Maret 28, 2010

Menjaga Semangat dalam Bisnis Online

Bisnis online memang menawarkan dan menjanjikan yang manis, penghasilan melimpah tak terbatas, bekerja santai dari rumah dan tanpa kantor, tanpa terikat waktu daaaaaaan sejuta hal manis lainnya. Tapi dalam kenyataan selalu sama. Ada yang sukses, belum sukses dan tidak sukses. Banyak yang mengatakan bisnis online itu mudah, tapi saya lebih setuju kepada yang mengatakan susah. Karena faktanya adalah susah. Fakta juga bahwa banyak yang sukses di bisnis online. Baca fakta bisnis online....


Permasalahan paling umum dan wajar yang muncul pada akhirnya adalah putus asa. Sesuatu yang tidak memuaskan akan menyebabkan dongkol di hati, kemudian dari dongkol itu biasanya lahirlah malas, karena males kemudian datanglah bosan dan jemu, dan dari situlah biasanya datang putus asa. Tamat sudah riwayat jika sampai pada titik ini.

Putus asa ini menjadi hal yang sangat wajar sebagai akibat dari proses panjang yang tak kunjung memperlihatkan hasil secara nyata. Kemungkinan juga ditambah dengan tekanan yang datang dari lingkungan sekitar yang menuntut dan memang menunggu hasil nyata ini. Lalu muncul pikiran untuk beralih bisnis hal yang lain yang menurut pandangannya lebih menjanjikan. Tapi apa benar menjanjikan? apakah nanti jika menemui kesulitan tidak akan bosan dan kemudian putus asa?...


Disini menjadi penting untuk menjaga semangat dalam bisnis online. Saya ingin mengatakan bahwa bisnis dan pekerjaan apapun tak terkecuali bisnis online, pasti ada kesulitan dan hambatan. Dan masalah keberhasilan adalah masalah ketekunan dan keuletan (konsinten dan konsen). Dan menurut saya disinilah kuncinya. Bukan tentang seberapa menjanjikan sebuah pekerjaan, tetapi lebih kepada seberapa kuat melawan rasa-rasa di atas yang akhirnya akan menuju ke satu titik kematian yakni putus asa. Artinya pekerjaan apapun jika dilakukan dengan tekun, ulet dan teliti akan menjadi pekerjaan "menjanjikan". Dan demikian juga sehebat apapun pekerjaan jika tidak dilakukan dengan serius, tekun dan teliti maka hasilnyapun tidak akan "menjanjikan".

Secara khusus saya mengkatagorikan secara umum jenis pelaku bisnis online ini dari tingkat keberhasilannya menjadi 3 kategori. Pertama pe bisnis online sukses, kedua; belum sukses dan ketiga; tidak sukses.


3 Kategori Praktisi Bisnis online

Sudah sukses

Ini yang menjadi harapan dalam bisnis online. Orang orang ini telah dengan nyata mendapatkan dan menikmati hasil bisnis online baik secara langsung baik melalui rekening bank, kiriman cek, kiriman western union, rekening online seperti paypal dll baik tidak langsung seperti mendapatkan voucher promosi tertentu atau voucher domain dan hosting dan lain sebagainya.


Satu hal yang perlu di garis bawahi dari orang orang sukses di bisnis online ini adalah bahwa mereka memulai dengan kerja keras, pantang menyerah dan putus asa. Hambatan, rintangan adalah proses panjang yang mereka lalui sebelum mereka pada posisi sekarang ini. Gak percaya? tanya saja kang isnaini.com atau Kang rohman, kang o-om.com dan masih banyak lagi dari dalam negeri. Dari luar negeri...wow lebih banyak lagi...baca belajar dari 8 blogger tersukses di dunia...



Belum sukses
Siapa orang orang ini. Orang orang ini adalah yang sampai saat ini belum merasakan hasil nyata dari bisnis online, ataupun kalo sudah belum seberapa dan belum sebanding dengan tenaga, waktu dan biaya yang telah dikeluarkan, TETAPI orang orang ini tidak putus asa dan terus berjuang meskipun biasanya sedikit memaksakan. Terus belajar dan segera praktek adalah hal yang terus dilakukan sebagai kegiatan sehari hari. Rintangan dan hambatan diterjang tanpa mengenal putus asa.

Dan orang orang dalam katagori pertama pasti 100% melalui proses ini.

Tidak sukses
Orang orang ini adalah yang sampai saat ini belum merasakan hasil nyata dari bisnis online, ataupun kalo sudah belum seberapa dan belum sebanding dengan tenaga, waktu dan biaya yang telah dikeluarkan, TETAPI kemudian berhenti dan putus asa karena semua hal di atas. Tamat sudah! selesai...

