Januari 22, 2010

Antara Blog, Making Money dan SEO

Blog, SEO dan making money adalah 3 hal yang berkaitan erat. Jika sebuah blog dikelola dengan baik, fokus dan kerja keras serta dilengkapi dengan penguasaan sebagian atau keseluruhan SEO, jelas sangat terbuka lebar berpeluang menghasilkan uang.

Rumus sederhananya begini:
Blog + SEO = Money
Anda setuju atau tidak, tapi itu adalah fakta!.

Meskipun domain dan hosting gratis, tidak cukup untuk membuat sebuah blog. Karena masih diperlukan waktu, tenaga, pikiran, bahkan uang. Domain dan hosting gratis adalah seperti lahan kosong. Jika lahan kosong itu gratis (seperti domain dan hosting gratis), untuk membangun rumah di atasnya tetap tidak gratis. Bayangkan apabila dibangun sebuah bangunan dengan biaya dan tenaga, kemudian bangunan itu tidak terpakai?

Sama halnya dengan domain dan hosting gratis, kita dengan susah payah membangun blog, mengisinya dengan posting-posting, banyak waktu terbuang untuk itu, dan banyak juga biaya untuk itu, kemudian dari blog tersebut tidak kita manfaatkan? Persis seperti membangun rumah atau bangunan toko kemudian setelah selesai kita biarkan begitu saja. Sangat disayangkan bukan?.

Kebanyakan orang membangun sebuah blog tentunya punya tujuan making money, meskipun ada blog yang secara sengaja dibangun bukan untuk itu, seperti blog instansi, dinas, dakwah dan lain sebagainya.Bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan? tentu saja banyak hal harus dipelajari termasuk salah satu yang terpenting adalah SEO.

Selama pengalaman saya blogwalking, hampir semua blog atau sebagian blog yang saya kunjungi, dipastikan terdapat bagian making moneynya, baik itu ppc, ptc, dibayar atas file yg di download, ads atau bahkan afiliasi dan masih banyak lagi. Adalah bohong jika blog blog tersebut bukan untuk making money!.

Kenapa SEO penting?!!
Dalam posting ini saya tidak akan menjelaskan secara rinci pentingnya SEO dalam making money online. Saya akan coba ungkapkan sebuah fakta betapa mahalnya orang membayar untuk jasa SEO.
Di Indonesia, rata-rata para penjual jasa SEO mematok tarif  US$100 sampai dengan US$400 atau setara dengan 1 juta rupiah sampai 4 juta rupiah untuk membidik satu (1) kata kunci (atau: frasa kata kunci).

Melihat kantong saku saya, MAHAL!. Tapi faktanya adalah orang membayar dengan senang hati untuk jasa seperti itu. Karena apapun alasan mereka, yang jelas harga tersebut sebanding dengan hasil dari kesuksesan SEO.

Kembali ke permasalahan SEO, apakah ada yang gratis? TIDAK ADA..!.yang ada adalah YANG MURAH! dan bukan gratis. Maksud saya begini, apabila Anda merasa membutuhkan SEO, lalu anda tidak ingin membayar mahal untuk itu, satu satunya cara adalah belajar sendiri. Di dunia online, tidak terbatas jumlahnya artikel-artikel SEO disediakan secara gratis dan siap dipelajari secara bebas bas bas!! Nah meskipun ilmunya gratis, tetap saja dibutuhkan waktu dan tenaga untuk mempelajarinya, butuh komputer, butuh jaringan internet, butuh aliran listrik, jika ke warnet juga butuh bayar paket, butuh bensin dan seterusnya. Itulah yang termurah.

Kerja keras dan pantang menyerah bisa menjadi alat yang jitu untuk meminimalisir biaya yang seharusnya dikeluarkan. Mari belajar bisnis online bersama dengan modal kerja keras dan kerja keras.
Terimakasih, semoga bermanfaat.

Mungkin anda perlu membaca:

2 komentar:

  1. Blog dengan isi yang sangat bermanfaat ..untuk kami pemula...terima kasih atas infonya..

    BalasHapus
  2. Sama2 Sob..makasih kunjungannya..moga bermanfaat..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.