Januari 02, 2010

Langkah Mamulai Bisnis Afiliasi

Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat link untuk afiliasi anda.
Dasar Link
Kode link untuk afiliasi anda bisa didapatkan setelah anda register dan mendaftar program afiliasi pada web tertentu yang menyediakan program afiliasi.
Kita lihat terlebih dahulu tentang dasar kode. Kode ini biasanya terlihat seperti ini:


Ini akan membuat teks link yang mengatakan "Tentang Handicraft kayu" dan link ke halaman

http://www. handicraft-wood.blogspot.com" 

Link ini adalah link dasar, artinya ini hanya mengarah ke handicraft-wood.blogspot.com tanpa kredit atau point dari anda. Nah dalam pemasaran afiliasi, Anda perlu untuk mendapatkan kredit untuk orang-orang yang Anda kirim. Maksudnya adalah anda perlu untuk meninggalkan jejak bila terjadi penjualan dalam link afiliasi anda. Link tersebut biasanya disebut dengan link khusus. Lihat contoh di bawah ini:

http://www.amazon.com/b?node=384082011&tag=httpwwwfurqon-20&camp=213757&creative=393401&linkCode=ur1&adid=1BECN34V8CBSSKBGN9C9

Penjelasan:

Link tersebut di atas adalah contoh link afiliasi saya di amazon.com. Bila seseorang berselancar dan menemukan web saya, kemudian terjadi peng klik an pada link tersebut dan kemudian terjadi penjualan (karena amazon.com adalah pay per sale/transaksi) maka saya akan mendapat komisi dari amazon.com sebagai imbalan atas terjadinya satu atau beberapa penjualan melalui link di web saya. Dalam bahasa kita sehari hari mungkin persis dengan “makelar”. Cuma yang ini makelar online atau bahasa kerennya “internet broker”. Dalam penggambara melalui rumus sederhananya begini:

Pengunjung anda + Produk afiliasi = Komisi uang anda.
Selengkapnya tentang afiliasi marketing bisa baca di sini
Itulah afiliasi..

Internet Traffic
Bagian rumus afiliasi di atas yang mungkin paling berat adalah traffic atau lalu lintas Internet. Maksudnya adalah bagaimana mendapatkan pengunjung yang dating dari entah berantah menemukan dan mengunjungi web anda. Traffic adalah dasar dari e-commerce dan tidak ada satupun web site yang sukses tanpa traffic.

Ada dua cara mendasar orang dapat menemukan website anda. Pertama dan paling populer adalah melalui mesin pencari (search engine)

Search Engine

Ketika seseorang menginginkan produk tertentu lewat internet, umumnya mereka akan menggunakan mesin pencari. Mesin pencari yang populer adalah termasuk Google, Yahoo, dan Msn dan juga beberapa nama. Biasanya pengunjung akan membuka halaman pertama atau mungkin halaman kedua di halaman hasil pencarian. Singkatnya semakin bagus rangking anda di halaman mesin pencari, semakin besar pelung anda mendapatkn pengunjung dari internet. Nah kemudian yg jadi persoalan berat adalah bagaimana web anda mampu untuk berada di halaman pertama atau kedua atau mungkin ketiga pada halaman mesin pencari? Itulah yang sering kita dengar tentang SEO atau search engine optimization.

***SEO
Ada dua cara untuk mendapatkan peringkat dalam mesin pencari. Yang pertama disebut sebagai SEO (search engine optimization). Ini adalah cara yang paling kompetitif dan jalan yang paling menguntungkan. Google, misalnya, mesin pencari paling favorit di dunia maya. Semakin banyak link anda keluar dan masuk ke website Anda dalam data google.com maka akan semakin bagus peringkat situs anda.dan inilah yang akan menentukan nomer rangking anda pada Pagerank. Dan masih banyak lagi cara-cara yang lain untuk membuat situs anda berada di halaman pertama dan mendapatkan pagerank tingi.
Tentang pengetahuan dasar mengenai SEO lebih detil dan mudah difahami bisa ditemukan di sini
Cara kedua:

PPC (Pay per ckick)
Metode kedua di mana sebuah situs bisa mendapatkan peringkat dengan mesin pencari menggunakan kampanye pay perclick atau kita kenal dengan PPC. Disebelah kanan bagian atas pada hasil pencarian google perhatikanlah, Anda dapat melihat PPC. Itu adalah PPC dari Kang Google sendiri. Apa maksudnya, maksudnya adalah bila anda mau membayar Kang Google untuk menampilkan iklan atau web anda, maka anda tidurpun web anda akan tampil di halaman pencarian Google.

