Februari 01, 2010

Step by Step SEO Mudah dan Gampang

SEO membingungkan bagi sebagian orang khususnya yang baru mengenal apa itu SEO dan mencoba mempelajari dan mempraktekkannya. Inti dari SEO adalah bagaimana membuat sebuah alamat web mendapatkan peringkat teratas atau setidaknya berada di urutan 10 besar hasil pencarian (SERP) di mesin pencari. Dalam hal ini lebih dimaksudkan kepada Google. Dari sepuluh besaar itulah akan datang pengunjung, dan pengunjung itulah traffic.

Dimanakah kesuksesan SEO diukur? Biasanya bila dengan kata kunci dan atau frasa kata kunci sebuah web bisa berada di halaman pertama pencarian, maka itu disebut sukses dalam SEO. Tapi menurut saya tingkat keberhasilan SEO yang lebih penting adalah efeknya. Sederhananya begini. Jika Anda menjual Batik dalam web Anda, kemudian web Anda berhasil di urutan pertama dengan kata kunci "batik" misalnya, kemudian anda berhasil menjual batik secara online, Itulah intinya.

Kembali ke masalah bingung dalam SEO, sebenarnya SEO itu sederhana. Jika Anda mencoba membuat sebuah web yang SEO apa saja yang harus dilakukan? Perhatikan step by step seo mudah di bawah ini!

SEO On-page
Adalah upaya optimasi untuk memperbaiki posisi pada hasil pencarian di mesin pencari (SERPs) yang dilakukan dari dalam konstruksi sebuah web

  • Penataan Halaman Web
Ini berkaitan dengan konten sebuah halaman web. Bagaimana sebuah layout halaman akan dirasakan enak untuk dikunjungi dan dibaca. Penataan ini biasa juga disebut konstruksi halaman. Seperti dimanakah posisi terbaik letak Judul, sub judul, menu navigasi, sub menu, konten utama, sub konten, informasi kontak dan seterusnya.
  • Title dan Deskripsi.
Buatlah judul dan deskripsi website atau blog dengan jelas dan sesuai dengan kata kunci tentunya. Ini berkaitan erat dengan kerja spider crawler yang menggerayangi web Anda. Pelajari tentang SEO lebih jauh dan ketahui dimana spider akan membaca keyword Anda, sehingga Anda bisa meletakkan keyword pada tempat yang tepat. Berapa maksimal jumlah kata atau huruf dalam meta tag yang akan dibaca spider juga termasuk dalam hal ini.
  • Gunakan Keyword Dengan Tepat.
Ini berkaitan dengan pemilihan kata atau frasa kata kunci. Pelajari tentang keyword lebih dalam, pastikan keyword yang anda gunakan tepat dan benar-benar mencerminkan isi keseluruhan website atau blog Anda.
  • Konsentrasi pada keyword Anda.
Fokus hanya pada keyword Anda akan sangat baik efeknya dalam keberhasilan SEO Anda. Usahakan untuk selalu meletakkan keyword utama pada judul, paragraf pertama dan paragraf terakhir dalam posting. Keyword pecahan (bukan utama) juga harus tampil di dalam artikel.
  • Konten konten konten..!!!
Pastikan Anda mempunyai konten yang berkualitas atau lumayan berkualitas dan juga unik. Tentang konten unik, ini dipercaya sebagai favorit spider ketika mendapat perintah dari mesin pencari untuk membaca halaman Anda. Semakin unik konten halaman anda semakin sering didatangi spider yang akan dengan senang hati menampilkan web anda pada urutan atas mesin pencari.
  • SEBISA mungkin hindari widget dan script tidak berguna!
Ini berkaitan dengan berat dan ringan suatu halaman web[baca : New SEO Factor, Speed factor]. Ingat web berkualitas tidak dilihat dari tampilan nya tetapi dari isinya (konten). Semakin berat halaman Anda, spider akan semakin malas untuk menengok ke web Anda apalagi mengunjungi. Terlebih lagi jika yang memberatkan adalah widget widget yang tidak jelas gunanya. Ini biasanya berupa flash, JQurey dan gambar bergrafik berat dan lain sebagainya. Web yang berat juga akan boros pemakaian bandwith yang sia sia.
  • Gunakan warna biasa saja.
Ini berkaitan dengan penataan halaman sebenarnya. Ini meliputi seluruh bagian dalam halaman Anda mulai dari header, main page, menu navigasi, sidebar menu, wigdet dan seterusnya. Penggunaan warna biasa maksudnya apa?... Seperti jika Anda membaca buku, akan terasa enak bila kertas berwarna putih dan tulisan berwarna hitam. Bagaimana rasanya membaca buku dengan kertas berwarna merah, kemudian tulisan berwarna pink?...capek dech... Pengunjung akan malas! begitu juga spider yang bekerja sesuai algoritma akan membaca tiap kode warna pada halaman web Anda. Semakin banyak warna, spider juga semakin malas!
Catatan:

