April 16, 2010

[New Seo Factor] Faktor Baru Penentu Rangking Google Search

Beberapa hari yang lalu, Google secara resmi menjadikan faktor speed pada sebuah halaman web sebagai salah satu faktor penentu rangking pada serp di google search. Ini berkaitan dengan cepat atau lambat sebuah halaman web dapat tampil secara penuh. Ukuran besar kecilnyalah yang biasanya menjadikan sebuah halaman memerlukan waktu lebih lama saat loading. Faktor speed ini sebetulnya tidak perlu dirisaukan karena hanya 1 % (satu persen) saja. Sementara masih ada 99% lain yang mungkin jauh lebih penting bagi upaya SEO demi mendapatkan rangking google yang lebih baik.

Permasalahannya adalah, kebanyakan web atau situs yang besar dan berumur cukup lama, sebagai contoh saja biasanya mempunyai kolom kolom iklan tertentu yang kadang berjumlah lumayan banyak. Dan dari sana pula penghasilan didapatkan. Nah hal tersebut menjadi salah satu hal yang menyebabkan loading sebuah halaman web menjadi berat. Jika saja faktor speed ini lebih besar dari hanya 1%, katakanlah 10 % pasti banyak webmaster yang melakukah rombak besar besaran dalam halaman halaman tersebut.

Hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan, diantaranya:

Bagaimana dengan web atau situs yang berat atau sangat berat tetapi tetap saja mempunyai rangking yang tinggi di mesin pencari?

Tentu saja, pada umumnya mungkin banyak yang menhawatirkan keadaan web atau blog yang dimiliki apabila loading terlalu berat, tetapi yang perlu digarisbawahi adalah bahwa faktor speed atau kecepatan loading sebiah halamana web ini hanya 1% saja. Ini artinya jikapun loading berat, tetapi ada 99% faktor yang lain bagus, maka saya kira 1% tidak menjadi masalah jika tidak terlaksana.

Bagi para blogger khususnya, kecepatan loading sebuah halaman blog, secara umum bukan saja bagus bagi rangking di mesin pencari, namun juga membuat pengunjung atau visitor yang datang lebih nyaman. Menurut saya pribadi, selama ini jika melakukan blogwalking misalnya, kemudian blog yang saya kunjungi terasa berat bahkan memakan waktu lebih dari 30 detik untuk dapat melihat apa isinya, biasanya akan langsung saya tutup. Bagaimana dengan sobat blogger semua..?

Faktor berat suatu halaman web atau blog ini, juga akan mengakibatkan pemborosan bandwith jika memakai hosting yang berbayar dan tidak unlimited (terbatas). Sangat disayangkan bukan..jika ternyata yang membuat berat adalah widget2 yang kurang atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali. Iklan iklan bergrafik yang menggunakan i frame, java script dan lain sebagainya juga menambah ukuran berat sebuah halaman web atau blog.


Artikel berkaitan:
Step by Step SEO Mudah dan Gampang | High Quality Links / Visitors | Onpage SEO - Optimasi kata kunci pada Isi Teks Posting | On-page SEO - Optimasi Kata Kunci dalam Halaman | Belajar Kata Kunci (Keyword)

9 komentar:

  1. tp semua utu juga pengaruh ama koneksi juga, dan g bisa disalahin satu pihak

    BalasHapus
  2. sama kalau gt sob, tp aq orangnya sabar kok sob, aq tunggu sambil buka blog lain, y sejedar penasaran seperti apa materinya gt

    BalasHapus
  3. Aku pikir ini adalah bagian langkah yang sangat bodoh pada Google. Ketika saya mencari sesuatu di google, saya ambil hasil berdasarkan relevansi, dan bukan seberapa cepat load sebuah halaman. Jika dibutuhkan beberapa detik tambahan tetapi lebih relevan dengan apa yang saya cari, pasti saya memilih itu. Ini adalah cara cepat untuk membuat orang beralih ke Bing.

    Bayangkan pergi ke toko buku dan meminta buku-buku tentang sejarah Indonesia misalnya dan mereka memiliki rekomendasi buku-buku yang tidak baik dan tidak relevan karena mereka kebetulan berada dekat dengan tempat Anda berdiri, karena bertentangan dengan yang di lantai atas atau sesuatu yang lain. tapi intinya adalah bahwa aku mencari informasi yang saya butuhkan, dan bukan untuk mendukung upaya Google dalam mempercepat internet.

    BalasHapus
  4. Faktor baru penentu ranking ini kayaknya lebih berpihak pada web dan blog berskala bisnis kecil ya Bro..? yang termasuk microblogging gitu kayaknya..

    BalasHapus
  5. Wah, keren bro.... Ane juga lagi belajar SEO nih.. Apa yang gw baca, gw praktekin trus gw tulis deh.. semoga nanti giliran punya mas furqon yang ane review.... thank's alot ya mas.... salam hangat dari tetangga...

    BalasHapus
  6. @Kunci Bisnis : Yang udah lama apanya Bos..?dijadikannya speed loading sebagai faktor oleh Google setahu saya sih baru April 2010 ini, coba aja kunjungi webmastercentral...nih linknya : http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2010/04/using-site-speed-in-web-search-ranking.html

    BalasHapus
  7. Dan di help forum webmaster Google juga rame dibicarakan tuh..nih linknya : http://www.google.com/support/forum/p/Webmasters/thread?tid=40eaa16304372f72&hl=en

    BalasHapus
  8. follow blog q donk......

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.