Februari 09, 2010

EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 - Sebenarnya Dual Band atau Single Band?

Pada November 2009, saya membuat sebuah posting dalam label informasi koneksi internet berkaitan dengan produk sebuah modem cdma dengan merk alltronix zx 200 dengan spesifikasi dualband (800/1900Mhz) dan CDMA 1 x 2000 / CDMA EV-DO. Dalam posting tersebut saya sebutkan bahwa modem ini menggunakan teknologi CDMA dualband yang artinya mendukung CDMA 1x 2000 atau sinyal CDMA yang biasa seperti yang digunakan Flexi dan Starone Indosat, dan juga mendukung teknologi yang lebih cepat yakni EVDO atau EV-DO seperti yang digunakan oleh Smart Telecom.

Menanggapi perkembangan yang ada, terutama seputar permasalahan rekan-rekan yang menggunakannya dan mempunyai masalah pada saat digunakan untuk koneksi internet menggunakan operator dengan frekwensi 1900 Mhz dalam hal ini Smart. Permasalahan tidak bisanya modem alltronix zx 200 pada saat digunakan dengan operator cdma 1900 Mhz cukup membuat saya terkenjut.

Karena jika benar maka mungkin saya merasa bersalah karena posting saya tersebut sedikit membeberkan sesuatu tentang modem tersebut yang cenderung menguntungkan produk tersebut terutama mengenai status DUAL BAND pada produk tersebut, meskipun sebenarnya saya tidak membuat semacam review dengan maksud keuntungan tertentu. Tetapi tidak lebih hanya ingin memberikan informasi seputar koneksi internet. Itu saja!.
"Satu hal lagi yang penting adalah modem ini mendukung 2 frekwensi (dual band) yakni 800 Mhz seperti Flexi, Starone - Indosat, Mobi - mobile-8 dan 1900 Mhz seperti Smart - Smart Telecom. Selain Dual band, modem ini juga sudah mendukung teknologi data CDMA yg lebih cepat yakni EVDO rev.0 dan EVDO rev. A yang konon katanya mencapai 3,6 Mbps. Sederhananya modem ini cukup bagus untuk saat ini sesuai dengan harga yang ada, karena modem ini bisa gunakan untuk hampir semua operator CDMA yang ada di Indonesia saat ini (November 2009) dan sudah mendukung data menggunkan jaringan EVDO".
Kembali ke permasalahan tidak bisanya modem ini digunakan pada operator 1900 Mhz..disini saya akan membeberkan beberapa analisa tentang hal ini sesuai dengan beberapa sumber informasi dan sumber yang saya cari sendiri. Antara lain:
  1. Beberapa teman mengalami hal ini dan sudah dilakukan percobaan berkali kali tetapi tidak bisa.
  2. Kekhawatiran tentang kerusakan modem, ada beberapa teman juga yang baru membeli, artinya barang baru! Tapi tetap tidak bisa.
  3. Kekhawatiran tentang salah satu teman yang mengira mendapatkan modem yang cacat produk, kenyataannya lebih dari satu orang yang mempunyai permasalahan sama.
  4. Kekhawatiran salah setting pada system di computer, kenyatannya setting yang ada bisa digunakan untuk selain operator 1900 Mhz.
  5. Ada yang mengira modem di lock dari vendor untuk penggunaan 1900MZ, tapi kenyataannya sinyal normal pada penggunaan kartu CDMA beroperator 1900Mhz (dalam hal ini Smart).
Karena penasaran dan merasa bersalah terhadap posting sebelumnya tentang ZX-200 maka saya kemudian melakukan beberapa hal diantaranya menjajalnya lagi sendiri dengan menggunakan operator CDMA yang menggunakan 1900 Mhz (Smart). Dan hasilnya memang benar! Tidak bisa berfungsi sama sekali.

Apa yang saya lakukan kemudian adalah mencoba mencari pencerahan dan sumber yang berkaitan, dalam hal ini pertama distributor (Nama sengaja dirahasiakan : ada di Admin). Jawabannya adalah tidak jelas malah seolah tidak peduli dengan modem jualannya tersebut. Kesimpulannya mereka hanya menjual barang tersebut dan mereka tidak tahu menahu tentang barang tersebut.

Selanjutnya saya mencoba menghubungi nomer customer service yang ada, tetapi saya cari cari terutama di cover produk tersebut saya tidak menemukannya. Ketika dicoba di cari lewat mesin pencari dengan kata kunci Costumer Service Modem dualband Alltronix AX ZX-200 juga tidak ditemukan apa-apa.