Untuk yang serius berjualan di internet, gunakan domain berbayar .com, .org atau .net. Ini sering juga disebut high level domain atau domain level atas. Bedanya dengan yang gratisan adalah tingkat efek kepercayaan pengunjung atau konsumen terhadap domain ini karena dianggap lebih serius. Beberapa alasan atas anggapan ini sederhana saja, yaitu karena berbayar. Seseorang yang mau membayar untuk sesuatu pastinya dia serius untuk sesuatu tersebut. Itu saja. Dan faktanya adalah semua mesin pencari baik itu Google, Yahoo dan Bing (Microsoft), Altavista dan lain sebagainya memberikan penilaian yang berbeda dengan domain gratisan.
SEO Off-page
Adalah upaya menaikkan posisi di mesin pencari yang dilakukan di luar otak-atik seputar isi dalam web anda.

  • Promosi Langsung
Ini adalah seperti mengajak secara langsung saudara, teman dan siapapun yang mengenal Anda untuk mengunjungi web Anda
  • Chatting dan forum
Ajak teman chat untuk mengunjungi Web Anda, siapa tahu ada diantara mereka adalah target Anda. Kalupun tidak, akan tetap bermanfaat dalam hal traffic pengunjung. Begitu juga dalam forum forum, aktiflah dalam beberapa forum dan sertakan link web Anda di setiap posting, pertanyaan, jawaban, atau komentar dalam forum.
  • Social media dan bookmarking
Menyertakan link yang mengarah ke halaman web Anda dalam satu atau beberapa posting atau bahkan setiap posting dalam social media yang anda gunakan. Fakta dalam twitter.com, hampir semua posting di dalamnya berakhir dengan link! Mengenai hal ini sudah terbukti dan semua sepakat bahwa social media adalah tempat terbaik dalam promosi web Anda.
  • Submit Artikel 
Pasti Anda bisa menulis tentang sesuatu yang coba Anda jual melalui web Anda. Submit artikel artikel tersebut ke tempat tempat terkenal seperti ezinarticle.com dan lain2..daftar selengkapnya di sini!. Jangan lupa sertakan dan sebar sebanyak mungkin link Anda sendiri di tempat tempat dimana diijinkan untuk menyertakan link.
  • Mencari Backlink
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari backlink. Backlink yang dapat menaikkan posisi di mesin pencari adalah backlink yang relevan dan backlink dari website atau blog dengan PR lebih tinggi. Sementara backlink dari yang tidak relevan dan PR sama atau lebih rendah, tetap bagus untuk keperluan membangun link, walau tidak seberapa efeknya, dan juga PR sama atau lebih rendah tidak memberikan efek signifikan, jika untuk keperluan meningkatkan PR.
Tulisan ini jelas jauh dari sempurna, oleh karena itu senang sekali jika anda bersedia berkomentar untuk menyatakan tidak setuju, setuju, Suka, benci, hina, kritik atau saran dan seterusnya..
Buat yang mau copy silahkan, hargai sedikit saja capek pada jari jari saya dengan menulis komentar atau sekedar say hello. Terimakasih, semoga bermanfaat..
Sumber gambar spider bot : conversionkings.se

Artikel seo berkaitan:

===============================

16 komentar:

  1. sudah lama tau kalao twitter bisa jadi pendulang traffik yang lumayan. tapi sampai sekarang gak aktif kih hiks

    BalasHapus
  2. thanks sekali lagi atas infonya
    saya tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  3. @Eros > AYo kang diaktifin lagi..biar tambah Sip..
    @Sewamobilsurabaya > thank..sukses selalu dech, tambah rame konsumennya..

    BalasHapus
  4. masukan yang sangat baik dan bermanfaat untuk para blogger dan mudah-mudahan ini akan di ikuti oleh blogger di indonesia,,

    BalasHapus
  5. maksh buat infonya... bagi pemula seperti saya wah bermanfaat nich info tuk belajar......

    BalasHapus
  6. lengkap sekali.. sependapat semuanya, saking pinginnya minimalis sampai visitor counter di blog tidak saya pasang.. thank 4 sharing :)

    BalasHapus
  7. Klo saya pengin punya blog yang menarik dari sisi tampilan dan terutama contentya, soal traffict???, makanya temen-temen blogger maen ke blog awak yang baru lahiran kemarin, mengulas tentang animasi sederhana, ya diharapkan partisipasi celotehnya, ikhlas bagi anda halal bagi kami....!!Maen disini Ok

    BalasHapus
  8. http://it-battle.man3malang.com/2010/11/indonesia-siap-bersaing-di-serp.html

    BalasHapus
  9. Bagaimana caranya Mas, agar pagerank blog kita baik? Thanks

    BalasHapus
  10. Richie : Begini bro..!
    PR kalau saya bilang adalah hasil kerja keras..

