Februari 17, 2011

Update Terbaru 2011 modem dan HP CDMA EVDO Rev. A

Layanan akses internet melalui teknologi HP atau sering kita kenal dengan istilah internet broadband, atau mobile broadband, baik GSM maupun CDMA, semakin bersinar di tahun 2011 ini. Dari sudut merah ada provider CDMA, minimal ada 2 provider yang gencar menyuarakan layanan broadband berbasis teknologi CDMA, sebut saja ada Smart Telecom, AHA net (Bakrie Telecom), dan juga MOBI (Mobile-8 Fren) dengan layanan CDMA EVDO Rev. A yang mampu terkoneksi internet dengan speed maksimal hingga 3.1 Mbps.


Sedangkan provider seperti Flexi dengan produk Flexinet, dan Indosat dengan produk StarOne Internet, masih berkutat di teknologi CDMA 20001x saja. Flexi pernah dikabarkan akan mulai meluncurkan layanan CDMA EVDO pada 2011, namun demikian sampai saat ini belum ada kabar kelanjutan dari berita ini. Sementara Smart lebih heboh lagi ketika mengumumkan layanan EVDO Rev. B di pulau Bali, namun hingga saat ini hanya seperti rumor hantu saja. EVDO Rev. B sendiri adalah generasi penerus teknologi EVDO Rev. A yang diklain mampu menghasilkan speed mobile hingga 10 Mbps.

Berikut update terbaru HP Modem dan USB Modem CDMA, baik yang hanya mendukung jaringan cdma 20001x maupun yang sudah 3G CDMA EVDO Rev. A :

Olive VME 150 - Dikenalkan dan diluncurkan sejak Januari, 2011 oleh AHA internet dengan nama AHA Vibe, mendukung CDMA 20001x, CDMA EVDO Rev. A, CDMA 800 Mhz saja, Battery, Radio FM, Voice Recorder, MP3 Player (hanya lagu yang diunduh dan tersedia dalam layanan Aha Vibe).
Harga : Rp. 699.000 gratis 30 hari internet dengan syarat tertentu.

Huawei IDEOS Android Froyo bundling AHA - Produk Huawei (code : C8150), mendukung jaringan CDMA 20001x dan EVDO Rev. A pada frekuensi CDMA 800 dan 1900 Mhz. Cukup menarik karena ponsel ini tergolong ponsel pintar (smartphone), menggunakan OS terkenal Android versi 2.0 atau terkenal dengan Android Froyo, processor 528 Mhz, RAm 256, browser HTML, mendukung Email, tersedia bluetooth, Wi-Fi 802.11 baik B/G maupun N, dan disediakan radio FM, jack audio 3.5mm so..bisa nyolok di mana aja:)

K-Touch E329 - Diperkenalkan dan diluncurkan oleh Smart, HP China ini mendukung jaringan CDMA dan GSM secara bersamaa (dalam 1 hp). Jaringan CDMA-nya mendukung CDMA 20001x dan CDMA EVDO dan siap digunakan sebagai modem di PC atau komputer. Cukup menarik HP ini sudah menggunakan layar sentuh, ada kamera 2 MP, bluetooth

ZTE N75 - Paket Smart, bermodel seperti BB, dengan QWERTY Keyboard, masuk kategori ponsel pintar (smartphone) dengan OS Windows Mobile 6.1 Pro, Pake processor 528 Mhz dari Qualcomm (MSM7625 - EVDO), layar touchscreen berukuran 2.5 inchi, menyediakan segudang fitur masa kini seperti GPS (Assisted-GPS), ada kamera 2 MP, memory internal 100 MB dan untuk eksternal disediakan microSD slot yang mampu memuat hingga memory 8GB, dan yang pasti fungsinya sebagai modem CDMA EVDO Rev. a-nya Smart Telecom.

Haier C700 - Paket Smart
Haier D700 - Paket Smart Telecom,
ZTE C261 - Paket Smart

Huawei c6100 - Diluncurkan dan diperkenalkan sebagai HP Esia Online, mendukung jaringan CDMA 20001xRTT pada frekuensi CDMA 800 Mhz saja. Mempunyai layar 2.4 inchi, ada wap browser, camera dengan digital zoom dan berbagai mode, multimedia mendukung mp3, mp4, aac, ada radio FM-nya, recorder, Bluetooth mendukung A2DP, IM, PTT, kabel data.

Nexian C951 - Diperkenalkan oleh SMART Telecom, mendukung CDMA 20001x, pada frekuensi CDMA 800 dan 1900 Mhz, fitur modem komputer, browser WAP, kamera 2 MP, ada Opera mini, social media button integrated, bloetooth, Data cable, Memory external.

Nexian C900 - Dipaket oleh Flexi, mendukung cdma 20001x pada frekuensi CDMA 800 Mhz, ada camera, MP3 player, fm radio, browser khusus Flexi, termasuk akses konten Flexi Muslim, lengkap dengan menu langsung ke Facebook, Twitter, YM, Google Talk.

Itulah beberapa saja, dan jelas tidak meng-kover semuanya. Informasi terbaru dan lebih jelas silahkan kunjungi halaman website resmi masing-masing provider, atau datang langsung ke gerai resmi terdekat.

Beberapa catatan penting tentang internet mobile:

1. Jangan "terlalu serius" dengan IKLAN dimanapun, satu hal pasti adalah, internet semacam ini selalu bergantung pada sinyal, coverage area, cuaca (mendung-hujan-cerah dll), Sebelum membeli, agar tidak kecewa, pastikan terlebih dulu sinyal nya full dan stabil.

2. Tentang speed berdasarkan teknologi - Misal EVDO Rev. A tetapi selambat yg "gak EVDO" (CDMA 20001x), kenapa?. Hal ini karena sinyal EVDO yang tidak stabil di area Anda. Atau jikapun Anda mengambil paket EVDO paling mahal sekalipun, jika sinya EVDO nya tidak stabil, maka yang akan anda nikmati ya yang bukan EVDO.

3. Nonton Youtube tanpa buffering?..moga aja bener!!. "Too good to be true". Rekomendasi temen biasanya lebih jujur dan tidak memihak.

8 komentar:

  1. mantep sob.. nice info
    thanks udah share

    BalasHapus
  2. wah menarik sekali ini mas, blognya,, mantap!

    BalasHapus
  3. sangat betul sekali, jangan terlalu termakan oleh iklan dan murahnya harga. cek dulu segala sesuatu sebeblum membeli... nice posting.

    BalasHapus
  4. aku mo komplai soal modem aha yang baruku tp susah bgt hubungi cs nya..

    BalasHapus
  5. lagi mikir mas buat ganti provider a...

    BalasHapus
  6. kecepatan ok...tapi sering putus..

    BalasHapus
  7. Nice info, any newest news?

    BalasHapus
  8. Skrg udah launching om.. Flexi EVDO. Udah lama nih ga di update.. Smart jg udah launching Rev. B. Kecepatan up to 14Mbps.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.