Juni 14, 2010

Modem usb gsm 3G dan HSDPA untuk koneksi internet

Modem internet, baik USB, PCMIA, Express card mutlak diperlukan jika menggunakan jaringan GSM maupun CDMA sebagai alternatif koneksi internet di rumah. Saatnya kembali mengadirkan tulisan dalam label koneksi internet, dan kali ini akan sedikit membahas koneksi internet menggunakan jaringan GSM yang menyediakan teknologi Gprs, Edge, 3G,  HSDPA dan HSUPA sebagai medan lalulintas data dalam lingkup wireless internet atau internet tanpa kabel atau nirkabel. Seperti kita tahu, di Indonesia telah lama digunakannya jaringan GSM terutama grps baik untuk keperluan telpon (voice) dan akhir akhir ini juga keperluan donwload dan upload data internet, bahkan jauh sebelum ada jaringan lain yakni CDMA baik yang 20001X maupun EV-DO atau evdo.

Posting kali ini tidak akan membicarakan lebih jauh tentang jaringan internet menggunakan GSM baik itu yang mendukung Gprs, Edge, 3G, HSDPA dan juga hsupa, 800 Mhz, 900 Mhz, 1800 Mhz dan juga 1900 Mhz dan 2100 Mhz khusus untuk HSUPA atau WCDMA. Kali ini akan fokus pada macam macam dan jenis jenis modem baik yang USB maupun Express dan PCMIA card yang bisa dan biasa digunakan.  Satu hal perlu saya tulis disini tentang perbedaan speed maksimal yang didapat dengan GSM antara 3G, Edge, Gprs, HSDPA dan HSUPA. Koneksi internet menggunakan jaringan GSM pada sinyal GRPS download speed max 171.0 Kbps, EDGE download max speed 236.8 Kbps, UMTS atau 3G download max speed 384 Kbps dan HSDPA downlink max speed sampai 3,5 - 3.6 Mpbs. Itupun masih terantung banyak hal seperti bagus tidaknya sinyal di wilayah tertentu.

Kembali ke macam dan jenis modem khususnya modem USB yang bisa digunakan untuk internetan di rumah menggunakan jaringan GMS. Daftar modem GSM Usb berikut ini jelas tidak lengkap, tetapi setidaknya inialah yang banyak digunakan dan banyak terdapat di toko modem maupun pameran komputer saat ini.

Daftar modem GSM USB 3G HSDPA untuk koneksi internet

Modem GSM HSDPA Haier WM220
Modem USB ini bisa berjalan di jaringan GSM GPRS/EDGE/HSDPA/WCDMA, GSM 900/1800, koneksi ke PC menggunakan standar USB 2.0 high speed, pada sinyal HSDPA kecepatan download mencapai 3.6Mbps (konon katanya), bisa untuk SMS dan tersedia fitur phonebook dalam aplikasinya. Sementara chipset yang digunakan adalah Qualcomm QSC 6270, dan driver siap ditancepkan di WIndows XP, Vista dan juga OS Mac. Taksiran harga antara 300 sampai 400 ribuan.

Modem GSM HSDPA Huawei-Vodafone K3565
Masih dari merk terkenal di urusan modem usb yakni Huawei, modem Vodafone K 3565 ini mempunyai max speed nyampe 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps tetapi khusus pada sinyal GSM HSPA/WCDMA : 850/1900/2100 Mhz. Tersedia slot MicroSD Memory, koneksi ke kompter menggunakan USB standar 2.0 dan siap ditancepin di OS WIndows 2000,XP,Vista  dan juga MacOS X. Taksiran harga antara 300 sampai 400 ribuan

Modem GSM 3G, HSDPA Prolink PHS-101
Yang satu ini juga nongol dari merk terkenal di urusan LAN dan jaringan yaitu PROLINK. Pada sinyal HSDPA lalulintas data mencapai kecepatan 3.6 Mbps. Modem USB GSM ini juga mendukung semua sinyal baik HSDPA, UMTS, GSM, GPRS maupun EDGE. Koneksi ke komputer sama menggunakan standar USB 2.0 dan driverpun juga sama yakni siap ditancepin di Windows XP, Vista dan juga OS Mac. Perkiraan harga antara 350 ribua s/d 400 ribuan.

