Maret 21, 2010

Facebook dan Twitter Berpengaruh Besar Terhadap Keputusan Pembelian

Bisnis Online dan Internet Marketing Memanfaatkan Facebook dan Twitter

Facebook? twitter? Google Buzz? Sudahkah sobat menggunakannya? jawabannya pasti sudah. Kemudian digunakan untuk apa saja kedua social media itu. Apakah untuk silaturrahmi, menjalin persahabatan, mencari pasangan atau iseng dan senang-senang saja dengan posting sana sini, komen sana sini dan seterusnya?.

Namun bagi dunia bisnis online dan juga internet marketing, social media ini bukan untuk hal itu saja, melainkan lebih banyak lagi manfaat penting dari sini. Promosi produk, jasa atau apapun yang bisa dijual dan lain sebagainya. Atau bahkan sebagai salah satu alternatif dalam of-page SEO (Optimasi mesin pencari diluar web dan konten). Saya pernah bertanya tanya seberapa ngefek kah teman (facebook) atau follower (twitter) kita, terhadap keberhasilan promosi bisnis online dan internet marketing kita?

Mungkin inilah jawabannya..
Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mereka yang menjadi penggemar(fans) atau pengikut (follower) dari sebuah merek di Facebook atau twitter, masing-masing, secara signifikan lebih besar kemungkinannya untuk membeli produk dan jasa atau merekomendasikan merek kepada teman atau follower.

Pengaruh besar social media terhadap keputusan pembelian ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies menemukan bahwa 67% konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang mereka ikuti pada twitter, dan 51% lebih mungkin membeli dari sebuah merek yang mereka ikuti di Facebook (Facebook.com). Selain itu, mereka 79% lebih mungkin untuk merekomendasikan kepada teman (follower) dalam twitter, dan 60% lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama di Facebook.
Tentu saja, temuan tersebut mungkin agak berlebihan bahwa, banyak orang secara aktif mencari merek-merek yang mereka inginkan melalui yang mereka gemari (fans) dan mereka ikuti (followed) dalam twitter dan Facebook. Namun, alasan sederhananya adalah apabila secara rutin dan konsisten menginformasikan dan mempromosikan merk tertentu dalam facebook atau twitter tentu akan langsung dibaca dan diupdate oleh fan atau follower yang biasanya selalu aktif dalam social media. Ditambah lagi, studi juga menemukan bahwa banyak konsumen di berbagai demografi memiliki persepsi negatif terhadap merek tertentu yang tidak menggunakan media sosial.

Secara keseluruhan, hasil penelitian ini adalah tanda lain bahwa media sosial (social media) menjadi keunggulan tersendiri yang cukup kompetitif dalam bisnis online dan internet marketing, tentu saja bagi mereka yang berpartisipasi. Dan menjadi kelemahan yang semakin besar bagi pelaku bisnis online yang tidak berpartisipasi dan menggunakan social media.

Terimakasih, semoga bermanfaat

Mungkin perlu dibaca:
Social Media Sebagai Alternatif SEO 2010
Tips Link Building menggunakan Social Media

6 komentar:

  1. Aku baru satu bulan ini menggunakan media sosial seperti yg sobat jelaskan di atas. trim's, artikelnya sangat membantu. lagi maintenance neh blognya

    BalasHapus
  2. Sama2 Sob..ya ni..capek juga maintnc blog pake koneksi murah...mana pusing lagi liat kode HTML nya...:D)

    BalasHapus
  3. se7 smua, meskpn gk begitu aktif aku juga menggunakan media facebook dan twitter untuk promosi link...lumayan lah..dpt traffic gratis
    btw maintenance blognya dah beres nih..

    BalasHapus
  4. @diseases : Kalo bisa lebih diaktifin lagi..biar trafic gratisnya lebih banyak lagi...
    So'al maintenance, blogku masih kacau balau nih...tampilannya sih keliatan agak rapi, tapi kayaknya dari segi SEO nya belum dapet...

    BalasHapus
  5. Weleh makin hebat aja pengaruh Social Networking....

    BalasHapus
  6. Social Media merupakan salah penunjang utama bisnis online.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.