November 29, 2009

Koneksi Internet menggunakan Modem CDMA EVDO dualband ZX-200

EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 (Alltronix), begitulah tertulis di cover pembungkus produk ini. Merk Alltronik kita kenal akhir akhir ini dengan produk gadget seperti mp3 player, mp4 player dan lain semacamnya. Merek ini sebenarnya masuk kategori produk china, saya sendiri sebenarnya tidak pernah tertarik untuk membeli dan menggunakan produk-produk dari Alltronik

EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 adalah Modem high speed berjalan di bentangan jaringan CDMA 2000 1x dan juga CDMA EVDO. Jaringan seluler yg akhir-akhir ini semarak meneriakkan lalulintas data cepat dengan harga murah. Sebut saja MOBI dari Mobile-8 yg terkenal dengan produknya Fren, atau Smart dari Smart Telecom yang akhir-akhir ini selain di bundling dengan produk HP modem seperti P1200 atau modem External berbagai merk, juga dibundling dengan produk vendor HP terkemuda di dunia dan akherat seperti Nokia. Dan akhirnya Flexi pun sebagai penguasa jagat komunikasi di Indonesia merasa tersinggung dan akhrinya lahirlah produk datanya yang kita kenal dengan Flexi Unlimited harian dan mingguan ( kaya rental mobil aja ya..?)

Review Produk EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 (Alltronix)
Penginstalan ke PC menggunakan modem ini sangat mudah, driver modem ini sudah tertanam di dalam usb modem yg sekaligus sebagai penyimpan data meskipun hanya berukuran 10 MB dan itu sudah dipenuhi oleh driver modem. Ketika pertama ditancapkan, komputer akan mendeteksi hardware sebagai virtual CDROM yang kemudian secara otomatis akan menginstal software dan drivernya, Klik aja Next...trus next...trus next..lagi teruuss sampai selesai..gampang kan..?

Di dalam lembar aplikasinya terdapat informasi signal dan tab tab lain termasuk tab setting untuk dial up sesuai dengan operator yang kita gunakan. Nah saran saya..jangan gunakan dialing coneksi dari dalam aplikasinya karena menurut pengalaman saya tidak berjalan mulus. Solusinya adalah dengan menggunakan dial up dari luar seperti dial up untuk coneksi menggunakan modem HP nokia.
Ketika masa bekerja, modem EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 (Alltronix) ini tergolong cepat, koneksi ke pc juga cepat dan stabil. Yang lebih melegakan EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 (Alltronix) ini dengan sinyal 4 bar (full 6 bar) tidak panas sama sekali dan tidak mengalami masalah koneksi sampai 24 jam dalam percobaan saya.

Satu hal lagi yang penting adalah modem ini mendukung 2 frekwensi (dual band) yakni 800 Mhz seperti Flexi, Starone - Indosat, Mobi - mobile-8 dan 1900 Mhz seperti Smart - Smart Telecom. Selain Dual band, modem ini juga sudah mendukung teknologi data CDMA yg lebih cepat yakni EVDO rev.0 dan EVDO rev. A yang konon katanya mencapai 3,6 Mbps. Sederhananya modem ini cukup bagus untuk saat ini sesuai dengan harga yang ada, karena modem ini bisa gunakan untuk hampir semua operator CDMA yang ada di Indonesia saat ini (November 2009) dan sudah mendukung data menggunkan jaringan EVDO.

Produk Modem CDMA yang lain biasanya hanya 1 band yakni 800 mhz yang itu berarti tidak bisa digunakan untuk operator yg menggunakan 1900/Mhz seperti Smart dan juga hanya mendukung jaringan CDMA 1x 2000 yang itu berarti jika di sekitar kita sudah terdapat sinyal EVDOpun tidak dapat memakainya dan tetap menggunakan CDMA 1x 2000 yang itu berarti speed maksimal hanya 128 Kbps atau dalam speedtest.net tercatat 0,12 Mbps.

Merk modem yg beredar dipasaran:
  • Speedup : 800 mhz/ CDMA 1x 2000/ RUIM
  • Venus VT12dan 21 : 800 mhz/ CDMA 1x 2000/ RUIM
  • dan banyak lagi modem bundlingan operator tetapi kebanyakan UIM atau injeck, sehingga tidak bis ganti operator selama belum di unlock.
Spesikasi ZX-200
Feature:
  • CDMA 800 Mhz and 1900 Mhz band
  • Data Transmission up to 2.4 Mbps
  • backward compatible with CDMA 1 x
  • USB
Product Specificaton
  • Freqwency ; 800 mhz and 1900 Mhz band
  • I/O interface USB
  • Inner Dual antenna type
OS support
  • Windows XP, 2000, Vista, Mac OS X 10.4, Ubuntu 8.0.4
Dimension and Weight
  • Size : 88.1 x 27 x 11.9 mm
  • weight : 23 gr
Begitulah tertulis di dalam covernya.

