Januari 31, 2010

Social Media Alternatif SEO 2010

Menghadapi persaingan di dunia bisnis online yang semakin ketat, banyak pula lahir cara cara baru seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Mengikuti perkembangan dan menggunakan cara cara baru yang berkembang akan sangat baik untuk kesuksesan dalam bisnis online. Seperti kita ketahui bersama dunia internet sekarang sedang fokus kepada satu hal yakni social media. Twitter dan facebook (FB) adalah contohnya, dan masih banyak lagi social media yang lain.

Dalam dunia bisnis tidak jauh dari pemasaran, dan pemasaran berkaitan erat dengan promosi dan penawaran. Selain mempersiapkan produk yang berkualitas dan siap bersaing, sebuah produk tidak akan sukses tanpa adanya promosi dan penawaran. Telah kita ketahui bersama bagaimana caranya produk bisa sukses dijual secara online, salah satunya adalah dengan SEO. Dan sekaranglah saatnya untuk membuat langkah dalam mensukseskan bisnis Anda melalui social media.

Disaat dunia internet marak dengan penggunaan social media dalam berinternet, maka ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut. Seorang pengguna social media semisal (FB) facebook.com, dan mempunyai teman 1000 orang misalnya, apakah ini bukan tempat potensial untuk menawarkan sesuatu? Di saat seseorang memposting sesuatu, makan akan ada minimal 1000 orang yang melihatnya dan kemungkinan membacanya. Sebagian besar social media juga mengijinkan penggunanya untuk menyertakan link link ke dalam posting. Mudh difahami soal ini saya kira.

Sebagai gambaran saja, pernah dilakukan sebuah test sederhana berkaitan tentang seberapa potensialkah social media dalam mendatangkan traffic. Hasilnya menakjubkan! Test sederhananya begini: Dua buah web yang bertema sama di buat dalam waktu yang sama, kemudian keduanya dibedakan dalam perlakuan promosi. Web yang satu gencar di promosikan lewat social media, dan yang satunya dibiarkan berjalan biasa dengan standar SEO. Apa hasilnya setelah berjalan kurang lebih 6 bulan? web yang dipromosikan lewat social media traffic meningkat jauh lebih tinggi ketimbang yang satunya. Bahkan hasilnya cukup mencengangkan!.

Dari test sederhana tersebut, tampak sekali hasil yang berjarak begitu jauh. Bagaimana sebuah posting mendapatkan pengunjung mencapai 160 ribu lebih dalam 1 jam sejak di publikasikan.  Ini fakta! Salah satu posting dalam mashable.com pernah mendapatkan tweet (istilah share di social media twitter.com) 160 ribu lebih hanya dalam waktu 1 jam sejak posting itu diluncurkan.

Ini artinya apa? Social media begitu potensial untuk keperluan traffic. Ini sebenarnya tidak lebih dari sebuah bentuk SEO offpage, seperti meminta teman untuk mengunjungi lewat chat dan lain sebagainya. Social media semacam twitter.com memungkinkan follower (pengikut: istilah yang digunakan twitter untuk teman kalau dalam FB)  untuk melihat dan membaca setiap posting.

Oleh sebab itu menjadi satu hal penting yang patut dilakukan. Bahkan promosi website menggunakan social media seperti FB dan Twitter dipercaya sebagai alternatif jitu jika suatu saat SEO tidak lagi berfungsi dengan baik. Bukan hanya menata title, meta tag, keyword dan lain sebagainya saja. Itu adalah onpage SEO. Jangan remehkan tentang Offpage SEO jika ingin lebih sukses.

Terimakasih, semoga bermanfaat...

Mungkin perlu dibaca:
______________________________________________

2 komentar:

  1. great bos, saya malah lebih manfaatkan offpage ketimbang onpage, dulu tiap hari saya linking di fb saya yang pake foto ce ayu, tembus 1000 bos perhari. klo ngga pake linking fb malah merosot ke 100-200 yg nyasar ke blog.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.