape pada umumnya. Dan inilah mungkin kenapa fitur ini cukup mendapatkan banyak penggemar. Berikut ini daftar hape baik cdma maupun GSM yang siap dijadikan sebagai wifi hotspot. Sebagai catatan juga, sebagian hape dengan fitur wifi hotspot biasanya juga bisa digunakan sebagai modem di PC menggunakan kabel data (kabel USB), dan cara ini cukup populer juga dikenal dengan USB tethering.

Hape CDMA dan GSM yang bisa buat WiFi Hotspot
Sebelum masuk ke daftarnya, perlu saya tulis, biasanya ponsel yang masuk dalam keluarga smartphone, yang biasanya menggunakan mobile OS seperti Android atau Windows mobile 7 dan yang ke atas atau produk Apple yaitu iPhone 4 ke atas. Namun perlu diingat fitur ini hanya berfungsi jika pengguna mengaktifkan ada paket data dari operator seluler bersangkutan.

Samsung Keluarga Galaxy, mulai dari Galaxy Y, W dan galaxy S, Note dan seterusnya. Galaxy Y versi CDMA bisa dijadikan wifi hotspot dan juga bisa jadi modem menggunakan USB tether. Begitu juga dengan varian lain dari keluarga Galaxy. Tinggal pilih yang dibundling sama operator apa yang bebas bisa kita beli di toko ponsel terdekat. Beberapa varian ponsel Android lebih daru juga bisa tether bluetooth selain WiFi dan USB tether.

Ponsel-ponsel Android bundling operator tercatat ada banyak mulai dari Smartfren, AHA dan Flexi, itu untuk yang CDMA. Untuk GSM, Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Indosat juga hampir semuanya mempunyai paket penjualan smartphone berkemampuan WiFi hotspot yang dijual bersama paket data bulan pertama, atau ada sebagian yang sampai tiga bulan. Cuma memang ada yang unlock dan ada yang bebas ganti operator. Penting untuk dicatat tentang teknologi jaringan yang digunakan jika ingin ganti gonta operator, terutama dukungan frekuensi yang didukung oleh smartphone.

Cara ketahui (periksa) hape android bisa wifi hotspot
Perhatikan gambar berikut:
HP CDMA dan GSM buat WiFi Portable Hotspot

HP CDMA dan GSM buat WiFi Portable Hotspot

Masuk ke menu Setting (Pengaturan) > Nirkabel dan Jaringan > Tethering dan Portable Hotspot. Nah jika ada Tethering dan Portable Hotspot berarti ada fitur yang anda inginkan. Selanjutnya tinggal pilih antara WiFi Hotspot Portable (untuk wifi hotspot) atau Penambatan USB (untuk USB tether atau fungsi USB tether atau modem PC). Pastikan terkoneksi ke PC dengan benar.

Mengaktifkan paket data di ponsel untuk WiFi Hotspot portable
Dari Setting > Nirkable dan Jaringan > temukan Jaringan Seluler > Nah disitu ada pilihan Gunakan data paket, sentuh bagian hingga checkbox berwarna hijau, selesai. Jika anda mempunyai paket data dari operator maka otomatis terkoneksi ke internet, baik langsung dari ponsel maupun melalui perangkat lain ber WiFi. Dan jangan lupa setting keamanan dulu biar tidak diakses oleh user yang tidak diijinkan.

Setting keamanan WiFi hotspot untuk ponsel
Dari dan Portable Hotspot > Pengaturan hotspot Wi-Fi portable > pilih Konfigurasi hotspot bla bla > Nah masuklah ke jendela dimana kita bisa memberi nama koneksi (yang akan dikenal perangkat ber wi-fi) SSID misal kita namai Androidku > Untuk pengaman pilih WPA2 PSK, Kata sandi sesuai keinginan, dan Simpan terus SELESAI. Ingat kata sandinya, karena dibutuhkan saat kita mengakses hotspot dari perangkat lain untuk pertama kali. Sekian semoga manfaat.

10 komentar:

  1. saya suka postinganx mas bro karena kebetulan ini yang saya cari

    BalasHapus
  2. mifi,,
    sejenis modem tp bisa untuk wifikh?

    soalx saya cari modem yg seperti modem smartfren wifi,,
    modem wifi yg bisa untuk GSM

    BalasHapus
  3. @fitriani: Betul sekali..fungsi persis modem tapi bisa memancarkan koneksi melalui WiFi.. dan Kelabihannya adalah perangkat ini dilengkapi dengan battery sehingga lebih praktis untuk keperluan outdoor - kurang lebihnya begitu.

    BalasHapus
  4. Maap kalau setelan wifi portable bisa
    soalnyya saya sudah coba ko ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP dan tipe nya apa bos? kalo ada "Portable WiFi Hotspot" harusnya bisa..

      Hapus
  5. Nice posting masbro,kira2 brapa meter untuk sinyal wifi portable?

    BalasHapus
  6. Mifi berkemampuan rata-rata 10 mtr tanpa penghalang(dinding dsb) tapi juga bisa lebih tetapi kwalitas sinyal semakin down, daerah saya kalau pakai modem sinyal yang tertangkap hanya 2G(EDGE) mak 50Kbps sangat lemot tetapi kalau pakai MiFi bisa ketangkap 3G sampai 6,0MBps tetapi kalau pakai hotspot ponsel saya belum pernah mencoba ,,,,soalnya hp saya gak suport,,belum bisa beli yang bagus hehehe

    BalasHapus
  7. apa kelebihab dab kekurangan wifi hotspot HP dibandingkan dengan mifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. multifungsi ja mungkin ya. bisa jadi hp, bisa share wifi, bisa jadi hp bareng2 share wifi.
      dibandingkan Mifi yang hanya bisa share wifi

      Hapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.