April 23, 2010

Black Hat, White Hat, Siapa yang Menentukan dan Apa Standarnya?

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada salah satu sobat pengunjung blog ini, yang menulis komentar pada salah satu posting saya tentang "white hat seo tactic". Komentar Beliau berisi pertanyaan yang menanyakan tentang "siapa sih yang menentukan itu white or black hat seo? Apakah ada standarisasi nya?" Mendapat pertanyaan seperti ini tentu saja agak terkejut. Agak terkejut karena selama ini saya tidak menyangka ada yang menanyakan tentang "siapa yang menentukan..??". Kalo so'al standarisasinya, saya akan coba uraikan sesuai pengetahuan saya.

Berbicara mengenai siapa yang menentukan sebuah teknik seo itu termasuk white atau black, sebaiknya kita melihat kembali apa itu seo dan apa guna seo. Secara singkat, SEO adalah upaya optimasi (peng optimalan) yang dilakukan oleh seorang / beberapa orang pengelola sebuah web atau blog atau situs, dengan tujuan mendapatkan traffic (pengunjung) ke web atau blog atau situs mereka melalui mesin pencari (search engine) [my personal definition]. Sedangkan guna seo, yaitu untuk mendapatkan peringkat (urutan) teratas pada hasil pencarian [SERP] di mesin pencari dengan kata kunci tertentu, sehingga diharapkan dari peringkat atas tersebut, akan datang klik yang itu berarti visitor.


"Secara lebih umum mesin pencari yang dituju adalah google search."

Kemudian, dalam upaya tersebut, muncullah berbagai macam cara bagaimana supaya bisa berada di urutan atas di serp mesin pencari? Nah untuk mengetahui bagaimana caranya tentu saja harus mengetahui cara kerja mesin pencari yang dimaksud [Baca : Pondasi dasar mesin pencari]. Cara kerja ini seperti bagaimana mesin pencari menentukan relevansi? membaca kata kunci pada artikel, pada body page, pada header dan seterusnya. Bagaimana sebuah alamat blog atau web bisa "DITEMPATKAN" oleh mesin pencari di urutan teratas dari sebuah kata kunci atau frasa kata kunci? Thats point bro..!.


Dari en.wikipedia.org, hanya ada penjelasan seperti ini:

"A black hat is the villain or bad guy, especially in a western movie in which such a character would wear a black hat in contrast to the hero's white hat. The phrase is often used figuratively, especially in computing slang, where it refers to a hacker that breaks into networks or computers, or creates computer viruses."

Kembali ke masalah bagaimana membuat spider bot google search menempatkan di urutan teratas, kemudian muncul cara cara atau teknik [tactic] yang beragam pula. Seperti jika Anda menjalankan sebuah toko, kemudian dalam mempromosikan barang dagangan Anda tentu banyak cara. Nah cara yang baik tentu cara yang jujur, transparan dan yang jelas tidak merugikan orang lain [dalam hal ini pesaing Anda]. Nah dalam SEO cara cara ini disebut dengan ISTILAH teknik topi putih atau white hat SEO. Dan cara yang kurang baik tentu seperti dengan cara membohongi konsumen, tidak transparan dalam promosi, dan cara2 lain yang merugikan orang lain atau dalam hal ini lebih kepada pesaing Anda.

LALU, Siapa yang menentukan? Secara pasti, yang menentukan sebuah teknik dianggap boleh (white hat) tidak boleh (black hat) adalah mesin pencari itu sendiri. Google misalnya, upaya  upaya yang sudah terkenal sebagai hidden link, keyword stuffing, duplicate konten, cloaking [lebih jelas : Black hat seo tactics], Jelas telah dicap sebagai black hat. Kenapa? Alasannya adalah semua upaya di atas dapat mengacau kerja algoritma spider bot, sehingga hasil pencarian tidak sesuai kata kunci lagi. Dan ini dapat menurunkan reputasi sebuah mesin pencari.

Seperti jika Anda mencoba memasukkan sebuah kata kunci dalam tab pencarian, lalu enter ditekan, pasti Anda mengharapkan hasil pencarian yang sesuai dengan apa yang coba Anda cari bukan? Bagaimana jika yang berada di urutan atas, setelah anda buka ternyata berisi bukan yang Anda cari?. Anda kecewa bukan? Anda merasa dibohongi mesin pencari bukan?. Mungkin web urutan atas di pencarian yang Anda kunjungi melakukan satu atau beberapa teknik "pengacau mesin pencari". Sehingga mesin pencari tidak memberikan hasil yang serelevan sesuai kata kunci Anda.

Tentang standarisasi, Apa standar yang digunakan untuk menentukan sebuah teknik disebut teknik hitam atau putih? Standarnya adalah seperti di atas yaitu jika sebuah teknik yang dilakukan dengan hanya mempedulikan bagaimana bisa berada di urutan teratas mesin pencari sementara web atau blog tanpa isi yang relevan dengan kata kunci dll?. Saya akan mencontohkan sebuah teknik yang di anggap black hat. Keyword stuffing, [baca penjelasannya : black hat seo tactic]. Teknik ini dianggap sebagai black hat karena jelas dan terbukti mengacaukan kerja spider. Sehingga Google sendiri sampai saat ini tidak lagi menjadikan meta keyword sebagai salah satu faktor lagi dalam algoritma mesin pencari mereka.

Penjelasan dari saya jelas sangat jauh dari cukup, oleh karena itu mohon para master untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas lagi demi bertambahnya pengetahuan para blogger tentang SEO khususnya untuk saya sendiri. Terimakasih.

Artikel SEO berkaitan :
3 Macam Teknik SEO | Pondasi dasar mesin pencari | Step by step SEO mudah dan gampang | Pentingnya SEO untuk blog making money

3 komentar:

  1. terimakasih bang,,, Terjawab sudah pertanyaan saya tentang black hat dan white hat seo,,,
    Gambaran umumnya sudah sangat jelas,,,
    Jadi si mesin pencari yang menetukan semua itu,,,

    huh, saya harap semua orang pake white seo ya

    Saya akan belajar lagi tentang seo, mengingt saya juga masih newbie...

    Kalo ada pertanyaan lagi,,,(dari saya) Mohon bantuan ya bang,, thanks

    Keep Writing,,,

    BalasHapus
  2. masih bingun..Berarti meletakan keyword selain meta tag di edit html nya blogger dan tidak terlihat oleh pengunjung di anggap keyword stuff kah?

    Trus buat @I Made Ngurah Satria Wibawa
    kalau mesin encari yang menentukan,berarti
    jika dalam kontes seo dan bisa menjadi top 1 bisa dianggap juara ?
    :PUSINS:
    Karena saya memiliki trik yang bisa menaikan serp dengan seketika,tapi itu termasuk keyord stuff :kayaknya: :D

    BalasHapus
  3. @Bem-its: Khususnya jika keyword dalam meta tag di HTML tidak sesuai sama sekali dengan isi sebagian atau keseluruhan konten ...itu namanya baru keyword stuffing...tapi kalo keyword sesuai dengan konten ya bukan..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.