Juni 12, 2010

Pemasaran menggunakan sosial media (social media marketing)

Bukan rahasia lagi jika sosial media seperti Facebook dan Twitter adalah media pemasaran yang sangat bagus. Oleh karena itu tentu sayang untuk dilewatkan terutama bagi yang serius dan sangat serius dalam bisnis online dan internet marketing. Saya akan coba sedikit menelaah tentang hal ini sesuai pengetahuan dan pengalaman dalam dunia bisnis online yang jauh dari cukup ini.


Sosial media dan pengguna internet
Secara sepihak saya berpendapat bahwa pengguna internet saat ini sedang fokus pada social media terutama facebook dan selanjutnya twitter.Pengguna facebook terakhir tercatat lebih dari 400 juta user dan 90% aktif. Bahkan banyak orang yang hanya menggunakan internet untuk bersosial media khususnya facebook. Oleh karena itu social media menjadi media yang paling bagus ketika berbicara tentang pemasaran di internet atau internet marketing.

Banyak webmaster selama ini mengandalkan SEO (search engine optimization) sebagai alat paling diandalkan dalam internet marketing. Tetapi sejak membludaknya pengguna social media di internet, secara otomatis pula mereka mulai melirik social media untuk dijadikan media marketing dan terbukti nyata. Bahkan bisa dikatakan sebanding atau sejajar dengan pemasaran yang dilakukan melalui search engine atau kita kenal dengan search engine marketing (SEM). Sebagian juga berpendapat masih dibawah SEO.

Sosial media sebagai media internet marketing
Bagaimana memanfaatkan social media sebagai sarana jitu dalam pemasaran internet dan bisnis online? Mudah saja, buatlah akun di salah satu social media, facebook atau twitter atau keduanya, carilah teman sebanyak mungkin bisa mendapatkan teman, berinteraksilah dengan teman teman di sosial media tersebut secara rutin dan continue. Usahakan mendapatkan teman yang sepaham dengan tema website atau blog yang Anda rencanakan untuk dipasarkan melalui internet. Itu saja.

Banyak orang sudah membuktikan bahwa social media benar benar media ampuh untuk mendatangkan traffic bahkan menghasilkan peningkatan dalam penjualan (baca posting : Pengaruh sosial media terhadap keputusan pembelian). Selain itu sosial media juga terbukti dapat mendatangkan traffic baik secara langsung maupun melalui mesin pencari. Seperti kita tahu, posting dan tweet sekarang juga terintegrasi langsung di hasil pencarian Google. Bahkan topik topik yang sedang dibicarakan (di twitter) akan muncul di halaman pencarian google secara live. Coba saja ketik topik yang sedang hangat dibicarakan di tab pencarian Google, seperti saat ini yang paling dibicarakan adalah ariel dan cut tari atau ariel dan luna maya. Di halaman hasil pencarian tweet tentang ariel tersebut muncul di urutan ke 4 atau ke 5 dan berjalan secara langsung manakala ada tweet baru dari twitter tentang ariel cut tari dan luna maya.

Disisi lain sosial media juga menyediakan media khusus untuk memasang iklan di sana. Cara pasangnyapun sangat mudah, dan setelah kurang lebih satu jam mendaftar untuk pasang iklan dan meyelesaikan semua prosedurnya, segera dapat dilihat iklan akan nangkring di halaman facebook. Yang ini tentunya dengan membayar alias tidak gratis. Kira kira darimana pendapatan facebook terbesar menurut Anda jika tidak dari pemasang iklan?.

Itulah sedikit ulasan tentan pemasaran menggunakan social media atau sering kita dengar dalam istiah bisnis online sebagai 'socia media marketing'. Dan tentunya sayang sekali jika sampai terlewatkan dan tidak menggunakannya. Bagaimana dengan sobat blogger semua? apa sudah menggunakannya untuk promosi blog atau website terutama dalam mensukseskan internet marketing? Terimakasih untuk memberitahu saya dalam kotak komentar..

6 komentar:

  1. Sip...khusus topik ariel dan luna maya serta ariel dan cut tari, di hasil pencarian saat ini melejit menjadi 7 jutaan hasil pencarian Sob...gila gila...yang berada di atas pasti kebanjiran traffic ya....padahal seminggu yang lalu baru ada 500 ribuan...cek cek cek...

    BalasHapus
  2. apalagi untuk kata kunci 'download video ariel dan cut tari' ada 4 juataan hasil pencarian di google...wakakakakakak makin berkibar aja tuh peterporn..hidup ariel..ternyata gak jago nyanyi aje loe riel...gue salut ama loe..

    BalasHapus
  3. Hloh..!!! kok jadi ngomongin ariel luna maya...??ini kan posting tentang social media marketing..aku gak ikut ikut lho pak Polisi...

    BalasHapus
  4. okay....i get it !!!! thankz

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.