Juni 13, 2010

Macam jenis marketing dalam bisnis online

Tujuan akhir dari semua upaya pemasaran adalah terciptanya tindakan penjualan dan pembelian. Sama halnya dengan bisnis online dan internet marketing, terciptanya transaksi adalah final. Banyak sekali jenis upaya dan usaha yang bisa dilakukan guna mencapai tujuan tersebut. Begitu juga banyak media yang bisa digunakan untuk mendukung suksesnya upaya tadi.

Secara khusus disini adalah upaya yang dilakukan untuk tujuan terciptanya tindakan pembelian oleh costumer dalam bisnis online yang selanjutnya kita kenal dengan istilah internet marketing. Secara singkat, 'Internet marketing' adalah upaya pemasaran yang dilakukan di internet. Apa saja jenis dan macam 'pemasaran internet' guna terciptanya sukses penjualan di bisnis online? mari kita coba lihat satu persatu.

Kita sering mendengar banyak istilah berkaitan internet marketing ini seperti, SEM (search engine marketing), email marketing, salesletter, pay per click (PPC) marketing dan yang terpopuler dan banyak digunakan saat ini adalah video marketing dan social media marketing. Penjelasan singkat berikut tentang macam macam dan jenis marketing di bisnis internet semoga sedikit membantu:

Search engine marketing (SEM)
pemasaran mesin pencari, adalah jenis upaya pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan mesin pencari (search engine) sebagai medianya. Ini adalah tentang bagaimana mendapatkan posisi 10 besar mesin pencari atau setidaknya ada di halaman kedua serps dengan kata kunci niche kita. Berada di urutan halaman pertama hasil pencarian jelas akan kedatangan pengunjung yang datang melalui kata kunci yang berkaitan. Pengunjung yang datang ke website akan melihat isi website dan disinilah peran search engine marketing berada.

Sebenarnya sejauh mana peran search engine dalam marketing yang dimaksud ini? secara mendasar perannya hanya mendatangkan traffic. Tetapi traffic yang datang dari mesin pencari bukanlah sembarang traffic, karena kebanyakan atau setidanya lebih banyak adalah pengunjung yang ditarget sesuai kata kunci. Inilah sumber traffic dan pengunjung yang terbaik dalam bisnis online dan internet marketing. Namun ini juga yang terberat karena ini adalah berkaitan dengan SEO atau search engine optimization. Menguasai SEO atau setidaknya mengerti SEO adalah kebutuhan utama ketika ingin menggunakan marketing melalui search engine. Sekali lagi ini adalah tentang persaingan melawan ribuan atau bahkan jutaan situs pesaing bertema kata kunci sama.

E-mail marketing dan salesletter
Pemasaran melalui email dan surat penawaran atau salesletter. Ini juga jenis yang sampai saat ini masih menjadi andalah para marketer kelas dunia dalam memasarkan produk produknya secara online di internet. Bagaimana email dan salesletter ini bekerja? Anda pasti pernah menerima email yang berisi uraian, cerita, ajakan dan apapun yang akhirnya menuju ke sebuah atau beberapa link untuk dikunjungi bukan. Itulah email marketing. Cara kerjanya adalah mengirim email kepada seseorang atau beberapa  orang secara masal yang berisi hal hal di atas dan pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Email adalah media dan salesletter adalah isinya.

Bagaimana mendapat alamat email untuk dikirimi salesletter? inilah yang sedikit sulit karena butuh proses dan metode yang benar. Bisa saja sebenarnnya mendapatkan alamat email dari koleksi atau ngumpulin satu persatu dari mana saja, lalu dikirim email. Tetapi ini jelas akan dianggap spam. Cara mendapatkan alamat email yang benar ini lazimnya melalui form subsciber dan biasanya terhubung langsung dengan layanan 'autoresponder' (tidak gratis) yang akan menyimpan dan mengatur alamat email untuk dikirim email secara sah dan benar sehingga tidak dianggap spam. Kita akan membahas email marketing dan salesletter lebih dalam di lain posting insya'Allah.

