Agustus 21, 2010

Koneksi Internet EVDO Rev. B dari SMART Telecom

Beberapa waktu lalu, belum lama kita heboh tentang koneksi internet dari Bakrie Connect dengan AHA Evdo nya, dan jauh sebelumnya kita juga sudah mendengar tentang EVDO Rev A dari Smart telecom yang dibundling dengan berbagai macam modem dan paket intenet cepat. Saat ini SMART Telecom meluncurkan produk data internet lebih cepat menggunakan jaringan CDMA 2000 yaitu dengan CDMA EVDO Rev.B. Ini sungguh mengejutkan, karena secara teori seharusnya jaringan CDMA teknologi EVDO Rev B ini mencapai kecepatan download hingga hampir 10 Mbps dan upload hampir 5 Mbps.

Benarkan Indonesia sudah mempunyai internet dengat tarif memasyarakat namun dengan kecepatan mencapai 10 Mbps?. mari kita lihat SMART EVDO Rev B ini sebagai pendahulu yang diklain yang pertama di Indonesia dan bahkan di dunia untuk komersil, karena untuk percobaan pernah dilakukan di beberapa wilayah di China dan US. Tentu saja SMART tidak sendirian dalam EVDO Rev B ini. Pada akhir 2008 kita tahu bahwa ZTE, salah satu perusahaan besar China telah berhasil menyelesaikan apa yang mereka sebut sebagai Jaringan CDMA Evdo Rev B dan juga EVDO Rev C. Nah kali ini tampaknya Indonesia yang berkesempatan menjajal kecepatan teknologi Intenet CDMA EVDO Rev B. Bersama dengan ZTE dan SMART Telecom yang menyediakan BTS dengan dilengkapi chipset terkenal dari Amerika yaitu Qualcomm Tech.

Saat ini, Smart Telecom baru mencoba mainan barunya di dunia koneksi internet CDMA di Bali. Hal ini bukan tanpa alasan karena Bali dianggap sebagai Gerbangnya Indonesia di mata dunia. Setidaknya itulah yang dikatakan Presedir Smart pada saat peluncuran EVDO Rev. B di Bali (10/1/2010). Sayangnya, sampai saat ini tampaknya SMART belum tertarik untuk memperluas jaringan EVDO Rev B nya ke wilayah pulau yang lain bahkan di kota besar di Pulau Jawa sekalipun. Baru pada 2011 rencanya Smart telecom akan memperluas EVDO Rev B nya ke 9 kota besar, termasuk Jakarta dan beberapa kota di Kalimantan. [ICS 2010 Jakarta, Kamis 15/7/2010]

Apakah sudah siap dengan EVDO Rev B? download mencapai 9,7 Mbps tentu saj sangat menggiurkan siapa saja pengguna Internet terutama di Indonesia. Namun tentu saja ada harga yang harus dibayar lebih mahal dari terknologi sebelumnya, yakni EVDO Rev A. Harga mahal ini terutama pada tarif paket internet EVDO Rev. B dan pada device yang mendukung seperti modem HP dan Modem USB CDMA.

Artikel Berkaitan :
==============================
>> Paket Internet AHA (Bakrie Connect) EVDO 3.1 Mbps
>> Daftar lengkap pilihan koneksi internet CDMA di Indonesia
>> Starone Unlimited atau Flexinet Unlimited? Pilih mana? 
>> Daftar Koneksi Internet Jaringan GSM 3G-HSDPA Di Indonesia
--------------------------------------------------
>> Daftar HP GSM 3G untuk Modem Internet
>> Daftar Modem GSM USB Gprs, 3G, HSDPA untuk koneksi Internet
>> Daftar Modem USB CDMA 20001x dan EVDO untuk koneksi internet
>> Daftar Modem HP CDMA untuk koneksi internet
>> Pilihan Koneksi Internet Jaringan CDMA di Indonesia

8 komentar:

  1. yg EVDO REV A aja blm pernah ngerasain Bro...gimana yang Rev B ya..

    BalasHapus
  2. saya udah coba..
    speednya oke bgt...

    BalasHapus
  3. thank..tolong dong para netter Bali yag udah mencoba EV-Do rev b untuk sharing pengalaman seputar SMART EVDO Rev B ini...semoga bermanfaat untuk netter yang lain..

    BalasHapus
  4. wah ini beneran ga yah smart evdo ada di bali?
    soalnya di website smartnya itu ga nyampe bali...
    saya pake smart evdo soalnya...

    BalasHapus
  5. Kami cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh SMART telecom...
    kami nantikan program selanjutnya, mudah2an bisa lebih cepat lagi, karena sangat membantu pekerjaan kami
    -terima kasih-
    om shanti shanti shanti om

    BalasHapus
  6. smat sekrang lelet bgt ... jgn pake smart deh kapok saya

    BalasHapus
  7. kpn smart ad d kaltim...

    BalasHapus
  8. ada yang jual modem evdo rev B ga?.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.