Januari 15, 2010

White Hat SEO

White Hat SEO Tactics

White Hat SEO, dalam bahasa Indonesia berarti "Topi Putih". Nah dalam SEO ini hanya istilah saja, maksudnya adalah teknik optimisasi yang digunakan untuk tujuan traffic dengan cara yang tidak melanggar ketentuan dan aturan dari mesin pencari tertentu semisal Google atau Yahoo!. Atau bisa juga disebut dengan cara jujur dan transparan. Menggunakan cara ini memang mungkin agak susah untuk mendapatkan traffic yang tinggi dalam waktu singkat. Tetapi inilah cara teraman berurusan dengan mesin pencari.

Kemudian, masalahnya adalah teknik teknik seperti apa sajakah yang termasuk White Hat SEO?, Kita perhatikan satu persatu.
  • Internal Linking
Internal lingking adalah upaya untuk mengaitkan satu halaman atau posting ke halaman atau posting yang lainnya. Satu conten halaman posting biasanya pasti berhubungan dengan posting halaman lain. Contoh mudah Internal Linking adalah bila sesekali  membuka satu halaman web dengan judul tertentu, Anda akan disuguhi pula dengan halaman atau posting lain yang berkaitan dengan halaman yang sedang Anda baca. Sebagai contoh pada  www.wikipedia.org. Web tersebut membuat Internal Linking dengan sangat sangat baik
Bagaimana Internal Linking bekerja dan apa hubungannya dengan traffic dan sukses SEO?.
Pastikan Anda mendapatkan update GRATIS!! posting terbaru, follow this blog atau klik disini untuk berlangganan via feedburner
  • Reciprocal Linking
Bertukar link dengan webmaster lain adalah cara yang baik (bukan yang terbaik, tapi baik) dalam upaya untuk mendapatkan tambahan link masuk ke situs Anda. Sebenarnya dalam teknik bertukar link ini ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang relevansi. Apa maksudnya? Relevansi adalah hal dimana link yang masuk dan juga link keluar relevan dengan tema utama blog. Sebagai contoh, link pada situs tertentu yang bertema bisnis akan lebih baik bila nge-link ke situs lain yang juga bertema sama. Meskipun demikian bukan berarti link dari situs tertentu yang tidak berhubungan sama sekali tidak bermanfaat. Ini akan bermanfaat pada penciptaan traffic meskipun tidak begitu signifikan, kemudian dari traffic ada harapan bahwa beberapa pengunjung yang datang adalah target.
Bagaimana Reciprocal Link bekerja? dan apa hubungannya dengan sukses bisnis online? bagaimana Reciprocal Linking mempengaruhi sukses penjualan internet marketing?
Pastikan Anda mendapatkan update GRATIS!! posting terbaru, follow this blog atau klik disini untuk berlangganan via feedburner
  • Content Creation
Isi content sebuah web adalah inti. Pengunjung datang ke blog anda untuk mencari sesuatu, atau membeli sesuatu. Jika konten yang terdapat di dalamnya benar benar sesuai yang dicari pengunjung, maka prospek semakin bagus.
Nah sedikit penjelasan di atas cukup menjelaskan kenapa kreasi konten dapat meningkatkan traffic dan mempengaruhi sukses marketing online anda. Buatlah content semenarik dan sebagus mungkin, informatif, mudah dimengerti dan difahami, termasuk di dalamnya menggunakan huruf yang mudah dibaca dan lain sebagainya. Sebagai contoh sederhana, banyak mantan jurnalis yang beralih profesi dan sukses di bisnis online. Tapi ini bukan berarti Anda yang tidak bisa menulis akan terpuruk, jangan khawatir..ini hanya 1 teknik dari banyak teknik. Dan Anda bisa memilih teknik yang lain.
  • Menulis Content lain-lain
Jika anda menjual sesuatu, maka orang orang akan tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang hal hal di  sekitar anda. SO..kenapa tidak membiarkan orang mengetahuinya..? Ini sebenarnya masih seputar conten, tetapi bukanlah conten utama tetapi berhubungan erat dengan conten utama. Sebagai contoh jika anda menjual tiket pesawat dalam web Anda, cobalah untuk menulis tentang sesuatu yang menarik di luar masalah tiket, seperti tentang review pesawat terbang komersial tertentu, atau kejadian lucu di pesawat atau yang lain yang jelas menarik untuk dibaca pengunjung.
  • Optimasi Situs
Pelajari dengan benar optimasi situs, terutama struktur situs mulai dari header, body, title, dan seterusnya. Perlu pemahaman extra tentang yang berkaitan seperti html, script dan lain sebagainya. Pastikan meletakkan title, meta tag, meta content, dan lain sebagainya dengan benar.
Dengan menggunakan white hat seo, mungkin dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mendatangkan traffic. Tapi inilah cara yang aman....







5 komentar:

  1. Setuju sobat,pakai topi putih.Alon2 asal kelakon.

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada trik semacam itu,white hat seo. nice post, Yang saya ingin tanyakan "siapa sih yang menentukan itu white or black hat seo? Apakah ada standarisasi nya??" thanks atas jawabanya, ditunggu ya

    BalasHapus
  3. [...]LALU, Siapa yang menentukan? Secara pasti, yang menentukan sebuah teknik dianggap boleh (white hat) tidak boleh (black hat) adalah mesin pencari itu sendiri. Google misalnya, upaya upaya yang sudah terkenal sebagai hidden link, keyword stuffing, duplicate konten, cloaking [lebih jelas : Black hat seo tactics], Jelas telah dicap sebagai black hat. Kenapa? Alasannya adalah semua upaya di atas dapat mengacau kerja algoritma spider bot, sehingga hasil pencarian tidak sesuai kata kunci lagi. Dan ini dapat menurunkan reputasi sebuah mesin pencari. Baca selengkapnya di LINK di atas Sob.

    BalasHapus
  4. salam kenal boss... sebenarnya dari kemaren2 yang saya cari tu gemana sih caranya mengaitkan paosting satu dengan yang lainnya...? saya sudah membuat kolom artikel terkait tapi hasilnya kosong dalam kolom tersebut, yang muncul ya rtikel yang sedang saya buka saja... mohon pencerahannya boss

    BalasHapus
  5. @vankim: Untuk mengaitkan posting satu dengan yang lain, atau istilah SEO nya membuat Internal linking atau inboud link, paling biasa yang dengan memberikan link pada beberapa kata atau frasa kata dalam artikel, pada posting atau artikel lain yang memang berhubungan.

    Jika maksud Anda membuat "artikel berkaitan" atau biasa disebut "related post', ada 2 pilihan, mau buat yang otomatis atau manual. Untuk tutorialnya silahkan mampir di blog blog tutorial atau cari aja di Google dengan kata kunci "membuat related post" atau semacamnya.

    Terimakasih,,semoga sedikit memberi pencerahan..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.