Penggambaran dengan rumus sederhana mungkin begini;

Yang sukses = kerja keras + belum sukses + pantang putus asa = jadi sukses
Belum sukses = kerja keras + belum sukses + pantang putus asa = harapan sukses
Tidak sukses = kerja keras + belum sukses + PUTUS ASA = TAMAT!

Wajar jika karena semua itu ada bosan, jemu atau malas. Tetapi jika bersambung ke putus asa, inilah yang mengakhiri karir bisnis online Anda. Termasuk yang manakah sobat? jawabannya ada pada Sobat2 semua.

Sekali lagi tulisan ini sengaja saya tulis panjang lebar dengan tujuan menyemangati diri saya sendiri dan mungkin berguna buat temen-temen blogger dan pelaku bisnis online yang nyasar ke blog jelek ini.
Terimakasih, semoga berguna..

7 komentar:

  1. Trima kasih untuk artikel motivasi diatas Bro. Sangat menguatkan saya pribadi.

    Memang benar yang bro katakan, bahwa kadang rasa "putus asa' seringkali menerpa di kala penghasilan dari bisnis online tidak begitu berasa.

    Saya pribadi, jika menghadapi masa-masa itu (saya pernah earning cuma $5 sebulan, padahal bayar TelkomselFlash Rp 125.000 + ppn), bayangkan .... betapa sedih dan bingung, soalnya sudah berusaha mati-matian, ternyata masih tekor, income online nggak mampu nutup biaya koneksi internet, gimana bisa dijadikan sandaran hidup?

    Tapi, saya seringkali melakukan blogwalking, bukan hanya sekedar untuk "meninggalkan jejak" atau mencari "backlink" melalui form commentar, tapi yang paling utama adalah saya mencari ilmu melalui aktivitas blogwalking, juga berkunjung ke forum-forum terkait.

    Banyak blog-blog bagus dan berisi informasi tutorial yang sangat membantu saya dalam bisnis online.

    Dan luar biasa, jika kita tekun, mau bersabar, dan sedikit berani melakukan eksperimen dan inovasi, perlahan tapi pasti ... kita akan segera meninggalkan masa-masa sulit nan kelabu.

    By the way:
    trims telah berkunjung ke blog saya dan telah "mecah telor" pada form comment bebas "CBox" milik saya. Saya heran, udah 6 bulan kok nggak ada yang comment di Cbox saya. he..he.. :)

    Oh ya, kalau di blog anda ini, kok saya tidak melihat form comment bebas-nya ya? seperti cbox/ shoutmix? soalnya kalau comment di artikel (etikanya) harus sesuai dan nyambung dengan isi artikel. kalau di shoutmix, bisa bebas comment begitu ....

    Ok Bro, sekali lagi trima kasih untuk artikel dengan judul: "Menjaga Semangat Dalam Bisnis Online", sangat mencerahkan dan memberi motivasi baru.

    Salam

    BalasHapus
  2. Terimakasih kembali SOb...Komentar yang Anda tulis juga sangat berarti sebagai motivasi saya!.

    ya bgt lah sob..saya memotivasi diri sendiri pada khususnya yang masih dalam posisi bisnis online yang "belum sukses". makanya artikel motivasi di blog ini saya beri label "PROVOKASI DIRI" gitu SOb.. sekali lagi Thank Q kembali..

    kalo so'al cbox tadinya ada dan memang belum saya pasang lagi karena saat ini masih di renovasi..cari tempat yg paling tepat blm ketemu..masih bingung juga otak atik htmlnya..he he..

    Dan kalo soal komentar di artikel, ada beberapa manfaat lain diantaranya, dari segi seo yg komentar dapat back link (karena blog saya DO FOLLOW Walau masih PR 1 lumayan lah) dan ada harapan juga dapat pengunjung (traffic gratis)..

    buat yang punya blog juga tambah semangat kali ya nge blognya, karena merasa artikelnya ada yang baca dan respon..he he (ada manfaat seo nya juga lho..)

    Whateper lah Sob..yang jelas Thank Q and keep spirit!!!

    BalasHapus
  3. gue komen diki aja ah..pokoknya semangaat terusss..semangat 45...

    BalasHapus
  4. Memang betul sekali, bisnis online pada intinya sama saja dengan bisnis offline. Tanpa ketekunan, keuletan dan kesabaran maka tamatlah riwayat bisnis kita.

    BalasHapus
  5. @Syefi : Hayuukkk....dor dor dor

    @ Yayan : S7 banget....

    BalasHapus
  6. thanks ya infonya.
    Sangat membangun saya.
    Oya, minta ijin copy artikelnya ya.hehehe

    nanti di kasih tau kok sumbernya.hihih
    sapa tau aja kan bisa bermanfaat bagi yang lain juga.

    www.bisnis-jo.co.cc
    www.bisnisaje.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Bagus sekali nanti aku hubungkan dengan artikel saya yang akan terbit beberapa hari depan.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.