Mei 31, 2010

Cara Membangun Kepercayaan Customer Bisnis Online

Kepercayaan konsumen sngat penting terutama pada bisnis yang berbasis internet atau kita kenal bisnis online. Lain hanya jika bisnis Anda mempunyai brand yang besar seperti Amazon dan ClickBank misalnya.  Tidak pula seperti toko retail, bisnis intenet adalah bisnis yang nyaris tidak ada tatap-muka. Seperti toko retail, disini kepercayaan konsumen akan dengan sendirinya terbangun dengan baik manakala toko retail tersebut terbukti memberikan pelayanan, harga, kualitas dan faktor lain yang dapat dirasakan langsung oleh konsumen.

Nah dalam bisnis online, ini menjadi sangat berat dan sulit bagaimana konsumen akan mempercayai atau bahkan konsumen malah akan curiga bahwa bisnis online yang dijalankan adalah penipuan yang dilakukan dengan duduk masin di depan komputer di rumah. Website adalah wajah dari sebuah perusahaan yang akan jadi faktor utama dalam membangun kepercayaan konsumen dan calon pelanggan. Berikut ini beberapa cara dan tips membangun kepercayaan tersebut:

Desain Web yang Professional
Satu dari hal penting dalam semua bisnis online di internet adalah desain website. Gambaran gampangnya, apakah Anda mau pergi ke sebuah toko yang bangunannya berantakan, kotor, hiasan yang semprawut, barang dagangan berantakan..? tentu jawabannya tidak!. Sama halanya dengan sebuah website. Hindari sejauh mungkin hal yang dapat membuat pengunjung bingung dan buatlah tampilan sebagus mungkin.

Ini tidak harus rumit dan sulit, tetapi profesional. Artinya deain web yang bagus tidak harus sulit dan rumit. Cobalah kunjungi website website profesional yang sudah banyak konsumen dan sangat terkenal. Lihat bagaimana mereka menata menu, navigasi, pewarnaan dan seterusnya, lalu rasakan apakan desain web itu memang enak untuk dikunjungi?. Nah lakukan hal yang sama dan tiru cara disain website tersebut.

Email khusus perusahaan.
Disini diperlukan sebuah alamat e-mail yang profesional dan lebih dipercayai konsumen dan pelanggan bisnis. Seperti contohnya alamat email dari nama domain perusahaan. misaln (penjualan@bajumuslinbagus.com) dan lain sebagainya. Alamat email dengan menggunakan nama domain sendiri dipercaya banyak kalangan lebih dipercayai konsumen dalam bisnis internet. Alasannya adalah sederhana, karena dianggap lebih serius. Lain halnya jika menggunakan email gratisan seperti @yahoo.co.id atau bahkan @gmail.com dan lain sebagainya.  Banyak alasan memang mengapa konsumen lebih mempercayai alamat email dengan nama domain sendiri sama seperti konsumen yang mempercyai nama domain sendiri untuk website.

Program Bisnis yang Terpercaya
Sangat penting pula untuk tergabung dalam organisasi atau persatuan tertentu yang menampung sekumpulan pelaku bisnis dan juga daftar produk program bisnis yang dipertanggung jawabkan di bawah naungan organisasi tersebut. Seperti di US dan Canada kita kenal ada BBB (Better Bussines Bureau) yang menampung informasi bisnis, review dan lain sebagainya bahkan menampung keluhan pelanggan dan terdapat forum khusus untuk mencari solusi pada membernya.

Company Profile
Company profile akan memungkinkan pelanggan atau calon konsumen mengenal lebih jauh 'wajah' dan isi perusahaan secara keseluruhan. Bangun kepercayaan konsumen dengan memperkenalkan siapa saja orang orang pintar yang  ada di balik perusahaan Anda. Tunjukkan kenapa  mendirikan perusahaan, dan informasi lain tentang perusahaan yang akan membuat konsumen semakin yakin dan percaya dengan perusahaan Anda.

Kontak Pelanggan
Mempunyai kontak khusus pelanggan sangat penting baik dalam bisnis offiline maupun online. Pelanggan ingin tahu kemana mereka menelpon ketika mereka mengalami kebingungan dan masalah seputar produk atau program yang dijual perusahaan. Kontaka pelanggan ini meliputi nomor telepon, alamat perusahaan, alamat email dan mungkin berupa form khusus yang disediakan untuk pelanggan yang tidak memilih nomor telepon, alamat perusahaan dan mengirim email.

Testimoni
Mempunyai testimonial di website perusahaan Anda sangat bagus untuk kepercayaan calon pelanggan dan pelanggan Anda. Dari testimoni ini kepercayaan pelanggan Anda akan semakin kuat karena mereka semakin yakin dengan perusahaan Anda. Kita banyak melihat banyak testimoni yang dipamerkan dalam website. Tapi sayangnya kadang testimony testimoni itu adalah palsu alias tidak nyata. Mereka sengaja menggunakannya untuk mendapat kepercayaan pelanggan dan calon konsumen. Testimoni nyata biasanya berasal dari orang yang benar benar telah merasakan keberhasilan bisnis dari website tersebut dan orang nyata tersebut tentunya bisa dihubungi melalui telepon, alamat rumah, alamat website dan lain sebagainya.

Sekali lagi fokus kepada persoalan testimoni. Usahakan semaksimal mungkin kebenaran testimoni tersebut. Cantumkan hal hal yang dapat dipercayai konsumen dari orang orang yang memberikan testimoni di situs Anda.

5 komentar:

  1. makasih infonya gan...lam kenal...

    BalasHapus
  2. lam kenal!
    Mau nambahin aza...
    "Hindari sejauh mungkin hal yang dapat membuat pengunjung bingung dan buatlah tampilan sebagus mungkin"
    Tampilan emang kudu bagus tapi jangan sampai kelamaan loadingnya,untuk itu hindari penggunaan Flash atau gambar yang berlebihan.

    BalasHapus
  3. SE7 100 persen Sob...jika terpaksa menggunakannya pastikan itu penting banget dan tetap jaga seminimal mungkin..dan lam kenal juga..

    BalasHapus
  4. Artikel yang bermanfaat gan..,kepercayaan sangat penting dalam berbisnis dan pastinya dalam kehidupan.nice info..,salam kenal.
    salam spirit...!

    BalasHapus

Senang sekali jika bersedia menulis komentar, baik berisi kritik, saran, sekedar say hello atau bahkan hinaan.

Komentar "Anonim" bernada tidak sopan, spam dan mengandung kata "kotor" tidak akan di publish!.