Dari pemaparan diatas, akhirnya saya menyimpulkan bahwa modem ini bukan DUAL BAND seperti yang yang saya tulis sebelumnya sesuai cover yang ada, tetapi modem ini adalah Single BAND! Artinya jika benar BUKAN DUAL BAND, maka ada kesalahan informasi antara cover dengan produk. Disengaja atau tidak yang jelas merugikan konsumen! Dan mungkin juga hal ini melanggar undang-undang perlindungan konsumen. Saya tidak tahu pasti tentang hal ini apa ada pihak terkait yang menanganinya atau dibiarkan begitu saja dan mungkin terjadi bukan hanya pada produk Alltronix ZX 200 ini saja tetapi pada produk tidak bertanggung jawab yang lain terutama yang beredar di Indonesia.

Untuk kesekian kalinya, produsen hanya mencari keuntungan sepihak dengan memberikan informasi yang berbeda dengan kondisi produk yang sebenarnya. Di dunia bisnis ini dikenal dengan trik branding atau semacamnya, maksudnya adalah mencoba menggunakan informasi yang ada yang sedang trend dan banyak dicari konsumen, untuk upaya melariskan penjualan produknya, sementara produknya tidak sesuai dengan tren yang ada.

Akhirnya kesimpulan dari posting saya adalah bahwa MODEM ALTRONIX AX ZX-200 BUKAN DUAL BAND melinkan SINGLE BAND! Dan untuk konsumen untuk lebih berhati hati terhadap produk produk elektronik terutama yang yang saya tahu yang beredar di Indonesia (di selain Indonesia, saya tidak tahu).

Pesan terakhir saya selalu sama tentang hal ini, ada harga ada rupa, mahal dan berkualitas itu sudah seharusnya, murah tapi tidak murahan itulah harapan kita, mahal tapi tidak berkualitas? Hajar aja!. Lebih berhati hati dalam semua hal, adalah jaminan terbaik satu satunya untuk keamanan kita. Waspadalah! Waspadalah!...

Terimakasih, mohon maaf dan semoga bermanfaat!

Best Regard
Furqonblumah

Catatan: 
Jika ada pihak resmi atau siapapun yang bertanggung jawab terhadap produk modem CDMA ZX 200 ini, yang kebetulah atau tidak membaca ini, akan senang sekali bila memberikan tanggapan dan penjelasan serta solusi berkaitan dengan masalah ini. Atau bisa menghubung langsung di email saya : furqonblumah@gmail.com (jangan SPAM!!)

19 komentar:

  1. Ane pernah beli barang yang sama pak. pada saat pembelian sempat ane tanya ke tokonya tentang 800/1900 Mhz yang dimaksud. Dan tokonya langsung jawab modem memang nggak bisa dioperasikan dengan operator yang Pak admin maksud (Smart). alasanya operator tersebut sudah ter-lock dengan paketan modem yang dijual dari vendor operator tersebut (Smart).

    BalasHapus
  2. Alltronix zx200 benar2 produk yg MEMBOHONGI konsumen. semua operator telah saya coba, dan hanya star one yg bs terkoneksi di modem zx 200 ini. Kemudian Aplikasi software nya yg tidak lengkap, tidak ada aplikasi SMS dan CALL seperti yang tersebut waktu loading awal instalasi driver tsb.
    Ketika googling jg tidak bs menemukan produk ini di web site-nya Alltronix.
    saya sangat merasa kesulitan ketika mengisi dan mengecek pulsa.
    Kalo ada pihak Alltronix atau management Alltronix yg menangani MODEM ALLTRONIX ZX200 ini agar BERTANGGUNGJAWAB dalam ketidak puasan kami yg telah DITIPU oleh produk ALLTRONIX ZX 200.
    Terima kasih pak admin.. Semoga ini menjadi pembelajaran bersama bagi kita untuk tidak sembarang memakai produk yg tidak jelas.
    Wassalam.

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya..semoga ini bisa menjadikan kita lebih berhati-hati dalam membeli sesuatu..

    BalasHapus
  4. iya bang, saya juga termasuk yang kena tipu oleh alltronik zx-200.
    dulu sempat putus asa setelah coba beberapa kartu cdma dan hasilnya selalu tidak bisa connect.
    sempat tak diamkan beberapa bulan, sampai beli hp cdma untuk registrasi kartu dan internet, tapi hasilnya tetap nihil.
    terakhir saya gunakan star-one, saya kira sama saja karena tidak bisa connect juga, tapi saya coba buat dial up sendiri (tidak menggunakan aplikasi dari alltronik) akhirnya pertama kali setelah sekian bulan baru bisa connect internet, walaupun kadang sering disconnect sendiri.
    tapi itu posisi saya di kantor, yang memang dekat dengan lokasi tower/BTS, ketika dirumah sama sekali belum pernah connect, walaupun jarak BTS dengan rumah hanya sekitar 1 km.
    padahal ketika kartu saya pasang di HP sinyalnya bagus.
    sering browsing cari-cari driver selain bawaan alltronik, siapa tau bisa lebih baik hasilnya, tetapi hasilnya nihil.

