Maret 19, 2010

WARNING Virus Baru Penjebol Password Facebook

Bagi pengguna social media paling populer saat ini yakni facebook.com, hendaknya lebih berhati-hati jika menerima email (facebook) yang mengatasnamakan support team dari facebook. Facebook sendiri telah dengan resmi mengingatkan (alert) penggunanya untuk langsung menghapus file attachment (berupa zip) bila masuk dalam email yang digunakan untuk akun facebook.

Ini adalah e-mail SCAM. Isi e-mail tersebut biasanya tentang  lampiran atau ajakan untuk mendapatkan password facebook Anda yang baru, karena sesuatu hal. Jika Anda tidak tahu maka pasti Anda akan membuka dan menuruti langkah-langkah panduan selanjutnya karena itu mengatasnamakan team support facebook. BERBAHAYA!!, password Anda sudah jebol pada saat itu.

Cara kerja (Virus) ini menjebol akun facebook
Singkatnya begini....Ketika Anda membuka file lampiran dalam email tersebut, maka Anda akan diminta untuk memasukkan password facebook anda yang lama, kemudian password yang baru. Anda tidak sadar pada saat anda menekan tombol selanjutnya (disini akan diminta attachment) maka Anda telah mengirim password anda ke data base mereka. Sementara password Anda jelas tidak akan berubah sama sekali.

Awal Maret 2010 ini, McAfee memperingatkan bahwa virus (yang dikirim ke email facebook) Anda ini juga dapat menginstal program yang dapat mencuri password Anda bukan hanya facebook saja, tetapi password - password Anda yang lain. Masih menurut MCAfee, virus ini dapat mengkombinasikan username dan password tertentu sehingga dapat memadukan keduanya.

Inilah contoh screenshot kiriman file ajakan untuk membuka lampiran.

Si Pembuat virus tampaknya tahu benar cara memanfaatkan pengguna social media facebook yang begitu besar di seluruh dunia. Tentu saja ini mengancam keamanan data yang lain pula di jaringan internet di dunia.

Lebih berbahaya jika, komputer dan jaringan internet yang digunakan adalah komputer kantor penting yang menyimpan banyak data rahasia seperti BANK, kantor pemerintahan, kantor pengacara dan lain sebagainya. Oleh kiranya baik kiranya untuk mengingatkan saudara, teman dan siapapun yang anda kenal untuk tidak membuka lampiran yang diminta jika kebetulan email facebook Anda mendapatkan email seperti di atas.

Terimakasih, semoga bermanfaat
Sources : mashable.com
              McAfee

3 komentar:

  1. Info Menarik.. semoga bermanfaat bagi jemaah facebookers. sedunia,,

    BalasHapus
  2. Wah perlu berhati-hati juga nih buka email...Kalau menurut pendapatku kalau kita mau ganti pasword sebaiknya kita masuk saja ke website yang bersangkutan terus ubah paswordnya disana saja..Jadinya lebih aman, ya ga???

    BalasHapus
  3. Teman saya udah banyak yg kena, terutama yg suka main poker. Chip mereka habis dikuras.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.