November 07, 2009

Human Index Search Engine

Pada posting sebelumnya, telah diuraikan tentang mengenal cara kerja mesin pencari, khususnya yang jenis Spider Crawled Index Search Engines. Jenis mesin pencari yang kedua adalah human index search engine atau Mesin Pencari Indeks Manusia. Maksudnya seperti apa..? Mari kita belajar bersama.

Human Index Search Engine
Mesin pencari indeks manusia, juga disebut sebagai direktori. Jenis yang satu ini tidak menggunakan laba-laba (spider) yang merangkak untuk melakukan tugas pencarian. Sebaliknya, mereka memiliki manusia yang nyata yang datang ke website Anda dan membolak-balik lalu pergi melalui semua halaman yang berbeda. Orang nyata ini kemudian memasukkan situs Anda dalam kategori yang paling relevan ke dalam direktori.

Mengambil data mana yang paling relevan dengan kata kunci akan menjadi sangat sulit karena dilakukan oleh manusia dan bukan robot (spider bot). Sebagian besar dari daftar trik (SEO) yang mempengaruhi laba-laba tidak akan bekerja pada direktori. Manusia akan melihat secara nyata apa yang secara fisik terlihat di situs Anda dan begitu juga dengan kategorisasinya, lalu memutuskan mana yang paling cocok. Semuanya diserahkan kepada satu orang dan juga bagaimana keadaan dan perasaan orang itu pada saat itu.

Dan masih ada kriteria tertentu yang harus dibangun ke dalam situs web anda jika anda ingin memiliki sebuah tembakan di posisi teratas mesin pencari. Tapi ingat, setelah halaman Anda telah diserahkan, semuanya tergantung sepenuhnya kepada orang hidup yang nyata untuk memutuskan di mana posisi Anda.

Apa target mesin pencari kita..?
Mengetahui mesin pencari mana yang paling banyak digunakan pengguna internet akan sangat membantu kita dalam merancang website kita, karena dengan begitu kita akan merancang web kita agar mudah ditemukan oleh mesin pencari yang kita targetkan. dibawah ini adalah grafik pengguna mesin pencari yang saya dapatkan dari http://teknologi.vivanews.com/test/read/84578-pemakai_linux_lebih_fanatik_ke_google


Dari grafik di samping, jelas sekali menunjukkan bahwa Google juaranya. Bahkan pengguna Linux dan juga Mac pun menggunakannya. Pada tahun 2005 - 2006 saja Google menguasai setidaknya 35% dam diurutan kedua adan Yahoo dengan 28%. Coba kita lihat lagi grafik di bawah ini:

Namun, beberapa mesin pencari benar-benar hanya portal untuk mesin pencari lainnya. Sebelum kita mulai membangun kita perlu tahu, setidaknya untuk pemain utama, mesin pencarian yang menerima konten dari mesin pencari lain dan hasil yang mereka terima. Ternyata, pencari AOL adalah sebuah portal untuk hasil pencarian Google, sehingga siapapun yang mencari di AOL pada kenyataannya akan mendapatkan hasil pencarian Google. Ini langsung meningkatkan pangsa Google dari 35% menjadi 51%. oleh karena itu jelas, mesin pencari sasaran kita adalah Google.

Seperti AOL, MSN ternyata mereka tidak menggunakan hasil pencarian sendiri. MSN menggunakan hasil pencarian dari Inktomi, yang dimiliki oleh Yahoo! Meskipun Inktomi dan Yahoo! tidak akan memberikan hasil yang persis sama, tetapi biasanya sangat-sangat mirip. Dan mungkin dalam tahun-tahun mendatang mereka akan menjadi satu. Jika dihitung dalam perkiraan, MSN dan Yahoo! bersama-sama, memberi mereka 43% pangsa pasar. Selain itu, Lycos Inktomi dan AltaVista adalah portal untuk Yahoo! dan ini akan menjadikan Yahoo! memiliki pasar saham menjadi 44,4%.

Karena mesin pencari Google dan Yahoo! memiliki account pengguna sekitar 95% dari semua pencarian yang dilakukan di Internet, jelas kita akan mengambilnya untuk optimasi kita. Saya kira cukup dulu untuk belajar SEO Human Index Search Engine ini, kita akan melanjutkan dengan pembahasan Kata Kunci atau Keyword pada postingan selanjutnya.... Terimakasih semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.