Ini banyak digunakan oleh pebisnis internet yang serius menjual produk online. Anda bias melakukan hal yang sama dengan sangat sangat mudah dengan ppc ini dan yang pasti ini sangat menguntungkan anda karena memakai PPC. Artinya anda hanya membayar Google jika ada yang meng klick link anda di google. Dan Google punya janji sendiri mengenai hal ini.

Masih seputar PPC, coba perhatikan maraknya kontes kontes blog, baik yg dilakukan oleh badan tertentu atasu bahkan dilakukan secara pribadi, media iklan yg rame di Indonesia seperti kumpulblogger.com, Adsenblogger, AdsenseCAMP dan masih banyak lagi adalah contoh salah satu cara meningkatkan traffic pengunjung ke web anda. Jika anda serius di bisnis internet, anda pasti akan menggunakan cara ini. CATAT!!!

Kebanyakan PPC memungkinkan Anda menulis iklan dan tawaran pada kata kunci yang berbeda pilihan Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan situs tentang bisnis online, maka mungkin anda akan memilih kata kunci “bisnis online” atau “belajar bisnis online” atau yang lainnya. Anda kemudian dapat tawaran pada kata kunci, Lalu menetapkan bahwa Anda bersedia membayar $ 0.20 per klik

Berhati hati dalam PPC
Promosi, kampanye dan belajarlah sebanyak mungkin. Bila dilakukan dengan baik anda bias beruntung mendapatkan uang melimpah. Dan bila tidak anda pasti hanya akan sampai di bantar gebang..jadi sampah.

Alternatif Lalu Lintas Pemasaran
Hampir tidak ada batas di mana Anda bisa mendapatkan lalu lintas situs Web Anda. Anda dapat mengatur hubungan timbal balik dengan website lain seperti perdagangan dan lalu lintas (ini juga membantu anda SEO). Email kampanye, selama mereka ditargetkan dan tidak spam, dapat bekerja dengan baik., selebaran, dan iklan tradisional juga bisa bekerja. Sama seperti membangun situs anda, kreatiflah dalam promosi. Ini akan membantu anda terbang ke atas dan mendapatkan rank untuk web anda.

Produk Promosi
Jadi, sekali Anda memiliki surfer di situs Anda, apa yang Anda lakukan dengan mereka? Tugas Anda adalah untuk membuat mereka ingin klik pada link ke afiliasi anda. Program afiliasi yang berbeda mempunyai pendapat yang berbeda pula tentang bagaimana melakukan hal ini sesuai dengan ketentuan ketentuan yang berlaku dalam program afilisinya.

*****Bahasan penting selanjutnya tentang:
  • Memilih produk afiliasi
  • Bagaimana membuat pelanggan anda membeli produk afiliasi di web anda
  • Membangun situs yang dipercayai pengunjung sehingga pengunjung membeli produk afiliasi web anda
  • Hal hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan
akan saya posting lain kali.
Ikuti terus update terbaru dari saya
Terimakasih..semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Wah wah sob... we kmarin dh mulai ikut2an... and ternyata we kurang nek dngan bisnis apliasi.... semoga sukses sob bisnisnya....

    BalasHapus
  2. aku dah ikutan program affiliasi tapi lom juga dapat penghasilan tolong dong kasih tau gimana cara mnghasilkan uangnnya. Musyafir

    BalasHapus
  3. kalo aku masih bingung gmn bisa ya yg kt tawarin lewat link bisa terjual...tolong dong..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.