Maret 02, 2010

How To: Sukses di Bisnis Online Afiliasi 2010

Sukses di Bisnis Online Afiliasi 2010 Bagian Pertama.
Dalam bisnis online internet, Afilliate marketing adalah salah satu jenis yang cukup menggiurkan. Sehingga kemudian banyak pelakon bisnis online di Indonesia dan dunia menekuninya dengan serius. Cerita dari pelaku bisnis online yang sukses juga begitu menakjubkan tentang bagaimana mereka mendapatkan uang yang mengalir dengan bekerja santai dari rumah atau biasa disebut money from home. Modal sangat kecil, bebas waktu serta penghasilan yang tak terbatas, siapa yang tidak menginginkannya?.

Afiliate marketing atau bisnis online pemasaran afiliasi, dalam bahasa umum adalah "makelar" online. Mempromosikan produk atau jasa orang lain dan mendapatkan bayaran sebagai komisi setiap terjadi penjualan atau lead (referral). Itulah afiliasi.

Kemudian apa saja yang dibutuhkan dan harus dilakukan untuk memulai make money from home dalam bisnis online afiliasi ini?.Mari kita belajar bersama bagaimana langkah-langkah penting  yang harus dilakukan agar menjadi afilliate marketer yang sukses.

1. Ide Khusus, Segar dan Smart
Ide khusus ini adalah awal langkah memulai bisnis afiliasi untuk dijadikan konten atau isi utama dari sebuah Website yang akan kita bangun sebagai tempat mempromosikan produk afiliasi yang kita jual. Tentang ide website ini cobalah untuk membuat sebuah website dengan konten yang kira-kira banyak dicari orang dan topik yang berkaitan erat dengan produk afiliasi tertentu. Luangkan waktu di Google untuk menemukan informasi tentang produk apa yang tersedia untuk afiliasi dan banyak dibutuhkan dan dicari orang tetapi tidak mudah untuk ditemukan.

Temukan produk yang kira kira sedang booming atau dibutuhkan orang pada saat tertentu untuk di afiliasikan! sehingga kemudian jelas tentang apa ide Anda untuk mengisi website Anda. Cari pula informasi apakah tersedia seseorang yang menjual produk tersebut lewat afiliasi.

Tentang ide utama ini menjadi sangat penting dalam bisnis online termasuk afiliasi. Dari ide (idea) inilah kesuksesan afiliasi Anda akan ditentukan. Semakin smart dan cerdas ide yang Anda dapat, semakin bagus pula peluang kesuksesan Anda. Oleh sebab itulah mungkin menjadi sesuatu yang ternyata tidak mudah untuk mendapatkannya. Mendapatkan ide yang benar benar tepat dan hebat untuk afiliasi dan bisnis online Anda yang lainnya.

Bisnis online adalah jenis bisnis yang sangat sangat dinamis. Perkembangannya sangat cepat dan semankin banyak variasinya. Afiliasi dan metode bisnis online yang beberapa bulan atau tahun lalu menakjubkan, bisa saja saat ini tidak berarti apa apa, atau bahkan lebih hebat lagi. Itulah peran idea dalam bisnis online. Pastikan Anda mempunyai ide yang fresh, up to date dan juga unique (unik) untuk membawa Anda sukses bukan hanya di afiliasi saja tapi di semua jenis bisnis online Anda, atau bahkan di bisnis offline Anda.

2. Memulai membuat website - atau Niche
Website yang dibuat tentu saja sesuai dengan ide yang telah Anda temukan seperti point di atas. Anda dapat membuat web sederhana atau bahkan yang mudah dan gratis seperti blogger.com, yang diisi dengan sedikit atau beberapa artikel berkaitan dan mengarahkan pengunjung web Anda ke dalam afiliasi Anda. Fokuskan isi apapun di website Anda untuk mengarahkan pengunjung Anda menuju afiliasi. Disini Anda adalah makelar yang cepat! orang mencari sesuatu, kemudian datang ke web Anda, lalu pergi menuju link afiliasi Anda dan selesai misi afiliasi Anda. Bila terjadi transaksi, maka Anda mendapat komisi.

Membangun situs yang Niche, Anda juga dapat membangun sebuah situs yang besar yang berisi tentang hampir semua informasi berkaitan dengan ide situs Anda. Pengunjung yang datang ke situs Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap dan luas tentang sesuatu yang mereka cari. Sehingga pengunjung akan mendengarkan rekomendasi-rekomendasi dari situs Anda. Disinilah arah tujuan Anda menggiring mereka menuju afiliasi Anda.

Seperti misalnya jika Anda membangun sebuah situs dengan isi pertanian, maka Anda perlu untuk menyediakan informasi yang selengkap lengkapnya tentang pertanian. Seperti menanam padi, jagung, sayur, buah, pupuk penyubur, benih, teknik bertani atau bahkan sampai alat-alat pertanian dan seterusnya. Maka disini saya akan mencontohkan seperti penjualan benih atau pupuk penyubur tanaman sebagai produk afiliasi yang cocok dijual di link afiliasi dalam website Anda.

Dalam teknik promosi bisnis online afiliasi Anda, akhir akhir ini telah banyak berubah. Jika dulu produk afiliasi Anda hanya bisa dipromosikan lewat website atau blog gratis, sekarang Anda bisa mempromosikannya melalui Social media seperti facebook, twitter atau yang terbaru dari Google yakni Google BuZZ. Anda tidak lagi harus membuat website bisnis online.

Anda bisa memanfaatkan social media untuk mempromosikan link afiliasi Anda seperti dalam posting, update status atau yang terbaik dalam notes di facebook. Buatlah catatan kecil mengenai  jualan produk afiliasi Anda dan masukkan link afiliasi. Social media and bookmarking juga menjadi pilihan SEO alternative dalam rangka promosi web pada tahun 2010 ini.

Bahasan bisnis online afiliasi selanjutnya adalah: 3. Memilih nama domain 4. Memilih Web Hosting 5. Memenuhi Web dengan banyak konten berkaitan terutama konten unik 6. Mencari Program Afiliasi yang tepat dan cocok. 7. Menggunakan Newsletter dan 8. Promosi Produk Afiliasi menggunakan Social Media, Submit artikel, forum dan yang pasti Search Engine Optimization (SEO), serta teknik promosi menggunakan program PPC dunia seperti Google Adword atau Chitika Premium Ads dan lain sebagainya, akan saya uraikan dalam posting selanjutnya..

Terimakasih, semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. dapat ilmu n info baru selalu menyenangkan n menyegarkan..thx for sharing..

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.