Januari 25, 2011

Qi - Wireless Power - Ngecas HP tanpa Kabel

Qi adalah otoritas Internasional yang mengatur masalah power (strum) wireless (tanpa kabel) termasuk perkembangan teknologi power itu sendiri. Tahun 2011 tampaknya menjadi awal dari kemunculan teknologi yang mungkin selama ini hanya dalam bayangan saja. Bayangkan, melakukan isi ulang batre handphone tanpa cas (charger)?, bahkan di mana saja dan kapan saja?. Inilah Qi Wireless Power. Selanjutnya, alat-alat yang mendukung wireless power baik itu berupa, batre, handphone, BTS (transmitter untuk power) akan disertifikasi dan ditempeli LOGO "Qi".


Dulu, kala belum ada telepon genggan (ponsel), orang pasti membayangkan bagaimana caranya berbicara secara langsung dengan orang lain dalam jarak yang sangat jauh. Nah menjadi kenyataan dan sekarang sudah biasa, bagaimana kita bisa bicara, bahkan bertatap muka langsung (menggunakan Video Call) meskipun dalam jarak yang sangat-sangat jauh. Semua berkat perkembangan teknologi khususnya teknologi komunikasi. Qi teknologi akan menjadi "kenyataan" selanjutnya dalam penciptaan fasilitas demi kemudahan umat manusia.

Charger Wireless

Belakangan Wireless Power Consorsium sudah sampai pada tahap akhir yang merupakan langkah besar di awal tahun 2011, yaitu menyelesaikan standar interoperability dan setidaknya ada tiga dokumen yang berisi penetapkan persyaratan antarmuka, kinerja dan kepatuhan. Bahkan perusahaan batre terkenal Energizer dan Sanyo telah memperkenalkan sebuah produk carger wireless yang dapat melakukan pengisian batre handphone hanya dengan meletakkan di atasnya.

Wireles Charger Energizer-Qi

Kedepannya, Qi Wireless Power ini bukan saja akan digunakan untuk power handphone (cell phone device) tetapi juga untuk laptop, komputer dan alat-alat digital portable yang lain. Perusahaan-perusahaan produsen mobile seperti Nokia, BlackBerry, HTC, Apple sepenunya bergabung dan mungkin segera akan segera meluncurkan ponsel dengan logo "Qi" yang dapat mengisi ulang tanpa kabel. Sanyo juga menjanjikan akan segera memproduksi batre khusus berlogo "Qi" tanpa perubahan bentuk dari bentuk batre biasa yang selama ini kita lihat.

4 komentar:

  1. apa tidak berbahaya untuk kesehatan.itukan berarti menyebarkan listrik secara liar.bayangkan gelombang listrik berkeliaran seperti gelombang radio mencari radio penangkap.ingat manusia dan makhluk hidup lain mengandung listrik

    BalasHapus
  2. tanya berapa MHZ Freq yang di bangkitkan untuk dapat mentransfer gelombang menjadi listrik??

    BalasHapus
  3. Wahh mantap postingannya gua salin yahh gan

    BalasHapus
  4. Ada ada sja tren teknologi skrang,tpi kyanya nggak msuk akal dech kok bsa perangkat keras nirkabel disisipun listrik,sedangkan listrik/electrik itu bkerja scara mandri melalui proses mekanisme kimia bgmn bsa di pncarkan via wifi..???

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.