Februari 15, 2010

Intel dan Nokia Bersatu Membuat Jenis OS Baru Untuk Mobile Phone

Berita OS Mobile Phone: 2 perusahaan besar dunia yang tidak kita duga sama sekali sebelumnya, Intel dan Nokia telah bergabung dalam usaha untuk menangkis dan antisipasi terhadap meningkatnya kompetisi OS mobile dari Google, Apple, dan Microsoft. Kedua perusahaan telah menggabungkan OS mobile mereka ke dalam satu entitas: yakni; MeeGo. Anda pasti akan berharap tentang perangkat mobile phone pertama yang mampu berjalan pada operating system MeeGo akhir tahun 2010 ini.

Nama MeeGo adalah penggabungan dari Nokia's Maemo OS dan Intel's Moblin OS, keduanya sama-sama berbasis Linux. Maemo adalah platform yang menjalankan Nokia N900, sementara Moblin berjalan pada ponsel seperti LG GW990 dan netbook dari Foxconn, Acer, dan lain-lain.

Secara keseluruhan walaupun keduanya adalah tidak seberapa jika dibandingkan dengan platform Android Google atau Apple's iPhone OS. Inilah mungkin yang menjadi alasan mengapa Intel dan Nokia merasa perlu untuk bekerjasama.

Lalu bagaimana hal ini akan bekerja: baik, proyek ini dibangun di sekitar inti Moblin OS, tetapi akan menggunakan Nokia's Ovi Store untuk aplikasinya. Ini akan diselenggarakan oleh Lunx Foundation sebagai sebuah proyek open source. Satu lagi yang penting OS MeeGo ini nantinya tidak hanya berjalan di mobile saja, tetapi dimaksudkan untuk bekerja pada netbook, tablet, dan juga televisi.

Dalam beberapa hal, seluruh hal yang hanya terlihat sebagai "sedikit, dan sudah terlambat" adalah upaya kedua perusahaan tersebut sebagai pondasi utama jalan mereka dalam rangka kembali ke pasar smartphone yang Apple dan Google tahun ini telah ambil bagian dengan sangat baik. Baik Moblin maupun Maemo memiliki antarmuka intuitif Android atau iPhone OS. Entah bagaimana tampilan OS baru ini kelak, dan apakah akan mirip iPhone dan Android atau berbeda sama sekali.

Namun, kedua perusahaan besar tersebut jelas tidak akan menyerah tanpa perlawanan - hal ini terlalu besar untuk dilewatkan begitu saja dari pasar tanpa perlawanan. Tentu mereka juga telah mempertimbangkan sumber daya yang lain yang dimiliki keduanya yang mungkin akan digabungkan juga demi sukses OS baru mereka dalam pasar Mobile Phone. Kita tunggu saja akhir tahun ini..!

Berita teknologi berkaitan:
----------------------------
>> Nokia dengan OS Meego akan segera hadir
>> Smart luncurkan EVDO Rev B di Pulau Bali.
>> Flexi akan luncrukan EVDO pada 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.