    BalasHapus
  5. Halo..yang paling bikin susah adalah kalo pas mau ngecek pulsa, isi pulsa gesek karena lupa nomernya, ngecek status langganan internetnya masih aktif apa nggak...Intinya modem ini menyusahkan. Harus punya HP CDMA juga ...kalo nggak bakalan susah banget dech....
    Saya browsing sana sini juga gk dapet apa2 buat cari driver atau software khusus mungkin kalo ada supaya nih modem cdma usb yang satu ini alias ax zx 200 alltronix wireless data card bisa buat sms lah setidaknya...

    ada yang punya solusinya nggak selain harus gue ancurin tuh modem...he he he

    BalasHapus
  6. @Anonim yang diatas: Solusinya buat aku aja.. he he he...Memang kayaknya tidak bisa buat sms dana vioce tu medem usb cdma...driver bawaan juga cuma gitu tok til...

    BalasHapus
  7. oh...gitu ya. thx atas infonya. jadi modem ini sudah saya black list dalam daftar beli saya :D

    BalasHapus
  8. Saya juga korban modem ini. :D, Tertipu ama Featur yg di tampilkan di kemasan. saya sudah berkali kali memcoba kartu smart tapi tetap saja gagal, akhirnya saya menggunakan jaringan 800MHz,kartu mobi. untung aja bisa digunakan.
    Nhah... pertanyaan saya, di kemasan di tuliskan data transmission up to 2,4 Mbps. benarkah modem ini bisa untuk kecepatan segitu (seandainya saya berada di daerah yg mendapat sinyal EVDO rev.A) mau mencoba berlangganan evdo rev.A tp takut featur itu cuma boongan juga. kan sayang pulsa cuma di buang2. :D (barangkali ada yg sudah mencoba :D,mohon berbagi informasinya)

    sempat ngiri lht tmn yg pake modem V**US :D, fiturnya lengkap, bisa bwt sms juga. :(, dah gtu dukungan driver untuk macem2 OS jg di sediakan. :(

    BalasHapus
  9. makasih atas infonya.info yang bagus

    BalasHapus
  10. ya saya senang dengan berbagai macam produk Alltronix. They suck!

    And you...yes you as the owner of this page... go try to learn "ada harga, ada barang!"

    BalasHapus
  11. saya juga termasuk korban. buat yang posting,terima kasih banyak atas infonya. sangat bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus
  12. saya bisa menggunakan mobi dan fleksi...

    BalasHapus
  13. Betul saya jg tertipu beli modem ini, hanya bisa starone dan mobi, tidak bisa pake smart dan tidak evdo

    BalasHapus
  14. udah 27 unit modem jenis ini aq jual k customerku dan aq pake sndiri 1 unit.Fasilitas yg tertera d box nya ga sesuai sm barangnya..Itu yg d katakan olh customerku...mrk smua ng-klaim.Akhirnya aq ganti rugi,smua brg aq tarik.Dan tak jual kmbali k org lain,cmn 25rb per unitnya...

    BalasHapus
  15. saya pemakai modem tsb, sudah hampir 2 thn ndak ada masalah sih. walaupun ndak bisa sms dan call tapi lumayan bandel nie modem dah ku tes hampir 4 hari non stop ndak ada problem dan ndak panas modem nya, kartu yg gw pakai starone and flexi. thanks cuma beri info aja

    BalasHapus
  16. thanks sob buat infonya :)

    BalasHapus
  17. Modem yg sy pakai untuk nulis komentar ini ya modem tsb, cuma u/ ngecek pulsa maupun sms memang g ada fasilitas, trus gimana?....ya siapkan hapenya....kok beli modem yg ribet?...anggapan sy semua modem ada menu sms, ya sudahlah brg sdh dibeli dan bisa dipakai....pesan saya "teliti sebelum membeli". Sebagai ctt modem tsb beli waktu ada pameran dg iklannya tentang modem cdma "DUAL BAND teknol EVDO yang konon katanya mencapai 3,6 Mbps". Saya nulis ini sebenar lagi cari software pendukungnya agar modem bisa untuk keperluan diatas. Tengkiyu untuk semua info & komentarnya

    BalasHapus
  18. Segala aksi tipu2 trhadap konsumen harus dan wajib dilaporkan gan!!!! biar tau rasa tuh produsen/agen ato distributorna !!!!!!!

    BalasHapus
  19. Saya juga salah satu korban penipuan atas produk modem Alltronix ZX 200.

    Produk modem Alltronix ini benar2 merugikan konsumen. Lapuur polisi !

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.