Januari 30, 2010

Bagaimana Google membuat Page Rank

Google Pagerank sangat berbeda dengan Alexa pagerank. Keduanya sama dalam SEO. Google pagerank dibuat berdasarkan tingkat penting suatu web. Biasanya akan lebih sulit dalam Google pagerank ketimbang menaikkan Alexa pagerank. Proses yang rumit dan sulit harus dilewati untuk urusan Google pagerank.

Google Page Rank adalah peringkat link algoritma yang diukur antara 0 sampai 10. Layak kita jadikan acuan tentang hal itu disebut Page Rank, karena ini adalah cara Google melihat halaman Web Anda, berapa banyak link menunjuk ke halaman, seberapa unik kah konten halaman Anda dll, Dengan cara inilah Google membuat peringkat untuk halaman web Anda.

Note: Istilah Page Rank dirintis oleh salah satu pendiri Google, Larry Page.

Gambaran sederhana bagaimana Google membuat peringkat atau Page Rank pada web Anda adalah seperti membayangkan sebuah tempat misalnya. Dimana tempat yang paling banyak dikunjungi yang dihitung dalam ukuran hitungan waktu tertentu, kemudian kualitas tempat tersebut, kepuasan pengunjung di tempat tersebut serta banyaknya pengunjung yang merekomendasikan untuk datang ke tempat tersebut. Tentu saja tempat tersebut kita sebut bagus! atau baik atau recomended. Dengan kata lain tempat tersebut mempunyai banyak nilai lebih bukan hanya banyak pengunjungnya tetapi juga kepuasan dan kualitas berkaitan dengan tempat tersebut. Singkatnya tempat tersebut diberi nilai 9 misalnya.

Pandanglah web kita sebagai sebuah tempat, kemudian pengunjung (dalam hal ini sering disebut traffic) banyak, kualitas konten atau layanan atau apapun yang dijual di web kita bagus, (secara umum ini disebut konten saja), kepuasan pengunjung web kita terjamin dan terbukti, kemudian banyak yang merekomendasikan untuk mengunjungi web kita baik melalui link (linking in), subscribe, share to dan lain sebagainya, Tentu saja web ini dianggap penting dan patut mendapatkan ranking (Page Rank). Semakin dianggap penting dan bernilai plus tinggi, semaikn tinggi pula Page Rank nya.

Berbicara soal Page Rank, isu paling umum yang muncul kemudian adalah bagaimana cara meningkatkan Page Rank dalam mesin pencari. Webmaster dunia sepakat bahwa cara terbaik adalah dari mesin pencari. Ini artinya adalah SEO. Sebuah web yang berada di posisi atas SERP mesin pencari akan secara otomatis mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian pada mesin pencari. Tapi sekali lagi saya katakan inilah yang tersulit!. karena ini tentang persaingan melawan ribuan bahkan jutaan situs pesaing.

Google Page Rank terutama tidak diukur dari banyaknya pengunjung tetapi seberapa penting web tersebut. Menilai seberapa penting sebuah web dilakukan Google dengan melihat seberapa banyak link yang mengarah ke web. Namun tidak cukup disitu saja, isi juga dilihat sebagai penilaian berikutnya. Banyaknya link yang menunjuka ke web kita tidak menjamin akan menaikkan Page Rank. Ini juga berkaitan erat dengan aturan relevansi yang tentu saja ini berkaitan dengan isi atau konten. Kesimpulannya, banyaknya link yang tidak relevan tidak akan banyak mempengaruhi Page Rank jika tidak bagus dalam hal relevansi.

Dari berbagai cara Google membuat Page Rank mungkin penilaian utama adalah faktor pengunjung dan link in, sebagai contoh Google search. Berapa banyak pengguna internet dalam sehari yang mengunjunginya (menggunakannya)? tentu saja labelnya Page Rang 10. Soal konten, apa sih konten dari Google search? Isinya adalah search itu sendiri atau pencarian itu sediri. Selain itu hampir semua halaman Web terdapat link yang mengarah ke Google Search. Seberapa pentingkah Google Search? Anda pasti tahu jawabannya. Apakah Anda bisa sehari saja tidak menggunakan Google Search?.....

Contoh berikutnya facebook.com. Pada saat saya menulis ini 30 Januari 2010, facebook mempunyai Page Rank 9. Satu tingkat di bawah Google. Siapa yang tidak menggunakan social media ini? lalu kontennya apa? kontennya adalah layanan jejaring sosial itu. Kebanyakan halaman web juga link menuju facebook.com. Saya kira jelas bagaimana Google membuat peringkat web.

Dibawah ini beberapa situs yang dianggap sangat penting atau bisa dikatakan situs yang sempurna karena mempunyai PR10. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai bagaimana sebenarnya Google membuat Page Rank, sesekali luangkan waktu untuk mengunjungi dan lakukan riset sederhana. Pelajari apa konten atau layanannya?..., seberapa banyak pengunjung tiap harinya...? dan seberapa banyak juga site yang link ke arahnya?.... Berikut ini daftar situs ber Page Rank 10 (Source: www.searchenginegenie.com)

Title PR
GBLs ( Google's Fake representation refer webmaster tools for ) YBLs URL
Google Search 10
132,000 1,041,958,589 http://www.google.com
World Wide Web Consortium 10
33,000 66,868,007 http://www.w3.org/
US Goverment website 10
29,800 5,507,662 http://www.usa.gov/
Adobe - Adobe Reader Download 10
          366,000 1,426,347 http://get.adobe.com/reader/
National Portal of India 10
2,270 250,770 http://india.gov.in/
United States Department of Health and Human Services 10
34,400 2,528,270 http://www.hhs.gov/ and http://www.dhhs.gov both redirects to same URL. 
Europeana 10
5,030 458,308 http://www.europeana.eu/portal/
CNN 10
46,100 23,149,725 http://www.cnn.com/
Miibeian 10
31,200 824,087,644 http://www.miibeian.gov.cn/
Social Bookmarking Sharing Button Widget 10
151,000 340,345,651 http://www.addthis.com/bookmark.php
ScienceDirect 10
8,200 1,539,714 http://www.sciencedirect.com/


Terimakasih, semoga bermanfaat:


May need to read!
4 kesalahan umum dalam optimasi search engine
Meningkatkan penjualan bisnis online melalui link kualitas tinggi
30 strategi jitu membangun jaringan (links building)
64 tempat submit artikel untuk webmaster
Belajar tentang Kata kunci (keyword) dalam SEO
3 Macam teknik SEO

6 komentar:

  1. Wah baru tau aku..Tx infonya sob..

    BalasHapus
  2. wis,, sebagai pemula baru sadr saya ternyata hal2 yang di tuli sobat,, sangat bermaamfaat untuk saya, maksih sobat

    BalasHapus
  3. Mantabs nich... Makasih untuk sharingnya sob...

    BalasHapus
  4. trus ada istilah update pagerank itu apa mas?

    BalasHapus
  5. Update Page rank..? adalah kegiatan rutin Google melakukan evaluasi terhadap semua situs secara otomatis untuk kemudian memberikan rangking terbaru. tentang jadwalnya kayaknya rahasia Google, tapi (DULU)dalam catatan paling cepat 4 bulan, pernah sampai 7 bulan, bahkan 1 tahun.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.