Modem GSM 3G, HSDPA Huawei E161
Modem ini mendukung teknologi GSM 3G HSDPA 3,6 Mbps, ada antena luar. Salah satu yang menarik dari modem ini adalah sudah mendukung HSDPA/UMTS 2100 Mhz, EDGE/GPRS/GSM 1900/1800/900/850 Mhz, sehingga jika dapet sinyal HSDPA bisa internetan dengan speed 6,3 Mbps...(di Indonesia masih sulit kayaknya ya untuk internet wireless. Bisa juga digunakan untuk SMS. Cara install ke komputer juga plug and play artinya tancep trus langsung main gak repot. Kisaran harga 400 ribuan.

Modem 3G dan HSDPA ZTE MF-627
Tidak ada yang spesial di modem gsm zte mf-627. Seperti modem lain di bagian atas persis baik itu jaringan, cara instal, usb 2.0, tersedia slot micro SD dan fitur fitur lainnya. Hanya saja bentuk dan model yang sedikit berbeda pada kaki USB yang bisa dilipat. Kisarah harga 400 ribuan juga.

Modem GSM 3G, HSDPA ZTE MF170
Menurut saya sih sama persis fitur yang ada dengan tipe diatas yakni ZTE MF-627 tapi anehnya harga di toko modem dipatok lebih mahal kisaran antara 500 ribuan..?

Huawei E169 USB GSM modem
Yang satu ini juga merk terkenal di urusan modem usb baik GSM maupun modem usb CDMA yaitu Huawei. Pada sinyal HSDPA lalulintas data mencapai kecepatan 3.6 Mbps. Modem USB GSM ini juga mendukung semua sinyal baik HSDPA, UMTS, GSM, GPRS maupun EDGE. Koneksi ke PC menggunakan standar USB 2.0 dan driverpun juga sama yakni siap ditancepin di Windows XP, Vista dan juga OS Mac. Perkiraan harga 400 ribuan.


USB Modem Huawei E1552
Menurut keterangan cover, satu yang beda dan menarik dari keluaran Huawei seri E1552 selain seabreg fitur lain seperti di atas, ini sudah mendukung teknologi HSUPA atau juga sering kita kenal WCDMA atau HSDPA pada frekwensi 2100 Mhz. Jadi jika dapet sinyal HSUPA itu berarti kita bisa internetan nyampe 7,2 Mbps. Siapa yang nggak mau..? harga dipatok 400 ribuan.

Modem GSM Huawei E1550
Ini juga dari Huawei dengan fitur hampir atau bahkan sama persis, cuma bedanya hanya mendukung teknologi GSM GPRS, EDGE, 3G, HSDPA dan tidak mendukung HSUPA yang konon nyampe 7,3 Mbps. Tapi anehnya harga justru lebih mahal yakni 500 sampe 600 ribuan? Aneh?

Prolink PHS-100 GSM USB modem
Satu lagi dari Prolink yang baru yaitu modem GSM seri PHS-100. Modem USB ini bisa berjalan di jaringan GSM GPRS/EDGE/HSDPA (tidak bisa HSUPA), GSM 900/1800, koneksi ke PC menggunakan standar USB 2.0 high speed, pada sinyal HSDPA kecepatan download mencapai 3.6Mbps (konon katanya), bisa untuk SMS dan tersedia fitur phonebook dalam aplikasinya. Fitur yang ada sama seperti modem usb GSM lain. Harga kisaran 500 ribuan.

Modem GSM D-Link DWM-152
D-link juga merk terkenal untuk urusan jaringan dan internet. Modem D link berlabel DWM-152 ini berjalan di jaringan GSM dalam bentangan teknologi GSM GPRS/EDGE/HSDPA

Modem GSM 3G, HSDPA Sierra Compass 885
Merk Sierra familier di telinga kita dengan produk produk modem PCMIA waktu dulu belum ada modem USB. Entah mengapa nama Sierra diembel embeli compass?. modem ini support GPRS, 2G EDGE, 3G UMTS S, 3.5G HSDPA, 3.75G HSUPA dan fitur lain seperti modem lain baik slot memori, plug and play dan lain seteusnya. Sementara harga dipatok kisaran Rp. 500 ribuan.