PPC atau pay per click marketing
Ketika membicarakan traffic, maka jenis pengunjung atau traffic dari PPC disebut dengan istilah 'paid traffic' atau traffi yang bisa kita beli. Ingat ada dua macam traffic yakni, organic traffic dan paid traffic. Nah secara singkat PPC marketing ini adalah upaya pemasaran produk melalui iklan dengan membayar yang dihitung dari tiap klik pada publisher. Menurut banyak webmaster ini adalah cara termudah untuk mendapatkan traffic, bahkan pemula bisa mahir menggunakannya dan mendapatkan ribuah traffic dalam semalam saja. Join ke situs situs PPC, lakukan sign up, ikuti petunjuknya dan tunggu 1 jam kemudian traffic akan datang. Itu saja yang perlu dilakukan.

Google Adword (yang iklannya muncul di AdSense dan sebelah kanan halaman SERPs) dan Chitika Premium adalah contoh PPC terpopuler dan paling banyak digunakan oleh internet marketer dunia. Di lingkungan lokal banyak juga terdapat situs situs PPC seperti Kumpulblogger, AdSenseCamp, Kliksaya dan banyak lagi. Tetapi ada banyak masalah sebenarnya tentang PPC lokal yang akan kita bahas di lain posting.

Video marketing 
Mendapatkan pengunjung dengan menggunakan video sebagai media marketing adalah salah satu yang terbaik saat ini. Buatlah video dan unggah (upload) ke situs situs video sharing terkenal seperti Youtube dan lain sebagainya. Bagaimana video marketing bekerja?. Video yang diunggah adalah bersifat publik (Youtube) yang artinya siapa saja dapat mengaksesnya. Nah dari video ini, seperti di Youtube ada author video dan fasilitas watermark yang bisa digunakan untuk menaruh link link. Nah dari sanalah datang pengunjung.

Hampir tidak ada persayaratan tertentu untuk mengunggah video seperti di Youtube. Video apa saja bisa disimpan disana dan siap disaksikan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Kembali ke marketing video, masalahnya adalah bagaimana sebuah video disukai dan ditonton banyak orang. Banyak hal yang dapat kita masukkan dalam video yang menarik banyak pengunjung. Sama halnya dengan sebuah kata kunci dalam SEO, buatlah (uploadlah) video yang sekiranya banyak dicari dan disukai orang. Tidak harus yang berbau maaf "porno", mesum dan semacamnya meskipun dalam kenyataan kebanyakan orang mencari dan menyukai hal tersebut. Seperti contoh pada bulan Juni 2010 ini video mesum ariel dan luna maya dan juga cut tari selain menjadi topik paling dibicarakan di twitter juga menjadi video yang paling dicari di Internet.

Social media marketing
Seperti kita ketahui pengguna social media seperti facebook dan twitter begitu banyak jauh diatas melampui media media lain di internet. Oleh karena itu pula social media khususnya facebook dan twitter menjadi media internet marketing yang paling baik. Bagaimana ini bekerja? mudah saja. Misal Anda mempunyai 1000 teman di facebook itu artinya ada 1000 orang yang akan melihat update Anda. Apa artinya ini, artinya jika 10 % saja mengklik link yang disertakan di update status Anda maka itu adalah 100 pengunjung. Bukankah ini sangat bagus?. Selain itu gunakan facebook fanpage, facebook note dan lain sebagainya. Itu yang gratis.

Ada satu lagi pilihan lain yaitu dengan memasang iklan di facebook. Memasang iklan di facebook juga menggunakan sistem PPC atau pay per click. Cara ini juga dianggap cara paling mudah mendapatkan traffic. Cukup pasang iklan di facebook, dan lihatlah beberapa jam kemudian pengunjung berdatangan ke situs Anda. Itulah social media marketing.

Itulah macam macam dan jenis jenis media yang biasa digunakan di internet sebagai alat marketing dan bisnis online. Menggunakan semua media yang ada dan mencoba mengambil semua kesempatan mendapatkan traffic dan pengunjung adalah sangat baik dalam kesuksesan bisnis di internet. Ini bisa menjadi cara yang jitu dan mematikan jika saja menggabungkan dan menggunakan kesemuanya secara bersamaan dan profesional.

Bagaimana dengan Sobat blogger semua? apa sudah menggunakan semuanya? atau malah belum menggunakan satupun dari media media internet marketing di atas? Saya tertarik untuk mengetahuinya di komentar..terimakasih semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. ...baca juga artikel saya, exploitasi situs pertemanan, mampir ke blog saya yaa ...

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus dan banyak manfaat, smoga menjadi inspirasi yang lain untuk menulis. Bagi yang baca blog ini bisa kunjungi http://siswo.com

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.