13 komentar:

  1. HATI-HATI BELI BARANG PAMERAN !!!
    saya beli EVDO ALtronik 3G CDMA di pameran komputer tanggal 4 Oktober lalu. untuk kecepatan akses internat lumayan bagus tapi hanya untuk daerah yang ada fasilitas 3G nya saja sedangkan untuk daerah yang belum ada sinyal 3G akses kurang lebih sama dengan penggunaan modem CDMA 2000 1x.dan satu hal yang membuat saya agak kecewa pada modem tersebut tidak ada lampu indikator sinyal CDMA,dan juga ada beberapa operator CDMA yang tidak dapat diopersikan dengan modem tersebut. karena saat pembelian barang tidak bisa dicoba dengan alasan tidak adanya kartu perdana CDMA yang disediakan..

    BalasHapus
  2. @ain: soal pembelian di pameran komputer saya setuju..dan untuk maslah layanan akses dan serta masalah kecepatan itu tergantung pada paket dan harga yg kita pake. misal kita pake flexi-harian 2500/24 jam, artinya meskipun kita di wilayah EVDO dan menggunakan modem evdo dg kecepatan 3,6 Mbps, kita tetap hanya dapat 153 Kbps/ 0,19 Mbps. Tidak mungkin kita dapat sampi 1 Mbps atau lebih..karena memang kanal selang data dari operator (bandwith) cuma segitu. Kalo mau coba silahkan pake modem EVDO dan pake smart ambil paket yang 250 ribu/bulan serta pastikan tercover sinyal EVDOnya yang excellent..pasti dijamin ngacir..anda bisa baca posting saya tentang hal ini di http://furqonblumah.blogspot.com/2009/07/mobile-8mobi-unlimited-semarang.html terimakasih kunjungannya..

    BalasHapus
  3. Gw pny modem ini... tp kok g bs bt sms or call ya... apa driver ny korup? tlg bagi informasiny ya.. thx

    BalasHapus
  4. @sandhee: setahu saya sih memang aplikasi bawaan dari sananya gak nyediain buat sms dan call..jadi drivernya baik2 saja...harusnya sih memang bisa..cuma memang mungkin ada masalah di internal vendor yang menyebabkan memang sengaja tidak di sediakannya fitur-fitur tersebut. Ringkasnya modem ini memang dijual hanya sbg modem..bukan yg lainnya..bgt kira2 mnrt aku..

    BalasHapus
  5. evdo tu maksudnya apa ya?
    trus bedanya dengan cdma 1x apa?
    apa hugungannya cdma dengan 3G ?

    tolong dibalas di blog aku ya...

    BalasHapus
  6. @citago>A'ak BuDi: Terimakasih sebelumnya. Soal jawab di blog a'a..aku bingung taruh dimana jawbannya..he he maklum gaptek.
    Soal CDMA A'a kayaknya merendah dech..jadi gk enak aku. Tapi tentang apa itu EV-DO. EVDO singkatan dari Evolution Data Only. Jaringan CDMA yang dikhususkan untuk data sesuai kepanjangannya. Jadi dg EVDO ini lalu lintas data lebih cepat, menurut teori mencapai 3,6 Mbps. Selengkapnya baca aja ya posting saya tentang EVDO http://furqonblumah.blogspot.com/2009/12/apa-itu-ev-do.html

    BalasHapus
  7. saya baru aja beli modem ini, tapi aneh sekali tidak bisa connect internet menggunakan kartu Smart. Saya sudah coba pakai mobi fren unlimited tapi hanya beberapa seri kartu yang bisa menerima modem ini; kenapa ya? apakah saya mendapat barang cacat atau bagaimana? Ada yang punya solusi? Sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
  8. Benar... modem ini tidak bisa dipergunakan untuk kartu smart..
    muncul huruf "R" pada tampilan...
    muhon di perjelas.. bagaimana caranya agar bisa mempergunakan kartu smart sesuai review anda..
    terima kasih..

    BalasHapus
  9. @EdwinHS> sebelumnnya mohon maaf banget tentang review ini. Tapi saya tidak bermain di paid to review kok. Tentang informasi produk ini saya juga tertipu, dan semuanya sudah saya jelaskan di posting saya pada Selasa, 09 Februari 2010 yang berjudul "EVDO 3G CDMA Wireless Data Card ZX-200 - Sebenarnya Dual Band atau Single Band?" terimakasih..dan mohon maaf..

    BalasHapus
  10. pake modem cdma emang asik tapi koneksi nya yang kurang asik...

    tp apa di kata,, namanya jg bayar murah tiap bulan otomatis koneksinya jg terbatas ..

    kwkwkwwkwkw

    BalasHapus
  11. gw juga memakai modem alltronix zx200......kecepatan download nya sangat cepat apa lagi untuk membuka web/game berbasis online ..tapi yang gw keliru nya gk bisa buat sms n nelpon..hay sobat semua apa da driver untuk bisa nelpon dan sms untuk modem alltronix evdo zx200....

    tq ditunggu balasan a

    ( email : dbs_bireuen@yahoo.co.id )

    ^_^

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah pakai Modem Alltronix. Pengalaman saya menggunakan ZTE AC2726 cukup menyenangkan kalau sudah konek, download bisa sampai 200kb/s. Cuma sayang kadang mau konek agak susah, padahal sinyal full (5 Bar), terutama pada EVDO. Kalau sudah begitu terpaksa pindah jalur 1X, bisa langsung konek meski speednya cuma 128 kBps

    BalasHapus
  13. thanks udah share
    nice info :)

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.