Huawei E160
Ini juga seri modem GSM Huawei yang menurut saya paling banyak ada di pasaran dan juga digunakan banyak netter. Modem seri ini hanya bisa di sinyal GPRS, EDGE dan 3G saja. Sementara yang masih pake modem ini jangan ngebayangin dech dapat menikmati hebohnya speed HSDPA dan HSUPA. kisaran harga 400 ribuan

Huawei E220
Sama dengan Huawei seri E160 juga sangat familier. Fiturnyapun tidak ada perbedaan dan perbedaannya hanya pada sudah mendukungnya jaringan GSM lebih cepat dari 3G yakni HSDPA dan HSUPA. Harga kisaran 400 ribuan kurang dikit.

Modem GSM Se-Yi GPRS dan EDGE saja.
Nah kalo yang ini pendatang baru modem GSM supermurah. Kalo liat merk yang terpampang kayak kayaknya dari China nih modem. Satu hal penting perlu diperhatikan adalah modem ini hanya mendukung jaringan GSM teknologi GPRS dan EDGE saja atau maksimal speed pada EDGE yaitu 340 Kpbs. 3G aja gak mampu apalagi HSDPA dan di atasnya. Namun yang menarik adalah harga. Harga modem ini menurut beberapa toko modem hanya dipatok kisaran 250 ribua saja. Tampaknya cocok untuk yang pingin internet di sembarang tempat dengan budget super minim, dan tentunya koneksi juga minim.

Hal penting tentang internetan menggunakan jaringan GSM adalah mahalnya perdana untuk yang Unlimited akses. Seperti contoh IM3 broom perdananya masih dijual kira kira 75 sampai 100 ribu atau untuk perdana Telkomsel Flash masih dijual kira kira 100 ribuan.  Demikian juga untuk biaya bulanan juga antara 100 ribuan. Sedangkan untuk perdana biasa memang bisa untuk internetan tetapi kebanyakan tidak bisa unlimited. Dan itung itungan pada akhirnya jadi mahal banget.

Sementara untuk speed dan kestabilan koneksi jaringan GSM, menurut banyak orang lebih baik dari CDMA yang terkenal murah meriah di semua sisi. Namun menurut saya ada yang lucu dalam hal 'unlimited' nya. Biasanya unlimited tetapi speed maksimal hanya jika belum nyampe 2 Giga, dan setelahnya turun menjadi speed yang sangat mengerikan yakni 64 Kpbs? lho dimana unlimitednya?

Posting koneksi internet berkaitan:
>> Tipe tipe HP GSM bisa modem internet di PC
>> Daftar pilihan koneksi Internet Unlimited GSM di Indonesia
>> Hape hape CDMA yang bisa jadi modem Internet
>> Daftar modem USB CDMA EVDO dan 2000 1X
>> Flexinet unlimited vs StarOne Internet unlimited, pilih mana?

8 komentar:

  1. maksh sob info nya, cocok buat di kampung ni sob

    BalasHapus
  2. Kalo modem GSM yang USB yang harganya 100 ribuan atau 200 ribuan ada gk ya..? thank inponya..

    BalasHapus
  3. Klo saya sih pake modem smart .. yach .. lumayan lah ...

    BalasHapus
  4. Makasih banget infonya bermanfaat, harganya yang pas dong, kalo perlu pake dolar

    BalasHapus
  5. untuk saat ini modem usb gsm apa yg sudah HSDPA maupun HSUPA yang rekomen...?
    range harga sekitar 300-500 rebuan dech...

    BalasHapus
  6. saya lagi butuh HSUPA yang murah tapi gak menyiksa, ada gak ya...

    BalasHapus
  7. smartfren is true unlimited

    BalasHapus
  8. saya pakai smartfren. benar2 unlimited tp speed nya kurang bagus. padahal saya dekat ibukota.

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.