    Bagaimana supaya punya PR baik?
    OK..sedikit pengetahuan saya tentang PR.
    Singkatnya : PR (page Rank) diukur dari banyaknya link yang mengarah ke halaman web/blog kita. Semakin banyak, maka PR akan semakin baik. selanjutnya dikenal dengan istilah "backlink".

    Yang biasa dilakukan adalah :
    1. Bertukan link sesama blogger, naik lewat award-award_an, tuker link.
    2. Menulis komentar di blog "dofollo"
    3. Menulis posting di blog lain sebagai blogger tamu
    4. dll..

    Semua upaya diatas juga dikenal dengan "membangun link" atau "link Building". silahkan baca :30 strategi jitu membangun jaringan (links building)

    Perlu diperhatikan dalam urusan link yang mengarah ke kita, bila untuk tujuan posisi lebih baik di mesin pencari, akan lebih bagus bila:
    1. Relevan = berasal dari web/blog/halaman tertentu yang se-tema (Topik sama atau mirip) dengan web/blog kita.
    2. Dari web/blog yang sudah ber-PR lebih tinggi dari web/blog kita.
    3. Link searah = maksudnya mereka link ke kita, dan kita tidak link ke mereka.

    Namun yang sering saya temukan adalah = intinya adalah perbanyak link ke kita dengan cara2 di atas. Jangan pikirkan lagi so'al PR blog yang link ke kita, relevan atau tidak, searah atau timbal balik dst.

    FAKTA : banyak blog ber PR tinggi dengan backlink yang bejibun dan hanya kurang dari 40% saja yang relevan.

    semoga sedikit membantu..thank!

    BalasHapus
  11. Terimakasih, sangat berguna, satu hal yang ingin saya tanyakan, apakah bisa kita menuliskan hany keyword saja pada ajudul dan sama seperti isi halamannya? sehingga kita tidak perlu nulis terlalu banyak.

    BalasHapus
  12. Begini Sis:
    Pada dasarnya penempatan kata kunci biasa diletakkan para webmaster dlm judul, dlm artikel dan biasanya di bagian footer atau sidebar.

    Perlu diperhatikan dalam meletakkan kata kunci:

    1. Dalam menempatkan kata kunci atau frasa kata kunci dalam artikel, hendaknya dibuat "se-alami mungkin". artinya begini : dalam satu paragrap, kita harus menyusun kalimat demi kalimat sedemikian rupa, dan harus mengandung kata kunci yang kita inginkan. gampangnya kalimat yang ada (sesuai point) memang mengandung kata kunci tersebut, dan bukan seperti munculnya kata kunci yang seolah "dipaksakan".

    2. Menempatkan kata kunci terlalu banyak, baik dalam judul, artikel mapun di footer terlalu banyak, berpotensi terdeteksi sebagai "engine spamming" oleh Google, dan ini bisa buruk untuk peringkat di hasil pencarian atau paling buruk bisa mendapatkan pinalty.

    So.. jika yang dimaksud menempatkan kata kunci di judul, kemudian dalam artikel dipenuhi dg kata kunci secara membabi buta, jelas salah dan Google dengan mudah akan mendeteksi ini sebagai salah satu cara terlarang (silahkan baca : Black hat SEO (Teknik SEo terlarang

    Kenapa ini buruk? ini bukan "menipu" pengunjung website saja, tetapi juga menipu mesin pencari (Google) itu sendiri. Ingat Algoritma Google dibuat sedemikian rupa dan terus diperbaharui untuk dapat menampilkan hasil pencarian yang SE-RELEVAN mungkin. disinilah reputasi mesin pencari, dan jelas Google tidak ingin ini dikacaukan oleh seseorang yang hanya memenuhi website-nya dg segerombolan kata kunci saja tanpa ada artikel yang benar2 bermanfaat.

    Perlu diingat juga bahwa faktor kata kunci bukan faktor satu satunya, dan bahkan Google pernah membuang faktor ini dalam algoritma mesin pencari mereka, karena disalahgunakan para webmaster, pernah dikenal dengan istilah "keyword stuffing", dan ini terbukti mengacaukan hasil pencarian. silahkan baca tentang Kata Kunci (Keyword).
    Terimakasih...

    BalasHapus
  13. Terima kasih artikelnya..., banyak informasi yang dapat saya terapkan dalam membangun SEO....


    jasa pindahan

    BalasHapus
  14. Saya suka dengan artikel ini, dlm belajar SEO kita harus jujur, dan apa yang anda sampaikan akan saya coba. Salam DAHSYAT...!!!

    BalasHapus
  15. Makasih atas infox, saya suka sekali dgn artikel ini, belajar SEO it harus jujur, segala apa yang telah aku baca akan aku praktekan. Salam Dahsyat.

    BalasHapus
  16. @Pulsa Murah : Terimakasih kembali. btw..ikut berduka cita atas hilangnya domain.co.cc di serp Google, semoga para webmaster .co.cc diberi ketabahan dan tetap semangat!!.
    semoga cepat atau lambat Google merubah kebijakan berkaitan dengan .co.cc

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.