Maret 02, 2010

How To: Choose Domain Name and Hosting Services

Sukses di Bisnis Online dan Afiliasi 2010 (Bagian 2)
Pada "sukses di bisnis online dan afiliasi bagian pertama", telah diuraikan tentang bagaimana sebuah ide sangat penting dalam upaya awal membangun website untuk bisnis online dan afiliasi Anda. Setelah menemukan ide yang hebat dan membangun sebuah website, maka kemudian dibutuhkan sebuah nama domain dan diikuti kebutuhan terhadap hosting. Bagaimana memilih nama domain yang bagus untuk ide hebat dalam website Anda? dan bagaimana memilih hosting untuk menyiarkan website yang telah Anda buat dengan ide hebat Anda tadi?

  • Memilih atau menentukan nama domain
 Memilih nama domain bukan saja bagus untuk mengesankan pengunjung Anda tentang gambaran isi website Anda, tetapi juga lebih ditujukan untuk keperluan dalam search engine seperti Google. Ini berkaitan dengan SEO tentang bagian mana dalam website Anda yang akan dibaca oleh spiderbot algoritma mesin pencari Google.Nama domain yang baik adalah yang singkat dan menggunakan domain level atas (top level domain) seperti .com .net . org. Selain lebih dipercaya pengunjung, top level domain juga diperlakukan istimewa oleh kebanyakan mesin pencari termasuk Google. Mengambil contoh situs pertanian di atas, maka nama seperti taniZone.com atau ZonaTani.net adalah bagus. Ini akan sangat baik untuk mesin pencari dengan kata kunci "Tani" misalnya. Gunakan imajinasi Anda seliar mungkin untuk menentukan nama domain Anda. Fikirkan sebuah nama yang unik, spektakuler, langka, namun setidaknya mengandung satu kata kunci Anda.
Nb: Mungkin perlu untuk mencoba beberapa nama yang Anda pilih, karena mungkin sudah terpakai. Artinya nama bagus biasanya sudah ada yang menggunakannya, maka cari lagi nama lain yang tidak kalah bagusnya dan masih tersedia untuk nama pda domain Anda.
  •  Memilih dan Menentukan Hosting
Disini dibutuhkan sebuah hosting agar web blog atau wesite Anda dapat diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Banyak sekali perusahaan hosting baik di Indonesia maupun di seluruh dunia dengan beragam paket dan harga serta fasilitas lain. Tips memilih hosting adalah pertama; bandingkan layanan yang diberikan oleh masing masing perusahaan. Tanyakan kepada teman, forum atau siapapun yang dapat Anda tanya mengenai hosting terbaik. Setelah Anda mantap, baru Anda boleh menggunakanya.
kedua; Usahakan untuk berlangganan bulanan dengan pembayaran bulanan pula. Ini dimaksudkan untuk memastikan apakah layanan yang diberikan sesuai dengan harga yang Anda bayar?. Nah jika memakai bulanan Anda bisa menentukan untuk melanjutkan atau berganti hosting pada bulan berikutnya. Berbeda jika Anda langsung berlangganan 1 tahun misalnya. Bagaimana kalo dalam satu bulan Anda tidak puas karena banyak hal misalnya. Disini Anda sudah terkunci untuk hosting selama 1 tahun yang sudah Anda bayar. Kata singkatnya lebih berhati-hati demi kenyamanan aktifitas bisnis online Anda.
Menentukan nama domain dan memilih hosting yang bagus akan sangat bepengaruh terhadap sukses bisnis online dan afiliasi Anda. Kesimpulannya adalah pilihlah nama domain sesuai ide utama dalam web blog bisnis online Anda dan gunakan layanan hosting yang bagus pula. Perhatikan rekomendasi-rekomendasi dari teman, forum dan lain sebagainya. Pastikan hosting Anda memberikan layanan yang dapat mendukung kelancaran dan kesuksesan bisnis online Anda, sehingga Anda tidak membuang uang sia sia saat Anda memutuskan untuk investasi di bisnis online internet.

Terimakasih, semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. bagaimanapun domain berbayar lebih prospek daripada domain gratisan. Jangankan nama orang, nama domain juga menentukan prospek ke depan. yang penting mudah diingat

    BalasHapus
  2. kalau dari blogspot bisa gak ya cuma beli domainnya aja???? thanks ya infonya. sukses untuk anda.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.